Sanding Sealer Berkualitas Menutup Pori Kayu Jati Sempurna

Sanding Sealer Berkualitas Menutup Pori Kayu Jati Sempurna

Kayu jati adalah kayu hasil alam dari Indonesia yang sangat terkenal bahkan di tingkat internasional. Kayu jati dari Indonesia dijual dalam bentul log atau dalam bentuk furniture yang siap pakai. Negara-negara penerima kayu jati Indonesia kebanyakan di Eropa, Amerika dan juga Jepang. Ketiga wilayah tersebut menerima banyak setiap tahunnya.

Bagi mereka yang memesan kayu jati dari Indonesia merasa harga kayu jati sangat murah melihat kualitas yang diberikan sangat tinggi. Namun untuk masyarakat Indonesia sendiri menganggap bahwa harga dari kayu jati ini sangat mahal apalagi sudah berbentuk furniture yang siap untuk digunakan.

Banyak sekali produsen furniture kayu jati di Indonesia yang tersebar di beberapa daerah seperti Jepara dan bali yang terkenal dengan ukirannya. Nah bagi Anda yang tertarik, siapkan sejumlah uang yang cukup besar untuk mendapatkan furniture dengan kayu jati. Jangan lupa untuk memesan furniture yang telah difinishing dengan cat yang berkualitas.

Jika Anda mengenal kualitas kayu jati sendiri pasti sudah sangat paham. Kayu jati yang unggul dan dipanen setelah umur puluhan tahun pasti memiliki kelas kuat dan keawetan tingkat I-II. Kelas ini membuktikan bahwa kayu tahan terhadap jamur, rayap dan gangguan cuaca.

Kekuatannya pun terbaik hingga bisa digunakan sebagai bangunan rumah, dinding dan juga lantai. Kayu jati memiliki khas tersendiri yakni memiliki kandungan resin yang tahan oleh rayap. Ketika digunakan sebagai furniture luar ruangan terlebih yang digunakan langsung di atas tanah kayu akan lebih tahan.

Namun tetap saja perlindungan dari bahan cat dibutuhkan oleh kayu jati. Jenis cat yang dibutuhkan adalah cat yang dapat merekat dengan baik pada pori kayu jati. Menyegel kayu jati dengan sempurna sehingga pori kayu tidak dapat bekerja menyerap kelembaban yang menjadi pemicu utama dari jamur.

Baca Juga:  Tips dan Trik Mengecat Furniture Kayu Jati Belanda Mudah

Walaupun telah ditutup atau dilapisi dengan sanding sealer, kayu jati akan tetap memperlihatkan keindahan serat kayu yang menarik. Warna kayu akan tetap terlihat dan lingkaran tahun yang dikeluarkan oleh kayu jati tetap aman.

Memilih Kayu Jati Sempurna Sebelum Finishing

Kekuatan kayu jati memang baik, jadi sebelum finishing Anda harus mencari dan memilih mana kayu jati asli yang berkualitas. Langkah ini sangat penting karena akan membantu sanding sealer menjaga ketahanan kayu jati lebih lama.

Berikut ini beberapa ciri yang perlu diperhatikan ketika membeli kayu jati:

  1. Serat kayu

Anda bisa memperhatikan kualitas kayu jati dari serat yang dimiliki. Serat kayu jati memiliki bentuk yang unik. Serat kayu terlihat seperti garis yang tajam dan warnanya akan lebih gelap muncul pada permukaan. Warna serat pun akan berbeda tergantung dengan cuaca dimana saat pohon jati tumbuh.

Serat kayu akan muncul pada kayu jati ketika pemotongan kayu dilakukan. Pada awal pemotongan kayu akan berwarna kemerahan setelah itu kayu akan berubah warna menjadi cokelat keemasan.

  1. Berat kayu

Jangan lupa untuk mengukur berat kayu jati yang akan dibeli. Kayu yang sudah dikeringkan harus masih memiliki kandungan air. Kandungan air akan menyeimbangkan kelembaban kayu sehingga mudah dibentuk dan  dipotong. Kayu jati memiliki berat jenis sekita 0.65 yang membuatnya menjadi bahan furniture paling kokoh. Jika dibandingkan dengan bahan turunan kayu seprti plywood atau kayu solid lainnya tentu saja kayu jati lebih berat.

  1. Aroma kayu

Kayu jati yang asli akan mengeluarkan bau yang berasal dari resin yang digunakan untuk mengusir ayap dan juga jamur. Apabila Anda memilih kayu jati aroma ini seperti minyak dan juga kulit. Anda mungkin akan mencium aroma yang lembut jadi pastikan jangan mencoba menciumnya ketika ruangan penuh dengan jenis kayu lain yang beraroma keras seperti kayu sungkai.

  1. Warna kayu
Baca Juga:  Cara Mengkreasikan Furniture Kayu Palet dengan Chalk Paint

Selain serat Anda juga bisa memperhatikan warna kayu jati. Seperti yang dijelaskan kayu jati asli memiliki ciri khas warna dengan efek keemasan ketika terkena sinar matahari, inilah yang membuatnya mewah. Selain itu Anda juga harus memperhatikan perbedaan warna kayu gubal dan kay terasnya.

Sanding Sealer Berkualitas Menutup Pori Kayu Jati SempurnaBagian gubal kayu jati akan lebih ke putih kekuningan dengan warna yang terang inilah membedakan antara kayu teras. Bagian tengah atau kayu terasnya berwarna lebih gelap yakni cokelat keemasan. Kayu jati yang tua akan memiliki warna kayu teras lebih banyak dibandingkan kayu gubalnya.

Sangat mudah bukan membedakan manakah kayu jati yang asli dan manakah kayu jati yang masih muda. Pastikan Anda selalu mendapatkan kayu jati yang berkualitas baik karena ketahanan dari furniture akan bergantung pada ini.

Menggunakan Sanding Sealer untuk Melindungi Kayu Jati

Kini saatnya untuk mengetahui manakah sanding sealer berkualitas yang dibutuhkan oleh kayu jati. Tidak sembarangan produk sanding sealer yang bisa digunakan karena sanding sealer ini harus tahan cuaca, tahan perubahan bentuk kayu, memiliki daya rekat tinggi serta aplikasi yang mudah.

Agar hasil sempurna sangat direkomendasikan menggunakan sanding sealer water based. Bahan pelarut air yang digunakan tidak akan mempengaruh hasil warna, bahkan dalam proses aplikasinya cenderung aman. Ketika Anda menggunakan sanding sealer solvent maka kemungkinan adanya efek menguning nanti sangat tinggi.

Mengapa Sanding Sealer Tahan Cuaca Dibutuhkan?
produn sanding sealer water based

Cat solvent mengandung banyak formalin yang akan mempengaruhi perubahan warna kayu jati. Jadi untuk amannya gunakan sanding sealer water based BioColours. Produk BioColours sangat direkomendasikan karena kekuatannya sebagai bahan yang mampu memberikan perlindungan dan warna terbaik telah terbukti.

Banyak perusahaan furniture yang telah menggunakan BioColours sanding sealer bertahun-tahun untuk menyelesaikan proyek furniture ekspor. Maka apa yang ditunggu lagi? Segera gunakan sanding sealer BioColours, berikut ini cara aplikasinya:

  1. Siapkan kayu jati atau furniture kayu jati di tempat yang terang, bersih dan kering. Amplas semua permukaan kayu jati hingga mendapatkan permukaan yang halus dan rata. Anda bisa mencoba untuk merapa permukaan dengan telapak tangan.
  2. Siapkan BioCOlours sanding sealer yang sudah dicampur air pada gelas plastik dengan perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk rata dan masukan ke dalam tabung spray gun. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata.
  3. Tunggu lapisan sanding sealer kering dengan sendirinya tanpa dijemur. Pastikan tempat mengeringkan kering dengan sirkulasi udara yang baik. Kemudian lanjutkan dengan pengamplasan secara ambang dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas.
  4. Anda bisa mengulangi aplikasi sanding sealer sekali lagi atau menutupnya dengan top coat.
Baca Juga:  Warna Pagar Indah Dengan Finishing Kayu Albasia

Nah satu hal yang perlu diperhatikan adalah penjemuran. Sanding sealer water based tidak membutuhkan penjemuran agar cepat kering. Pelarut air akan mudah menguap bahkan keika diletakan di dalam ruangan.

Anda tidak perlu khawatir dengan hasilnya, bebas dari efek memutih yang kebanyakan didapat dari produk sanding sealer solvent. BioColours sanding sealer akan memberikan hasil warna yang merata dan kering sempurna.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X