Furniture Eco Friendly dengan Sanding Sealer Terbaik

Furniture Eco Friendly dengan Sanding Sealer Terbaik

Memiliki hunain yang eco friendly sedang trend dikalangan masyarakat. Tidak hanya hunian yang asri dengan penuh tanaman namun semua bahan yang digunakan adalah bahan yang aman dan ramah lingkungan. Istilah eco friendly sendiri adalah ramah lingkungan atau tidak memberikan bahaya bagi lingkungan hidup khususnya.

Istilah eco friendly memang kini banyak digunaan pada berbagai macam produk. Istilah in muncul setelah maraknya masalah lingkungan yang tercemar mulai dari sampah di darat, di laut dan juga di udara mengganggu kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Semakin banyak produk yang diproduksi dan tidak bisa di daur ulang maka penumpukan sampah tidak dapat diatasi. Oleh karena itu saat ini produk-produk yang dibuat mulai diperhatikan bahan pembuatannya. Sehingga selain tidak mengganggu keamanan lingkungan namun juga mudah untuk didaur ulang atau bahkan masih bisa digunakan kembali.

Apa saja yang termasuk kualifikasi produk eco friendly ini? Pada intinya adalah produk diciptakan tidak beracun bahkan menimbulkan racun dalam waktu tidak lama setelah produk digunakan. contoh yang paling mudah terlihat adalah furniture.

Mungkin hingga ini Anda tidak sadar bahwa dibalik furniture tersembunyi material yang bisa membahayakan kesehatan lingkungan terutama manusia. Bagian manakah furniture yang bisa membahayakan. Mari kta mulai dari material kayu yang digunakan.

Kayu adalah material umum yang digunakan sebagai furniture dari zaman dahulu hingga saat ini. Masalahnya stok material kayu didapatkan dari penebangan hutan yang mengakibatkan ribuan hewan kehilangan rumah dan hutan menjadi gundul.

Furniture Eco Friendly dengan Sanding Sealer TerbaikKetika hutan menjadi gundul tentu saja ada banyak masalah alam yang muncul mulai dari longsor, banjir dan juga kebakaran hutan karena kekeringan yang melanda. Nah jika penebangan hutan tidak dikendalikan atau disertai dengan penanaman ulang maka keseimbangan alam ini akan rusak. Membuat barang yang dibuat sebenarnya telah merusak alam itu sendiri.

Baca Juga:  Inilah Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Cat Kayu Biovarnish

Selain kayu, furniture yang telah diciptakan juga menggunakan bahan pelapis cat. Furniture yang tidak menggunakan cat kebanyakan akan terlihat pucat, tidak menarik dan tidak terlindungi. Lapisan cat pada furniture berfungsi juga untuk melindungi furniture dari luar. Banyak gangguan yang bisa merusak furniture  mulai dari rayap, jamur hingga perubahan cuaca.

Masalah ini akan teratasi dengan lapisan cat. Sayangnya walaupun aman untuk memberikan perlindungan pada furniture, cat terbuat dari bahan yang berbahaya dan termasuk katagori non eco friendly. Cat yang mengering akan mengeluarkan uap dan menimbulkan polusi udara khususnya dari furniture di dalam ruangan.

Tentu saja manusia akan menghirup udara ini dan menimbulkan masalah kesehatan di masa depan. Selama ini penelitian telah membuktikan bahwa penyakit yang dihasilkan karena menghirup terlalu banyak cat yang menguap adalah kanker. Bahkan masalah ini telah banyak menimpa para pekerja finishing d pabrik furniture di seluruh dunia.

Nah dengan begitu apakah Anda masih menganggap enteng bahwa furniture tidak berbahaya digunakan di lingkungan rumah? Lalu apa solusinya? Solusi yang didapatkan hanya satu yakni menggunakan bahan cat yang rendah bahan beracun.

Menggunakan Sanding Sealer Ramah Lingkungan Pada Furniture

Apakah jenis cat yang rendah kandungan racun? Salah satu jenis cat yang banyak digunakan untuk finishing hingga saat ini adalah sanding sealer. Sanding sealer berfungsi untuk menjadi cat dasar kayu sekaligus menciptakan pondasi terbaik bagi lapisan cat di atasnya. Oleh karena itu Anda bisa memulainya dengan mencar sanding sealer terbaik eco friendly.

Produk yang disarankan untuk digunakan adalah sanding sealer water based. Produk water based kini menjadi standar penggunaan bahan finishing untuk furniture yang akan dikirim ke Eropa, Amerika dan juga Jepang. Kekhawatiran masalah bahan kimia cat yang digunakan sudah meluas hingga seluruh dunia sehingga ketentuan ini sudah menjadi rahasia umum.

Baca Juga:  Supplier Cat Dasar Kayu Cepat Kering Biocolours terbaik

Apakah Anda yang masih tinggal di Indonesia ketinggalan untuk mendapatkan furniture yang tidak eco friendly? Jangan khawatir karena di Indonesia telah hadir produk sanding sealer water based yang sangat terjangkau yakni BioColours.

Produk BioColours sanding sealer adalah cat yang water based yang aman dan ramah lingkungan. Diciptakan sesuai dengan kebutuhan cat yang eco friendly. Anda tidak perlu lagi takut akan masalah penguapan cat yang enimbulkan racun di udara atau para pekerja yang memiliki resiko penyakit kanker karena terlalu banyak menghirup polusi udara.

Furniture Eco Friendly dengan Sanding Sealer Terbaik
furniture yang telah menggunakan BioColours sanding sealer

Untuk inilah Anda perlu menggunakan sanding sealer BioColours. Bagi yang masih bingung memilih bahan cat Anda bisa membuktikannya sendiri dengan langsung mengaplikasikannya. Cara aplikasi sangat mudah yakni sebagai berikut ini:

  • Siapkan material kayu yang akan dicat. Pastikan material sudah diamplas dan halus bersih dari debu atau kotoran bahkan minyak kayu.
  • Campurkan sanding sealer BioColurs dengan air perbandingan terbaik adalah 2 bahan dengan 1 air. Anda bisa menakarnya menggunakan sendok. Siapkan kompresor dengan tekanan yang pas. Gunakan cat dengan alat semprot.
  • Semprotkan seluruh sanding sealer ke permukaan furniture kayu hingga rata. Tunggu lapisan kering selama 60 menit tanpa harus dijemur pada sinar matahari langsung. Amplas ambang dengan amplas 400.

Setelah aplikasi sanding sealer yang mudah di atas Anda bisa menambahkan lapisan akhir yakni top coat atau jika ingin memberikan warna pada kayu bisa menggunakan wood stain baru top coat.

BioColours juga menyediakan rangkaian produk yang akan mendukung proses pengecatan mendapatkan hasil finishing warna natural. Mulai dari wood filler, wood stain dan juga top coat. Proses aplikasi seluruh produk sama mudahnya dengan sanding sealer yakni menggunakan alat semprot.

Baca Juga:  Tips Memilih Cat Outdoor Yang Terbaik

Tips Agar Furniture Eco Friendly Lebih Tahan Lama

Selain penggunaan sanding sealer yang aman dan eco friendly tentu saja keberlangsungan furniture agar bisa lebih tahan lama sangat dibutuhkan. Apabila Anda ingin mendapatkan furniture kayu lebih tahan lama, perawatan dibutuhkan dengan rutin. Perawatan pada kayu umumnya menggunakan bahan poles kayu yang aman.

Anda bisa menggunakan Biopolish Beeswax yang dirancang khusus untuk furniture yang bersentuhan dengan makanan. Bahan poles Beeswax sangat mudah diaplikasikan yakni dengan memoleskan ke permukaan kayu menggunakan kain bersih dan kering.

Pemolesan dilakukan tipis-tipis saja sehingga tidak menimbulkan jamur kayu dan akan hemat produk. Proses pemolesan dilakukan secara rutin setiap satu bulan sekali. Anda perlu melakukannya di permukaan kayu yang sudah dibersihkan terlebih dahulu karena kebanyakan kotoran akan menempel dan merusak finishing.

Hasilnya furniture kayu akan terlihat cerah dengan warna yang lebih teram. Jika furniture sebelumnya tampak kusam maka kini akan tampak lebih mengkilap. Anda bisa menggunakannya apabila furniture telah difinishing pada furniture tampilan gloss.

Bahan poles akan memperkuat perlindungan furniture dari luar dan memperkuat lapisan film dari BioColours top coat yang telah diaplikasikan sebelumnya.   Bahan poles Biopolish Beeswax telah banyak digunakan pada perabotan dapur yang sering bersetuhan dengan air seperti kabinet atau rak.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X