aplikasi-plitur-kayu

Harga Plitur Kayu Terbaru 2022

Plitur memiliki fungsi yang penting terhadap furnitur untuk mendapatkan tampilan natural kayu dapat optimal namun tetap terjangkau. Dapatkan harga plitur kayu sesuai dengan kebutuhan Anda.

Plitur adalah salah satu cat kayu yang banyak dipilih untuk memberikan sentuhan natural kayu pada furnitur. Dan plitur adalah cat kayu yang paling umum di masyarakat Indonesia bahkan hingga saat ini  pun plitur tetap menjadi pilihan cat kayu untuk finishing natural kayu.

Dalam bidang mebelling, warna natural kayu adalah warna pada furnitur yang paling banyak. Sebab, tidak hanya warna natural kayu yang mampu memberikan kesan yang indah saja tapi juga penggunaan cat kayu yang mudah didapat.

Selain plitur, masih banyak pula cat kayu yang dapat Anda gunakan untuk menciptakan tampilan natural kayu diantaranya adalah melamine, PU, NC, dan lain sebagainya. Cat kayu tersebut tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kenapa plitur yang paling sering digunakan? Bukan hanya karena mudah didapat, plitur juga mudah untuk diaplikasikan. Plitur bisa langsung Anda aplikasikan ke permukaan kayu secara langsung dan bahkan beberapa layer untuk mendapatkan tampilan warna yang Anda inginkan.

Berbeda halnya dengan melamine yang membutuhkan proses cukup lama yakni dengan pengaplikasian sanding sealer terlebih dahulu baru lah topcoat. Meskipun penggunaan plitur juga dapat melalui tahap tersebut namun plitur jauh lebih sederhana dibandingkan melamine.

Harga Plitur Kayu Terbaru 2021

Plitur kayu yang saat ini tersebar di pasaran memiliki dua macam yakni plitur kayu berbahan solvent dan plitur berbahan dasar air (cat water based). Keduanya memiliki peran dan fungsi yang sama namun yang cukup berbeda dalam bahan pelarutnya.

Cat berbahan solvent lebih unggul pada tampilan yang dihasilkan sebab mampu mencapai tingkat kilap 100%. Cat water based hanya mampu menciptakan tampilan tingkat kilap 80%. Untuk mendapat poin 100% kilap pada cat water based ini, Anda dapat menyiasatinya dengan mengaplikasikan beberapa layer topcoat water based.

Baca Juga:  Review 9 Merek Terbaik Cat Plitur dan Cat Duco di Indonesia

Nah. untuk mengetahui harga terbaru dari berbagai merek, Anda dapat melihat tabel berikut.

Merek Satuan Harga (Rp)
Biovarnish1 kg89.500
Mowilex1 kg63.000
Belazo1 liter65.000
Propan1 kg67.000
Aqua Politur1 liter63.000
Seiv1 liter55.000
Avian1 kg47.000
Ftalit1 kg50.000
Impra Wood Stain1 liter67.000
Dulux V-Gloss Warna Standar1 liter40.000
Dulux V-Gloss Warna Khusus1 liter43.000

Jika dilihat dari harga, perbedaan cat berbahan solvent dan water based cukup mencolok. Cat water based jauh lebih mahal dibandingkan cat solvent based disebabkan oleh beberapa faktor:

  • Jumlah produsen cat water based yang masih sedikit
  • Kualitas bahan
  • Proses pembuatan

Selain itu ketiga alasan di atas, alasan lain yang menyebabkan cat water based terkesan mahal adalah karena masih tergolong baru di pasaran Indonesia.

Meskipun demikian, perkembangan cat water based di bidang mebeling justru semakin meningkat. Terlebih jika digunakan untuk memenuhi pasar ekspor sebab cat water based jauh lebih aman digunakan.  Ada beberapa faktor kenapa cat water based jauh lebih dipilih untuk ekspor, yakni.

  • Cat water based lebih aman dan ramah lingkungan
  • Tidak menimbulkan bau menyengat
  • Aman saat menggunakan metode finishing semprot
  • Biaya dapat ditekan karena cukup menggunakan pelarut air
  • Proses kering yang lebih cepat

Cat Water Based Terbaik Biovarnish

Biovarnish adalah cat kayu berbahan dasar water based acrylic khusus untuk tampilan natural kayu. Cat kayu ini memiliki beberapa varian produk finishing di antaranya Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Glaze dan Biovarnish Clear Coat.

Untuk menciptakan tampilan natural kayu Anda dapat menggunakan plitur saja. Namun, hanya menggunakan plitur saja kurang cukup apabila Anda menginginkan hasil finishing layaknya profesional.

Baca Juga:  Dapatkan Harga Dempul Kayu terbaru Setelah Lebaran Sebelum Kecewa

Ya, warna kilap nan rapi yang dihasilkan oleh tangan profesional tidak sekadar menimpakan cat begitu saja namun juga memperhatikan teknik serta metode finishing yang digunakan. Umumnya, aplikator profesional melalui tiga tahap yakni pengaplikasian wood filler, wood stain lalu top coat.

Oleh karena Biovarnish menyediakan produk khusus finishing, maka Anda akan lebih mudah melakukan proses finishing. Pada beberapa kasus terkadang aplikator merasa kesulitan menggunakan cat water based karena kurangnya referensi produk. Namun, Biovarnish punya segudang referensi penggunaan yang bisa Anda simak di akun YouTube Bio Paint.

Tidak hanya bagus digunakan oleh aplikator profesional, Biovarnish juga mampu menghasilkan warna natural kayu yang apik bagi seorang pemula.

Seperti yang disinggung di atas bahwa cat water based merupakan cat kayu yang aman. Hal ini karena kandungan cat pada cat water based tanpa penggunaan bahan minyak serta bahan kimia berbahaya di dalamnya.

Dengan penggunaan bahan kimia yang aman maka kandungan VOC pada cat mampu ditekan sehingga tanpa menimbulkan bau menyengat dan tidak mengeluarkan senyawa kimia beracun. Hal ini lah yang membuat cat water based sangat tepat untuk pasar ekspor.

Untuk tahap finishing menggunakan cat water based Biovarish, Anda dapat mengikuti tutorial berikut ini.

  1. Pastikan media finishing yang akan dilapisi cat tersebut telah siap untuk difinishing. Jika masih terdapat bagian media yang kotor dan permukaannya masih kasar maka sebaiknya ampelas terlebih dahulu hingga benar-benar rata dan bersih. Kemudian, bersihkan sisa-sisa debu tersebut agar cat dapat melekat pada permukaan media dengan baik.
  2. Untuk menutup pori-pori atau menyamarkan cacat pada kayu maka aplikasikan Biovarnish Wood Filler yang sudah dilarutkan dengan air. Anda dapat mengaplikasikannya menggunakan kuas atau pisau palet. Diamkan selaam 20-30 menit hingga benar-benar kering lalu ampelas menggunakan kertas ampelas no. 320 apabila sudah kering.
  3. Pilih warna wood stain yang diinginkan. Encerkan Biovarnish Wood Stain menggunakan air hingga mendapatkan intensitas warna yang diinginkan. Kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan kayu secara merata. Diamkan selama 60 menit dan apabila sudah kering sentuh maka ampelas ambang menggunakan kertas ampelas no. 400.
  4. Untuk tahap akhir, Anda dapat memilih matte atau gloss guna menciptakan tampilan akhir. Gunakan Biovarnish Clear Coat yang sudah dilarutkan dengan air. Setelah diaplikasikan ke permukaan media, diamkan selama atau hingga cat tersebut benar-benar kering.
Baca Juga:  Cat Solid Water Based Mahal? Tidak, Jika Anda Tahu Harga Cat Orchid Ini

Biovarnish tergolong cat kayu yang mudah diaplikasikan dan cepat sehingga lebih efisien waktu. Untuk proses pengeringan yang tanpa dikeringkan di bawah sinar matahari sehingga pengecatan dapat dilakukan kapanpun tanpa harus menunggu cuaca cerah.

Cara Pemesanan Produk Biovarnish

Untuk pembelian produk Biovarnish, Anda dapat langsung menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini. Atau Anda dapat menghubungi kami via email di [email protected]

Anda juga dapat melakukan pembelian produk Biovarnish via marketplace untuk proses yang lebih cepat dan sederhana. Klik salah satu link marketplace di bawah ini untuk pembelian Biovarnish Series:

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint 102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Shopee: https://shopee.co.id/Biovarnish.official

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X