Langkah Mudah Cara Aplikasi Warna Kayu Natural Walnut Brown Pada Kayu Jati

Warna kayu natural adalah warna yang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Kapan saja Anda menggunakan warna Langkah Mudah Cara Aplikasi Warna Walnut Brown Pada Kayu Jatinatural kayu dan juga mencocokan pada berbagai macam jenis gaya maka warna kayu natural akan menjadi pilihan yang tidak boleh dilupakan. Tidak hanya dipilih namun warna kayu natural akan memberikan efek tertentu. Efek yang pertama adalah memberikan kehangatan didalam ruangan. Coba bayangkan apabila Anda hanya menggunakan warna putih saja di dalam ruangan pasti akan terasa dingin, namun dengan keberadaan furniture kayu yang dicat dengan warna natural  maka ruangan akan terasa hangat dari kehadiran warna ini dan warna putih tidak lagi terasa monoton.

Warna natural dari kayu pun bermacam-macam mengikuti dengan warna kayu asli. Bahkan untuk seratnya dalam satu kayu dengan jenis kayu yang lainnya akan berbeda walaupun merupakan satu jenis. Misalnya saja pohon pinus yang tua dengan pohon pinus yang masih muda akan memiliki serat berbeda dan juga tingkatan warna yang berbeda. Maka Anda harus mengatasi masalah ini dengan menggunakan bahan pemutih kayu agar warna yang didapatkan sama pada sebuah furnitur dan akan mempertajam timbulnya warna cat pernis kayu.

Mengenal Warna Pada Kayu

Jika dilihat dari warna kayu pada satu batang pohon, ada dua jenis warna yang ada yaitu pada bagian kayu teras dan pada bagian kayu gubal. Kayu gubal adalah bagian kayu yang berada di lapisan bagian luar. Warna pada kayu gubal ini cenderung cerah. Adapula kayu teras yang terdapat pada bagian dalam kayu dan memiliki warna kayu yang lebih gelap. Antara kedua warna ini ada jenis kayu yang sangat terlihat berbeda seperti pada kayu mahoni, kayu ulin dan kayu trambesi. Sedangkan adapula jenis kayu yang sangat terlihat berbeda antara kayu gubal dan kayu teras seperti pada kayu jati, kayu pinus, kayu merbau.

Baca Juga:  Manufaktur Cat Kayu Mengkilap Biovarnish

Langkah Mudah Cara Aplikasi Warna Walnut Brown Pada Kayu Jati

Warna pada satu jenis kayu bisa berbeda namun untuk hasil warna pada furniture sebaiknya jangan memperlihatkan perbedaaan warna ini karena akan mengurangi nilai estetika yang muncul. Warna yang sama ini bisa didapatkan dengan cara mengecat yang tepat dan juga cara memilih warna yang tepat. Jika Anda ingin mendapatkan warna natural yang transparan sebaiknya gunakan produk cat water based yang tidak akan menimbulkan efek menguning seperti pada produk cat solvent. Cat water based juga lebih mudah diaplikasikan karena proses aplikasinya hanya menggunakan kuas saja.

Langkah Mudah Cara Aplikasi Warna Walnut Brown Pada Kayu Jati
contoh warna walnut brown pada kayu jati

Untuk pilihan warna, jenis warna yang paling familiar dan juga paling banyak digunakan adalah warna walnut brown. Karekter warna walnut brown sesuai dengan warna kayu walnut yang cokelat gelap. Warna yang cenderung gelap ini akan menimbulkan efek yang  elegan apabila diletakan didalam ruangan. Terutama ketika warna walnut brown diaplikasikan pada jenis kayu  jati yang memiliki harga mahal. Harga kayu jati yang mahal tentu akan sangat percuma apabila Anda mengecat dengan warna yang tidak tajam dan dapat mengeksplor tampilan dari serat kayu jati. Inilah alasan mengapa Anda harus belajar cara mengecat warna walnut brown pada kayu jati.

Langkah Mudah Mengecat Warna Walnut Brown Pada Kayu Jati

Jika Anda ingin mengaplikasikan warna walnut brown pada kayu jati, maka pertama pilihlah jenis cat dengan pilihan warna walnut brown yang tepat. Ada banyak sekali merk cat kayu dengan warna walnut brown. Dengan banyaknya merk yang tersebar ini Anda bisa memilih manakah warna yang tepat. Disarankan Anda dapat menggunakan cat kayu Biovarnish yang memiliki tampilan warna walnut brown mendekati dengan warna kayu walnut yang asli. Produk cat kayu Biovarnish adalah produk cat water based pertama di Indonesia dan juga produk yang paling banyak digunakan di dunia industri dan dunia penghobi. Proses aplikasinya sangat mudah yaitu hanya menggunakan kuas saja.

Baca Juga:  3 Tips Memilih Tangga Kayu Untuk Rumah Minimalis

Langkah Mudah Cara Aplikasi Warna Walnut Brown Pada Kayu Jati

Untuk mengawali proses pengecatan kayu jati dengan warna walnut brown adalah mempersiapkan bahan kayu yang akan difinishing. Jika kayu jati sudah berbentuk furnitur maka Anda bisa mengamplas terlebih dahulu menggunakan amplas kasar sehingga permukaan kayu jati berubah menjadi lebih halus dan akan menampilkan hasil finsihing yang rata dan juga halus. Kayu jati juga harus sudah kering dengan MC kayu 12%. MC kayu standar ini akan membantu dalam hasil finishing yangs empurna dan menghambat timbulnya jamur dikemudian hari.

Proses selanjutnya masuk pada tahapan pendempulan. Karena hasil finishing yang ingin didapatkan adalah warna natural maka jenis dempul yang digunakan adalah wood filler. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler warna jati menggunakan pisau pallet atau dengan kain ball. Apabila permukaan kayu jati rata maka aplikasikan menggunakan kain bal sambil memutar dan ditekan sehingga filler benar-benar masuk ke dalam pori kayu. Tunggu hingga filler kering tanpa dijemur cukup dalam suhu ruangan saja. Setelah kering benar maka Anda bisa mengamplas dengan kertas amplas nomor 240. Amplas hingga permukaan kayu berubah menjadi transparan dan serat kayu terlihat.

aplikasi Biovarnish wood stain dengan kuas

Tahapan penggunaan dempul telah selesai saatnya Anda mengaplikasikan Biovarnish warna walnut brown. Campurkan Biovarnish dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata. Setelah itu Anda bisa menguaskan ke sleuruh permukaan kayu jati searah serat kayu. Setelah itu Anda bisa menunggu hingga permukaan kering sekitar 60 menit tanpa harus dijemur cukup diangin-anginkan saja. Jika Anda merasa tampilan warna walnut brown masih kurang gelap maka aplikasikan kembali cat hingga Anda mendapatkan warna yang diinginkan.

Terakhir aplikasikan clear coat. Bahan clear  ini bisa menggunakan Biovarnish Clear Coat Gloss yang sudah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian Anda bisa mengaduk dan mengaplikasikannya dengan kuas yang sudah dibalut dengan kain. Jika sudah rata tunggu kering sekitar semalaman.

Baca Juga:  Finishing Warna Gardena Teak Tidak Merusak Lingkungan. Ternyata....

Proses aplikasi pernis ini sangat mudah dan hasil warna walnut brown akan Anda dapatkan dengan tampilan gloss. Lapisan film yang terbentuk akan melindungi warna dan juga sangat kuat dan lentur. Apabila terjadi perubahan cuaca bahkan jika Anda menggunakan furnitur berkayu jati di luar ruangan akan tetap terlindung dengan baik dan tahan lama.

Tak hanya furnitur saja, kayu jati juga sering digunakan sebagai material konstruksi rumah. Anda bisa menggunakannya pada permukaan kayu jati yang digunakan sebagai konstruksi. Dengan perlindungan dari cat tiang rumah dari kayu jati tidak akan mudah berjamur dan dimakan oleh rayap yang menimbulkan kerusakan permanen.

Jadi jika Anda beranggapan bahwa cat warna walnut brown hanya akan memberikan tampilan  saja, pada dasarnya salah dan cat juga berfungsi untuk menimbulkan proteksi yang sangat dibutuhkan oleh segala macam jenis kayu. Ingin mendapatkan jenis cat berkualitas yang melindungi berbagai macam jenis kayu bahkan kayu jati ini? Anda bisa mendapatkan cat kayu Biovarnish di situs ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X