kursi cafe besi

Kursi Cafe Besi Bisa Tampak Keren, Apa Rahasianya? Cek Di Sini

Berencana untuk membuka usaha cafe? Anda harus mempertimbangkan perabotan apa saja yang digunakan. Meja kursi cafe besi bisa jadi alternatif yang tepat dibandingkan bahan lainnya. Apalagi saat ini besi bisa diolah supaya memiliki tampilan yang lebih menarik lagi. 

Jika Anda sering survei ke cafe-cafe lainnya pasti sudah tidak asing lagi dengan tampilan meja dan kursi dari besi yang keren. Apa rahasianya supaya kursi tersebut memiliki tampilan indah? Pertama adalah tentang desain, Anda mungkin sudah menentukan tema cafe yang ingin dibuka. 

Jangan lupa tema ini akan mempengaruhi pemilihan desain dari kursi dan perabotan lainnya. Anda mungkin bisa saja menggunakan kursi cafe besi bulat  yang diletakkan di dekat meja bar. Atau bisa juga mengkombinasikan bahan besi dengan dudukan dan sandaran kayu. 

Kedua dalam pemilihan bahan finishingnya. Besi tidak akan tampak keren jika tidak dilapisi dengan cat. Tidak jauh berbeda dengan cat, besi juga membutuhkan lapisan coating yang bisa memberikan perlindungan maksimal. Supaya besi bebas karat dan penampilannya keren. 

Pemilihan Bahan Finishing untuk Kursi Cafe Besi agar Tampak Keren

Ketika Anda sudah menemukan desain kursi yang tepat untuk cafe, maka pemilihan bahan finishing adalah langkah selanjutnya. Perlu diperhatikan bahwa ketika Anda memesan furniture pada seorang pengrajin, adalah hal yang tepat jika memilih bahan finishingnya sendiri. 

Jika tidak, pengrajin biasanya akan menggunakan cat besi yang biasa mereka gunakan. Padahal kualitas cat tersebut jika diaplikasikan pada kursi besi belum tentu pas. Bisa saja lapisan anti karatnya tidak terbentuk dengan baik hingga warna yang diinginkan tidak sempurna. 

Supaya kursi cafe besi yang Anda buat bisa tampak keren, cobalah untuk menentukan bahan finishingnya sendiri. Sekarang sangat mudah untuk menentukan cat besi mana yang tepat untuk digunakan. Supaya tidak salah, Anda bisa memilihnya dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini. 

Baca Juga:  Trik Mewarnai Sangkar Burung Tampak Natural Memanfaatkan Biovarnish

1. Menggunakan cat enamel bukan cat duco

Anda mungkin akan ditawari cat duco untuk mobil ketika hendak mengecat besi. Tapi tidak selamanya cat duco mobil bagus digunakan untuk sebuah kursi besi. Tujuannya berbeda, apalagi kursi akan sering digunakan, Anda membutuhkan cat yang bisa memberikan perlindungan ini. 

Sebagai pilihannya, sebaiknya Anda menggunakan cat enamel atau cat kayu besi. Jenis cat ini sangat menguntungkan karena Anda bisa mengaplikasikannya pada material kayu dan besi. Jadi jika kursi menggunakan kombinasi bahan kayu dan besi, dengan satu produk saja finishing bisa dilakukan. 

2. Mampu memberikan daya tutup yang sempurna

Karena mengecat besi tidak membutuhkan primer, maka cat enamel yang dibeli harus memiliki daya tutup yang baik. Jika tidak, setelah mengaplikasikan dua lapisan coating warna besi masih terlihat. Itu artinya permukaan besi pada kursi tidak tercover sepenuhnya. 

Anda membutuhkan cat enamel yang daya tutupnya tinggi sehingga besi bisa terlindungi dengan baik. Anda juga bisa mendapatkan warna yang benar-benar rata hanya beberapa kali aplikasi saja. 

3. Memiliki kandungan zincalume anti karat

Jika kayu memiliki masalah dengan jamur, maka besi masalahnya terdapat pada karat. Anda bisa menggunakan bahan cat yang sudah memiliki kandungan zincalume atau anti karat. Tujuannya agar kursi yang disimpan di dalam cafe di mana tingkat kelembabannya tidak terjaga bisa terbebas dari karat.

Belum lagi kursi sering digunakan, artinya cat mudah mengelupas yang memuat permukaan besi terbuka. Otomatis sedikit air yang melekat saja sudah bisa menimbulkan efek karat yang nantinya merusak dan sulit dihilangkan. 

4. Hanya pilih cat enamel tidak berbau ramah lingkungan

Ada begitu banyak pilihan cat enamel, tapi karena Anda hendak menggunakannya pada cafe pilih cat yang ramah lingkungan. Anda bisa menciptakan warna apapun dengan cat tapi jika cat yang digunakan berbahaya untuk lingkungan untuk apa? Ingat bahwa Anda akan membuka industri makanan. 

Baca Juga:  Memilih Warna Cat Kayu Natural yang Sesuai untuk Ruangan

Cat yang tidak ramah lingkungan memiliki ciri berbahaya menimbulkan aroma yang mengganggu. Aroma ini bisa terus keluar bahkan lebih dari sebulan setelah cat diaplikasikan. Adanya aroma menyengat tentu akan mengganggu kenyamanan pengunjung cafe nantinya. 

Cat Enamel yang Mengubah Tampilan Kayu Jadi Lebih Keren

Apa jenis cat enamel yang sebaiknya Anda gunakan untuk kursi cafe besi tampak keren? Anda bisa menggunakan cat kayu besi Orchid. Cat ini merupakan cat enamel water based yang bahan pelarutnya adalah air. 

Menggunakan cat berbasis air ini  merupakan kelebihan tersendiri yang tidak mudah Anda dapatkan di produk lainnya. Anda yang tidak ingin cat menimbulkan bau dan mencemari udara di dalam ruangan bisa mengandalkan cat ini untuk semua perabotan yang terbuat dari besi. 

Cat kayu besi Orchid cocok digunakan untuk kursi besi minimalis atau gaya apapun yang Anda gunakan. Kelebihannya selain tidak menimbulkan bau adalah :

1. Proses aplikasi cepat dan mudah

Cepat adalah kelebihan yang dimiliki cat Orchid ketika pengrajin mengaplikasikannya. Kecepatan keringnya membuat lapisan coating ini hemat waktu. Setiap lapisannya akan kering dalam waktu 60 menit tanpa harus dijemur. 

Anda tidak tergantung dengan musim, karena proses pengeringannya bergantung pada udara kering di dalam ruangan. Cukup diamkan saja kursi cafe di dalam ruangan dengan sirkulasi udara maka coating akan mengering dengan sendirinya. 

2. Menghasilkan lapisan semi gloss

Tanpa primer tanpa top coat, Anda hanya perlu mengaplikasikan cat Orchid saja beberapa lapis. Hasil yang didapatkan adalah semi gloss dan tampilannya ini cukup mewah dan bisa menyembunyikan goresan walaupun kursi sering digunakan. 

Bukan masalah jika Anda ingin mengaplikasikannya pada meja besi sekaligus. Karena permukaan semi gloss ini tidak memperlihatkan goresan yang muncul. Namun jika Anda ingin mendapatkan kesan matte, bisa juga memberikan lapisan terakhir dengan Bioduco top coat matte. 

Baca Juga:  Jagonya Pemutih Kayu Ramah Lingkungan WA 250

3. Pilihan warna lengkap

Anda bingung sebelumnya memilih warna? Kini tidak lagi karena cat Orchid menyediakan 24 pilihan warna menarik yang bisa digunakan. Anda bisa memilih warna dari solid hingga metalik sesuai dengan kebutuhan. Pilihan warna yang banyak ini tentu membuat cat mudah disesuaikan dengan gaya cafe bukan? 

Misalnya saja Anda ingin cafe yang tampak minimalis. Jika dinding cafe berwarna putih, maka furniture seperti meja, kursi hingga beberapa dekorasi bisa dikombinasikan warna hitam, coklat hingga abu-abu. Semua warna ini tersedia pada cat Orchid. 

4. Memberikan perlindungan dari air dan kelembaban

Lapisan coating yang dibentuk dari cat Orchid sudah cukup untuk menciptakan perlindungan pada besi dari air dan juga kelembaban. Lembab dan juga air adalah masalah yang sering merusak kursi cafe besi. Keduanya bisa menimbulkan jamur hingga karat.

Namun dengan perlindungan yang diberikan cat Orchid ini, akan membuat kursi cafe yang Anda miliki berumur panjang. 

Tertarik untuk menggunakan cat Orchid? Anda bisa melakukan pembelian langsung dan skala kecil atau besar melalui:

  1. https://www.tokopedia.com/catkayu
  2. https://www.tokopedia.com/bioindustries
  3. https://www.tokopedia.com/rayapjamur

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X