Membuat Kursi Tamu Rotan dan Mengecatnya dengan Cat Dasar Kayu yang Tepat

Rotan merupakan tanaman yang memiliki tingkat kelenturan yang bagus dan mudah digunakan untuk membuat furnitur. Untuk menunjang tampilan maka dibutuhkan cat dasar kayu yang tepat.

Apakah Anda suka dengan furnitur dari rotan? Rotan dikenal sebagai material serat alam yang memiliki nilai estetika yang baik. Selain itu, rotan juga menonjolkan kearifan lokal dengan tampilan seratnya yang alami dan halus.

Totan yang digunakan untuk kebutuhan furnitur memiliki ukuran yang bermacam-macam serta jenis-jenis yang berbeda. Saat ini, terdapat 300-an spesies rotan yang tumbuh di Indonesia. Menariknya adalah Indonesia merupakan salah satu negara dengan ekspor rotan terbesar di dunia.

Indonesia mampu mengekspor sekitar 75% kebutuhhan rotan di dunia. Minat rotan yang semakin meningkat dibarengi dengan kelangkaan bahan baku alami tersebut. Tanaman rotan sangat mudah tumbuh di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Namun, tidak menutup kemungkinan tanaman ini akan mulai langka seiring dengan pertumbuhan jumlah kebutuhannya. Untuk mengurangi kelangkaan adakalanya furnitur atau kerajinan dikombinasikan dengan rotan sintetis.

Cara Membuat Kursi atau Meja Tamu dari Rotan

Cara membuat kursi tamu rotan dan pengawetannya

Rotan dikenal sebagai material alam yang lentur dan kokoh. Banyak di antaranya dimanfaatkan sebagai furnitur, kerajinan, perkakas rumah tangga bahkan resin untuk campuran cat. Tidak salah jika pada akhirnya kebutuhan akan rotan ini terus meningkat.

Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis rotan memiliki kekokohan yang sama sehingga tidak semua dapat digunakan untuk bahan baku furnitur. Rotan yang dapat digunakan sebagai material furnitur seperti kursi tamu di antaranya adalah rotan manau, rotan buyung, rotan seel atau disebut juga sebagai rotan penjalin manis, rotan semambu ataupun rotan jernang besar.

Jenis-jenis rotan tersebut sangat cocok digunakan untuk material furnitur baik sebagai pola anyaman kursi ataupun penyangga. Umumnya, rotan untuk furnitur semacam ini sudah melalui proses pengeringan. Nah, apabila ingin lebih awet maka dapat dioleskan dengan anti rayap atau anti jamur.

Baca Juga:  Suplier Cat Kayu Orchid

Adapun cara membuat kursi tamu dari rotan bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Persiapkan rotan. Rotan di sini yang digunakan adalah jenis rotan manau, rotan getah, rotan sega dan juga rotan sintetis sebagai kombinasinya.
  2. Untuk membuat rangka kursi tamu maka gunakan rotan manau yang memiliki diameter yang besar dan kokoh. Bentuk pola sesuai dengan pola kursi tamu yang ingin diciptakan
  3. Untuk bagian sandaran, Anda dapat menggunakan rotan sega dan rotan getah untuk membuat anyaman. Teknik anyaman yang digunakan adalah teknik anyaman rangkap. Pada satu alur jalur dapat Anda gunakan anyaman dari rotan sintetis
  4. Untuk bagian senderan bawah (apabila menginginkan penutup bagian bawah). Anda dapat menggunakan rotan seperti pada nomor tiga namun teknik anyaman yang digunakan berbeda. Pada bagian ini sebaiknya gunakan teknik anyaman tunggal sehingga memberikan kesan yang berbeda dengan yang diatasnya
  5. Sebagai list pada gagang kursi, gunakan teknik anyaman tali sebagai penguat sehingga kursi tersebut semakin kokoh

Teknik Mengecat Kursi Rotan Dengan Biovarnish

Setelah kursi rotan tersebut terbentuk, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah dengan mengecatnya. Secara alamiah, rotan memang memiliki tampilan warna yang estetik namun tujuan lain dari cat ini tidak hanya sekadar melapisi rotan agar tampil lebih indah. tapi juga melindungi rotan dari faktor eksternal seperti gesekan.

Secara teknik, proses mengecat pada kursi tamu rotan ini cenderung sederhana karena hanya cukup menggunakan pelitur saja. Namun, untuk hasil yang sempurna dibutuhkan langkah-langkah mengecat yang tepat sehingga kursi tamu terlindungi dan tampilannya semakin tajam.

Teknik mengecat yang dipakai untuk mengecat kursi rotan ini sebaiknya teknik kuas. Hal ini karena teknik anyaman yang digunakan pada kursi tersebut. Teknik ini paling mudah dilakukan bahkan oleh seorang pemula sekalipun. Justru yang perlu diperhatikan adalah tekanan kuas ketika mengaplikasikannya.

Baca Juga:  Bagaimana Menciptakan Penampilan Baru Meja Tamu Jati Bekas

Namun, Anda juga dapat menggunakan teknik semprot. Sayangnya, teknik semprot umumnya tidak mampu menjangkau bagian sela-sela anyaman sehingga Anda tetap membutuhkan metode mengecat dengan kuas agar warna dapat merata dengan baik.

Nah, berikut teknik mengecat warna natural kayu pada rotan agar terlihat lebih estetik:

  1. Pastikan permukaan rotan yang digunakan sebagai kursi tamu tersebut benar-benar halus dan bersih. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan cat dapat langsung melekat langsung pada permukaan rotan.
  2. Anda dapat menggunakan Biovarnish Wood Stain yang sudah dilarutkan dengan air sebelumnya. Kuaskan ke seluruh permukaan rotan tersebut terutama bagian sela-sela anyaman sehingga warnanya pun sama rata. Setelah itu diamkan atau angin-anginkan di tempat yang teduh selama 60 menit. Jika cat sudah kering, ampelas permukaan rotan tersebut secara ambang menggunakan kertas ampelas no. 400
  3. Untuk mengunci cat tersebut dan memberikan sentuhan akhir maka aplikasikan Biovarnish Clear Coat. Cukup larutkan dengan air kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan rotan. Tunggu hingga kering setidaknya selama semalaman.

Keesokan harinya, furnitur rotan ini sudah dapat langsung digunakan atau dipacking. Tidak perlu khawatir masalah baunya sebab cat kayu tersebut tidak mengeluarkan bau menyengat sehingga tetap aman dan nyaman.

Sebagai catatan, apabila Anda menginginkan tampilan close pore atau menyamarkan bagian furnitur rotan yang terkesan cacat seperti lubang bekas paku dan lain sebagainya maka Anda dapat mengaplikasikan Biovarnish Wood Filler sebelum mengaplikasikan Biovarnish Wood Stain.

Untuk membeli produk Biovarnish, dapat langsung menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini. Atau dapat juga membeli melalui marketplace kesayangan Anda di tautan berikut ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X