Memilih Cat Kayu Warna Coklat Transparan

Memilih Cat Kayu Warna Coklat Transparan

Setiap jenis kayu akan berwarna berbeda ketika Anda menerapkan pernis atau wood stain. Karenanya, Anda perlu mengetahui jenis material yang Anda gunakan dan warna atau wood stain yang ingin Anda capai.

Kayu lunak seperti pinus dan oak biasanya memiliki warna cahaya yang indah, jadi gunakan pernis bening untuk mengeluarkan serat kayu dan untuk meningkatkan warna alami. Kayu ini biasanya lebih mudah diwarnai dan dipernis, jadi Anda hanya perlu beberapa lapis untuk mendapatkan efek yang Anda inginkan.

Kayu keras seperti jati secara alami lebih gelap, dengan nada cokelat keemasan. serat kayu lebih halus dan perlu beberapa lapisan lagi untuk mendapatkan hasil akhir yang profesional. Pernis berbasis minyak adalah pilihan bagus untuk kayu keras, karena lebih tahan lama, dan tenggelam untuk meninggalkan warna yang lebih gelap.

Setelah mewarnai, hal berikutnya yang harus dipikirkan adalah tampilan yang ingin Anda capai. Selesai satin yang mengkilap akan memantulkan cahaya dan mencerahkan ruangan yang memiliki dinding lebih gelap atau menangkap lebih sedikit cahaya.

Memilih Cat Kayu Warna Coklat Transparan Pernis satin akan berdiri dengan baik untuk pemakaian umum dan air mata, sempurna jika Anda memiliki keluarga muda atau hewan peliharaan. Jenis pernis ini tidak akan meninggalkan noda jika Anda menumpahkan apa pun di lantai, jadi sangat ideal jika Anda mewarnai papan lantai di dapur atau kamar mandi.

Finishing death matte atau matte menyempurnakan sentuhan alami kayu dan ini adalah pilihan yang bagus jika Anda sudah menggunakan wood stain warna yang jernih. Hasil akhir ini cenderung menyerap cahaya, sehingga tidak memiliki kilau. Jika Anda mewarnai furnitur, seperti meja atau kursi, maka hasil akhir matte akan selalu terlihat memukau.

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah apakah kayu di dalam atau di luar ruangan. Jika Anda memiliki penghiasan atau furnitur di kebun Anda, pernis luar ruangan adalah cara yang efektif untuk melindungi kayu dari pembusukan dan perubahan warna dari sinar matahari.

Baca Juga:  Grosir Obat Bleaching Kayu WA 250 Untuk Furniture Ukiran

Kebanyakan decking dan furnitur terbuat dari kayu keras, karena berdiri untuk elemen yang lebih baik, jadi cobalah pernis berbasis minyak untuk menambahkan beberapa perlindungan ekstra. Hasil akhir matte cenderung melengkapi tampilan luar ruangan dengan lebih baik, dan akan membantu Anda menciptakan suasana kebun yang dingin.

Di dalam rumah Anda, pernis berbasis air akan bekerja dengan baik, terutama pada suasana yang lebih ringan. Ini cenderung mengering lebih cepat dan hanya membutuhkan beberapa lapis. Lepaskan kayu ke bawah dan aplikasikan vernis secara langsung. Atau, jika Anda mewood stai ini kayu, pastikan Anda menerapkan pernis berbasis air di atas pewarnaan berbasis air atau solvent mereka tidak cenderung duduk dengan baik di atas minyak.

Macam-Macam Cat Kayu Warna Transparan

Beberapa wood stain dikombinasikan dengan sealer, dan ini biasanya diberi label sebagai stain / sealer. Tidak semua mudah digunakan atau dijamin memberikan hasil yang baik, jadi luangkan beberapa menit untuk merencanakan dan membaca label.

Pertimbangan pertama adalah finishing yang Anda rencanakan untuk digunakan. Kebanyakan cat kayu bening poliuretane dapat diterapkan di sebagian besar jenis wood stain, tetapi pernis poliuretan tidak dapat diterapkan di beberapa wood stain. Jika Anda ingin menggunakan lapisan poliuretan carilah wood stain yang kompatibel dengan poliuretan.

Memilih Cat Kayu Warna Coklat TransparanJika Anda tidak dapat menemukan wood stain yang cocok, Anda harus menerapkan sealer yang jelas di atas wood stain yang tidak sesuai. Varnish dapat diaplikasikan di atas sealer ini jika Anda menginginkan hasil finsihing yang mengkilap.

Pertimbangan kedua dalam memilih wood stain adalah pekerjaan yang Anda inginkan. Pewarna furnitur yang paling umum digunakan didasarkan pada pigmen yang dicampur dalam minyak atau terpentin, atau pada pewarna anilin yang dicampur dalam turpentine, air, alkohol, atau thinner yang mudah menguap.

Baca Juga:  5 Model Kursi Taman dari Besi

Berikut ini beberapa jenis cat yang biasanya terdapat di pasaran:

  • Cat minyak dengan pigmen

Pewarna minyak berpigmen tidak meresap. Mereka terdiri dari pigmen dicampur dalam minyak biji rami, terpentin, thinner, atau pelarut serupa. Mereka kadang-kadang juga tersedia dalam bentuk gel. Mereka murah dan mudah diterapkan, tetapi kecuali serat kayu sangat terbuka, mereka biasanya memberikan hasil sedikt buram atau menutupi pola serat.

Pewarna ini biasanya tidak bekerja dengan baik pada kayu keras tetapi dapat digunakan untuk sedikit penggelapan pada kayu keras yang tertutup, seperti maple. Wood stain yang menyala adalah wood stain minyak berpigmen.

Pigmen minyak diterapkan dengan menyeka dan dihapus setelah warna yang diinginkan tercapai. Intensitas warna dikendalikan oleh lamanya waktu wood stain menempel di kayu. Waktu pengeringan bisa lama, dan wood stain harus disegel dengan baik untuk mencegah njaiknya minyak kayu melalui hasil finsihing. Kayu juga harus disegel sebelum aplikasi. Warna-warna dapat memudar seiring berjalannya waktu.

  • Cat berbasis minyak

Wood stain minyak menembus sangat populer; mereka terdiri dari pewarna anilin dicampur dengan terpentin atau pelarut serupa. Mereka murah dan mudah diterapkan, tetapi mereka cenderung menembus tidak merata. Untuk alasan ini, mereka tidak bekerja dengan baik pada kayu keras dan paling baik digunakan pada pinus dan kayu lunak lainnya. Mereka dapat digunakan untuk sedikit gelap pada kayu keras yang tertutup, seperti maple.

Penetrasi wood stain minyak diterapkan dengan menyeka dan dihapus setelah warna yang diinginkan tercapai. Intensitas warna dikendalikan oleh lamanya waktu wood stain tersisa di kayu. Waktu pengeringan relatif lama, dan wood stain harus disegel dengan baik untuk mencegah bleeding melalui hasil finishing. Wood stain ini sangat sulit dihilangkan setelah kering. Warnanya kaya dan jernih, tetapi warnanya memudar seiring berjalannya waktu.

  • NGR (Non-Grain-Raising) Wood stain
Baca Juga:  3 Tips Memilih Tangga Kayu Untuk Rumah Minimalis

NGR wood stain terdiri dari pewarna anilin dicampur dengan alkohol denaturasi atau semangat yang mudah menguap, seperti metanol. Mereka mahal, dan mereka bisa sulit digunakan. Pewarna dasar alkohol memudar dari waktu ke waktu dan harus disegel dengan baik untuk mencegah bleeding, mereka tidak bisa digunakan dengan laquer. NGR pewarna dasar Spiritus tidak memudar atau bleeding, dan mereka menghasilkan warna yang lebih seragam.

NGR alkohol berbasis wood stain kering sangat cepat. Menerapkannya dengan sangat cepat, bahkan menyikat gigi. Aplikasi tipis berulang adalah yang terbaik untuk meminimalkan tumpang tindih. Satu warna dapat diaplikasikan langsung di atas yang lain, tetapi warna yang terlalu gelap harus diputihkan. NGR wood stain direkomendasikan untuk digunakan pada kayu keras, terutama kayu yang berbutir dekat, di mana wood stain minyak tidak akan diserap dengan baik. Mereka seharusnya tidak digunakan pada kayu lunak.

  • Varnish Stain

Memilih Cat Kayu Warna Coklat TransparanVarnish stain adalah pewarna yang tidak merembes, yang terdiri dari pewarna anilina di dasar varnish. Digunakan oleh produsen untuk menyelesaikan laci, sudut, dan bagian tersembunyi lainnya karena harganya murah dan tidak ada penyelesaian lebih lanjut yang diperlukan, tetapi terlihat murah dan umumnya tidak direkomendasikan untuk digunakan.

  • Sealer

Sealer adalah campuran pewarna yang tidak merembes ke dalam dasar vernis, lak, atau lak. Biasanya diperlukan dua lapisan, dan permukaan harus sering dilindungi dengan lilin pasta. Tidak diperlukan finishing lebih lanjut.

  • Wood stain Organik

Beberapa wood stain organik-base dapat dibuat untuk digunakan pada pinus dan kayu lainnya. Pewarnaan organik yang paling umum menggunakan tembakau sebagai warna, tetapi wood stain juga dapat dibuat dari kulit kayu, akar, teh, buah beri, dan sumber alami lainnya. Wood stain-wood stain ini menarik, tetapi mereka tidak direkomendasikan kecuali Anda seorang pengecat profesional.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X