cat chalk paint

Yuk Belajar Mengecat Rotan dengan Warna Hitam Chalk Paint dan Cat Enamel

Kursi rotan bekas di rumah sudah mulai usang? Anda bisa memperbaharui tampilannya dengan warna hitam. Ada dua pilihan jenis cat yang bisa digunakan yaitu chalk paint dan juga cat enamel, bahkan Anda bisa mengkombinasikan keduanya. Warna hitam dipilih untuk menyamarkan cacat warna dari tampilan usang kursi. 

Tidak hanya itu, warna hitam juga akan memberikan kesan kuat dari kursi walaupun sudah digunakan sejak lama. Anda bahkan bisa memadukan warna hitam ini dengan gaya apapun pada ruangan. Cat yang digunakan baik chalk paint dan juga cat enamel akan dilapisi dengan top coat untuk memberikan perlindungan terakhir. 

Proses pengecatan tidak serumit yang terlihat, Anda hanya perlu mempersiapkan bahan cat dan juga alatnya yaitu kuas. Produk kuas yang bisa Anda gunakan tidak lain adalah Bioduco chalk paint atau cat enamel Orchid. keduanya bisa diaplikasikan terpisah atau dikombinasikan untuk mendapatkan warna yang sangat gelap.

Hasil warna hitam cukup berbeda namun proses aplikasinya sama-sama mudah yaitu hanya dicampur dengan air dan dikuaskan. Pastikan saja Anda telah mempersiapkan kursi rotan sebelumnya dengan mengamplas sehingga lapisan coating yang lama menghilang. Bagaimana masing-masing caranya, berikut ini aplikasinya. 

Cara Mengaplikasikan Cat Orchid pada Rotan

Proses mengecat dengan cat kayu Orchid dilakukan hingga empat kali lapisan. Hasil warna tanpa tambahan top coat adalah semi gloss. Namun sebaiknya Anda menambahkan aplikasi top coat untuk memberikan perlindungan yang lebih lagi. Sehingga penggunaan kursi rotan jadi lebih luas seperti furniture teras.

Alat yang digunakan untuk proses pengecatan ini adalah amplas, air, scrape, dan juga kain katun. Proses pengecatannya adalah sebagai berikut ini. 

  1. Amplas permukaan kursi rotan dengan kertas amplas nomor 180 dan 220. Bersihkan debu amplas. 
  2. Campurkan cat kayu besi Orchid warna hitam dengan air. Buatlah larutan perbandingan 3 bahan : 1 air hingga merata. 
  3. Kuaskan cat ke seluruh permukaan kayu hingga merata dan diamkan selama 60 menit. Lakukan penguasan searah dengan serat rotan sehingga hasilnya lebih halus. 
  4. Amplas ambang permukaan rotan dengan amplas nomor 400. Terakhir bersihkan debu dan ulangi proses aplikasinya hingga 3 atau 4 kali lapisan. 

Tips berhasil untuk mengecat dengan cat kayu besi Orchid adalah jangan menjemur kursi untuk proses pengeringan. Pastikan Anda hanya mengecat satu arah sehingga hasilnya ra[i. Setiap lapisan hanya perlu diaplikasikan tipis saja karena nanti akan diulangi beberapa kali. 

Cara Mengecat Kursi Rotan dengan Bioduco Chalk Paint

Satu lagi produk yang bisa Anda gunakan untuk hasil warna hitam sempurna yaitu Bioduco chalk paint. Hasil finishingnya tanpa lapisan top coat berbeda karena lebih berkesan matte. Tidak ada tampilan yang dihadirkan jika Anda tidak memberikan top coat. Nah, chalk paint sendiri sebenarnya adalah cat primer kayu. 

Penggunaan chalk paint lebih luas, tidak hanya untuk material kayu saja tetapi juga untuk serat alam lainnya. Anda bisa mengaplikasikannya lebih dari satu lapisan dan akan memberikan tampilan yang sempurna. Cara aplikasinya cenderung sangat mudah yaitu sebagai berikut ini. 

  1. Amplas permukaan kursi rotan, bersihkan debu dan kotorannya. Pastikan tidak ada lapisan coating lama yang masih menempel. 
  2. Campurkan Bioduco chalk paint warna hitam dengan air, perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga cat merata dan tidak ada yang mengendap. 
  3. Kuaskan cat ke seluruh permukaan kursi rotan hingga menjadi lebih merata. Diamkan cat mengering tanpa harus dijemur. 
  4. Amplas permukaan cat yang sudah mengering dengan kertas amplas nomor 400. bersihkan debu amplas. 
  5. Ulangi proses aplikasinya untuk bisa mendapatkan warna yang lebih gelap lagi. 

Tips aplikasi chalk paint sendiri tidak jauh berbeda yaitu Anda hanya mengaplikasikan tipsi saja setiap lapisan. Selain hasil warna hitam yang merata, penggunaan chalk paint bisa lebih luas. Anda bisa memanfaatkan teknik distressing untuk hasil tampilan kursi yang tampak usang. 

produk orchid

Cara Mengaplikasikan Chalk Paint Kombinasi Cat Orchid

Ada satu cara lagi yang bisa Anda gunakan selain menggunakan masing-masing produk secara terpisah. Anda bisa menggabungkan kedua produk untuk menghasilkan warna yang lebih gelap dan hasil mengkilap dengan top coat. Chalk paint akan berfungsi menutup warna rotan asli sedangkan cat Orchid akan menambah kuat kesan hitam. 

Proses aplikasi keduanya tidak jauh berbeda, diaplikasikan satu demi satu lapisan dan di amplas di antara lapisannya. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa mengikuti beberapa langkah mudahnya berikut ini. 

  1. Amplas permukaan kursi rotan dengan kertas amplas nomor 180 dan 220. Hilangkan semua kotoran serat lapisan coating yang lama. Bersihkan semua debu kering. 
  2. Campurkan Bioduco chalk paint dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga merata dan kuaskan ke permukaan kursi. Diamkan selama satu jam kemudian amplas secara ambang. 
  3. Campurkan cat kayu besi Orchid dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga merata. Kuaskan cat seperti arah chalk paint sebelumnya. Diamkan cat kering selama 60 menit.  

Kombinasi keduanya akan memberikan warna yang sedikit berbeda ketika masing-masing produk diaplikasikan secara mandiri. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih sempurna, cobalah untuk mengaplikasikan masing-masing produk dua kali lapisan. 

Cara Mengaplikasikan Bioduco Top Coat 

Lapisan terakhir setelah Anda mengaplikasikan Bioduco chalk paint atau cat kayu besi Orchid adalah top coat. Pastikan Anda menggunakan Bioduco top coat karena sama-sama terbuat dari bahan dasar air. Top coat terdiri dari dua jenis tampilan yaitu gloss dan juga matte. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. 

Kelebihan menggunakan Bioduco top coat untuk kursi rotan adalah untuk mendapatkan perlindungan yang lebih dibandingkan dengan tanpanya. Perlindungan meliputi tahan terhadap sinar UV, hujan, panas dan perubahan cuaca. Cat juga sudah dilengkapi dengan bahan anti rayap serta jamur. 

Proses aplikasinya tidak jauh berbeda dengan produk lainnya yaitu dengan kuas dan air. Berikut ini tata cara aplikasinya. 

  1. Amplas permukaan kursi dengan kertas amplas nomor 400. Bersihkan debu amplas. 
  2. Campurkan Bioduco top coat pilihan dengan air, gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga merata. 
  3. Kuaskan cat secara merata dengan arah yang sama dengan cat sebelumnya. Kemudian terakhir tunggu lapisan coating mengering selama 24 jam. 
  4. Lapisan coating terakhir perlu dikeringkan selama semalaman sebelum akhirnya kursi digunakan. 

Lapisan terakhir ini sebaiknya diaplikasikan secara ringan saja. Brush mark akan sangat mudah terlihat jika Anda mengaplikasikan cat dengan cara menekannya secara berlebihan. Sebaiknya tarik kuas dengan ringan dan gunakan ukuran kuas yang tepat. Kuas sebaiknya berukuran sekitar 3 inci untuk bisa mengecat pada area sudut kursi. 

Setelah selesai proses pengecatan Anda bisa meletakkan kursi di tempat yang diinginkan. Jangan lupa berikan cushion dengan warna dan motif sesuai sehingga kursi menjadi lebih nyaman. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X