Manfaat Silica Gel Untuk Perawatan Hewan

Manfaat Silica Gel Untuk Perawatan Hewan

Apakah Anda menyukai memelihara hewan seperti kucing, burung, hamster dan anjing? Pemeliharaan hewan tersebut harus diperhatikan agar proses pengembangbiakan dapat berjalan dengan baik. Apa saja pemeliharaan yang harus diperhatikan dalam mengembangbiakan hewan baik itu unggas atau hewan peliharaan? Anda harus memperhatikan dari segi tempat tinggal, makanan, kesehatan apakah Anda telah memeriksakan rutin dengan dokter dan juga pemberian vaksin untuk hewan tertentu. Pemberian vaksin sangat penting karena sudah banyak jenis virus yang mematikan hewan.

Manfaat Silica Gel Untuk Perawatan HewanSetelah Anda memperhatikan kesehatan, Anda juga harus memperhatikan tempat tinggal. Jangan sampai Anda tidak rajin membersihkan lingkungan tempat tinggal dari hewan tersebut. Pastikan Anda membersihkannya setiap hari bahkan dari kotoran hewan tersebut apabila di dalam kandang. Pastikan tempat tinggal bersih dari kotoran dan juga kering karena kelembapan ruangan akan mempengaruhi hewan mudah terjangkit virus.

Yang terakhir adalah makanan. Jika Anda memberikan makanan sembarangan hewan peliharaan akan mudah sakit walaupun Anda memeriksakannya secara rutin dengan dokter. Jaga makanan berkualitas baik seperti kering, tidak kadaluarsa dan selalu baru. Jangan terlalu lama meninggalkan makanan terlalu lama di tempat makanan pastikan juga tampat akan hewan selalu bersih dan kering.

Makanan yang kering bisa didapatkan jika Anda memberikan alat serap lembab di dalam tempat penyimpanan makanan seperti Silica Gel. Makanan yang lembab akan cepat ditumbuhi jamur sehingga untuk perawatan hewan tidak akan maksimal.

Macam-Macam Penggunaan Silica Gel Pada Pemeliharaan Hewan

Meliha dari faktor yang harus diperhatikan dalam memelihara hewan maka Anda bisa memulainya dengan menggunakan Silcia Gel. Apa itu silica dan bagaimana bentuknya? Bahan serap lembab Silica Gel berukuran kecil sekitar 1 gr setiap satu kemasannnya dengan harga yang sangat murah. Bentuknya yang kecil memberikan banyak manfaat daam menyerap kelembapan udara. Bagaimanakah Anda bisa memanfaatkan benda kecil tersebut dalam memelihara kesehatan hewan peliharaan? Berikut ini penggunaan Silica Gel yang bisa Anda praktekan di rumah:

  1. Mencegah makanan bji-bijian
Baca Juga:  4 Cara Jitu Mengatasi Ruangan Pengap

Bagi Anda yang memelihara unggas atau hamster pemakan biji-bijian maka wajib menggunakan Silica Gel. Biji-bijian yang disimpan dalam tempat yang lembab akan tumbuh menjadi tunas sehingga Anda tidak bisa memberikannya Manfaat Silica Gel Untuk Perawatan Hewanpada hewan peliharaan.

  1. Penyimpanan makanan kering

Bagi Anda yang memelihara hewan seperti anjing atau kucing yang diberikan makanan kering maka Silica Gel di dalam tempat penyimpananya sangat membantu. Makanan kering tersebut akan mudah ditumbuhi jamur apabila disimpan dalam tempat yang lembab. Jamur akan meracuni hewan peliharaan Anda.

  1. Kandang

Baik itu kucing, anjing, burung maupun hamster pasti dibutuhkan kandang untuk tempat tinggal. Kandang burung, kucing dan hewan sering lembab karena mereka bisa saja membuang kotoran di dalam kandnag. Anda membutuhkan Silica Gel diletakan pada dasar kandang agar tidak lembab. Sedangkan untuk hamster Anda bisa menempelkannya pada dinding kandang agar hewan tidak memakan Silica Gel.

  1. Menjaga penyimpanan telur

Bila hewan Anda adalah unggas dan sudah mulai bertelur maka tempat penyimpanan telur tidak boleh lembab dan harus disinari oleh lampu. Silica Gel akan efektif disimpan dalam penyimapann telur ini.

  1. Menjaga tempat tinggal anak hewan tetap kering

Jika telur sudah menetas atau hewan sudah berkembang biak maka ketika berusia masih kecil harus sangat diperhatikan kebersihan dan tingkat kekeringannya. Hewan masih rentan penyakit dari jamur bahkan serangga. Silica Gel akan mencegah pertumbuhan jamur dan tempat tinggal hewan tetap kering.

Jenis-Jenis Silica Gel Yang Aman Untuk Hewan

Apbila Anda akan membeli Silica Gel untuk hewan Anda maka kenali terlebih dahulu jenis Silica Gel manakah yang aman?  Ada tiga jenis Silica Gel yang beredar yaitu Silica Gel putih, Silica Gel Natural dan Silica Gel Biru. Silica Gel biru adalah jenis Silica yang terbuat dari bahan cobalt chloride dan biasa digunakan untuk penyimpanan peralatan berat seperti mesin. Sehingga tidak cocok untuk hewan peliharaan.

Baca Juga:  Cat Kayu Warna Gloss Untuk Wooden Carving

Silica Gel putih terbuat dari bahan sodium silicat dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Tetapi tetap saja, Silica Gel putih terbuat dari bahan kimia. Walaupun dapat digunakan untuk tempat penyimapann makanan tetapi belum direkomendasikan pada prakteknya.

Silica Gel putih, produk ini terbuat dari bahan batu zeolit yang telah diolah agar dapat menyarap kelembapan. Bahan ini adalah yang paling sangat direkomendasikan jika Anda akan menggunakannya dalam pemeliharaan hewan. Maka sebaiknya dalam pemeliharaan hewan yang aman baik itu penyimpanan makanan dan juga kadang menggunakan Silica Gel putih ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X