Ini Dia Rahasia Cara Mengecat Kayu Agar Mengkilap

Ini Dia Rahasia Cara Mengecat Kayu Agar Mengkilap

Tampilan mengkilap pada sebuah furniture banyak disukai karena tampilan mengkilap akan memberikan kemewahan. Namun apakah benar alasan seseorang melakukan finishing adalah untuk tampilan kemewahan semata? Anda harus memahami apa itu fungsi dari finishing sehingga akan benar-benar melakukan pengecatan yang benar. Tanpa bahan finishing furniture tidak memiliki penampilan yang menarik.

Finishing adalah tahapan akhir yang dilakukan pada sebuah tahapan pembuatan furniture. Ada dua fungsi yang dilakukan oleah cat yakni untuk memberikan perlindungan dan juga untuk memberikan tampilan. Karena pilihan warna dan juga tampilan beragam maka lebih banyak orang memilih cat pada bagian tampilannya saja.

Sebenarnya ada dua jenis finishing yakni finishing dengan cat atau finishing dengan bahan poles. Menggunakan bahan poles untuk finishing berfungsi untuk medapatkan bebas lapisan coating yang membuatnya benar-benar tampak natural.

Melakukan finishing dengan poles kayu bukan berarti tidak memberikan lapisan perlindungan. Justru karena menggunakan bahan khusus perlindungan yang diberikan akan masuk ke dalam kayu. Pori kayu akan menyerap bahan poles dan memberikan perlindungan dari dalam terhadap rayap dan juga jamur.

Sebaliknya cat adalah pemberi lapisan coating pada kayu. Maka akan terbentuk lapisan luar yang akan memberkan perlindungan. Lapisan ini bisa berlapis-lapis tergantung seberapa banyak lapisan yang Anda butuhkan. Tentu saja semakin banyak lapisannya amaka akan semakin kuat untuk perlindungannya.

Jika bahan poles akan memberikan tampilan natural maka tidak akan ada efek mengkilap yang diberikan. Anda bisa mendapatkan tampilan furniture yang mengkilap dari bahan cat tertentu. Lapisan mengkilap didapatkan dari lapisan akhir cat yang dikenal dengan top coat.

Lapisan top coat ini sebenarnya bermacam-macam ada yang mengkilap dikenal dengan gloss, ada pula semi gloss, matte atau bahkan death matte. Lapisan yang tampak natural juga ada yakni tampilan doft.

Baca Juga:  Cat Wash Terbaik untuk Menciptakan Furniture Antik Makin Menarik

Jika Anda ingin mendapatkan tampilan mengkilap maka Anda perlu memilih lapisan cat gloss.

Kunci Keberhasilan Dalam Mengecat Hasil Mengkilap

Mendapatkan hasil cat mengkilap bukan hanya lapisan cat, teknik namun juga meliputi faktor lain seperti persiapan material. Untuk lebih jelasnya Anda bisa mengikuti penjelasannya dalam berikut ini.

  1. Faktor persiapan material
Ini Dia Rahasia Cara Mengecat Kayu Agar Mengkilap
permukaan kayu tidak rata memiliki tingkat glossy rendah

Apakah Anda sudah menyiapkan material dengan benar? Persiapan material adalah hal yang paling penting untuk dilakukan. Lapisan yang mengkilap didapatkan karena permukaan material datar dan halus. Jika bergelombang maka tingkat mengkilap akan berkurang atau tidak ada sama sekali. Alasannya adalah sangat mudah, lapisan mengkilap pada cat didapatkan karena adanya pantulan dari sinar matahari. Maka jika permukaan kayu tidak rata tampilan gloss akan berkurang namun sebaliknya untuk tampilan mengkilap Anda hanya perlu menyiapkan material yang rata dan halus. Maka diperlukan cat dasar kayu berupa wood filler untuk menurup pori dan lubang pada kayu.

Persiapan juga dilakukan dengan mengamplas. Pengamplasan sebaiknya dilakukan secara bertahap dari angka amplas kasar menuju angka amplas yang halus. Semakin halus mak akan semakin halus hasilnya.

  1. Pemilihan bahan cat

Apakah Anda sudah menentukan bahan cat mana yang akan digunakan. Tidak sembarangan cat akan memberikan hasil mengkilap yang baik. Setiap tingkat gloss memiliki angka tersendiri dan selain mengkilap tentunya Anda ingin hasil warna transparan bertahan lama bukan? Nah untuk itu Anda harus memilih top coat dengan benar.

Ada lapisan gloss dan juga high gloss. Lapisan gloss adalah lapisan kilap yang mencapai 70 hingga 85% sedangkan untuk high gloss Anda bisa mendapatkannya dari  lapisan cat melamin. Sayangnya high gloss dari cat melamin tidak diikuti dengan hasil warna transparan yang tahan lama.

Baca Juga:  Jenis Cat Kayu Terbaik Yang Di Indonesia Yang Perlu Diketahui

Cat melamin akan menguning selain itu cat ini tidak bisa digunakan sebagai furnitur luar ruangan karena ketahanannya pada panas matahari yang lemah. Disarankan bagi Anda untuk menggunakan cat gloss dengan tingkat kilap 85% yang didapatkan dari cat kayu water based BioColours.

Cat ini adalah cat water based yang memberikan hasil warna transparan tahan lama bahkan dapat digunakan di dalam maupun furniture luar ruangan.

  1. Proses aplikasi cat kayu

Apakah Anda mempertimbangkan bagaimana proses aplikasinya? Cat kayu dengan hasil mengkilap akan dihasilkan dengan baik apabila Anda menggunakan alat semprot. Kompresor dan juga spray gun adalah kedua alat yang sangat penting untuk memudahkan Anda mendapatkan hasil yang rata.

Aplikasi dengan kuas atau bahkan dengan roll tidak akan rata sehingga mengurangi tingkat kilap yang dihasilkan. Maka sangat baik jika Anda telah menguasai penggunaan alat semprot sebelum menggunakannya langsung.

Ketiga hal di atas akan membantu Anda menguasai cara finishing kayu agar hasilnya mengkilap. Tidak ada yang sulit bukan? Anda hanya harus memeprsiapkan material, bahan dan alatnya saja.

Langkah Mengecat untuk Kayu Mengkilap

Putuskanlah untuk menggunakan cat kayu BioColours Top Coat gloss yang akan memberikan hasil finishing mengkilap hingga 85%. Lapisan ini akan didapatkan setelah Anda mengaplikasikan serangkaian cat sebelumnya yakni wood filler, sanding sealer dan juga wood stain. Lapisan cat tersebut menjadi cat dasar dan juga cat warna kayu.

Ini Dia Rahasia Cara Mengecat Kayu Agar MengkilapPada lapisan akhir ini Anda akan menggunakan top coat gloss BioColours yang bahan pelarutnya adalah air. Siapkan material terlebih dahulu dengan pengamplasan dan membersihkan debu amplas sehingga benar-benar sudah siap untuk difinishing.

Berikut ini langkah menggunakan BioColours top coat gloss untuk hasil furniture kayu yang mengkilap.

  1. Lakukan pencampuran BioColours top coat gloss dengan air. Campurkan dengan perbandingan 2 bahan : 1 air dan diaduk rata. Anda bisa mencampurkannya dalam gelas plastik yang bersih. Untuk menakar Anda bisa menggunakan sendok namun jika memiliki alat NK 2 dapatkan larutan hingga 11-12 detik.
  2. Setelah mendapatkan campuran cat yang pas kini masukan larutan cat ke dalam tabung spray gun. Jangan isi terlalu penuh agar tidak tumpah, coba untuk atur cat yang keluar dan tekanan angin, Anda bisa menyemprotkan untuk melihat hasil warnanya pada material kayu yang lainnya.
  3. Atur jarak antara nozel dengan material kayu gunakan jarak 15 cm dan mulai untuk mengecat. Jangan berhenti dan lakukan dengan halus agar hasilnya benar-benar rata. Setelah seluruh furniture telah terlapisi dengan baik, diamkan hingga mendapatkan permukaan benar benar kering selama 60 menit.
  4. Amplas permukaan kayu dengan amplas 400 secara ambang kemudian lakukan pengecatan kembali pada permukaan kayu hingga rata. Terakhir tunggu lapisan ini mengering selama 24 jam atau semalaman.
Baca Juga:  Produk Dengan Merk Obat Bleching Kayu WA 250 Aplikasi Mudah

Hasilnya akan bisa dilihat keesokan harinya. Setelah lapisan top coat mengering dengan sempurna Anda akan mendapatkan tampilan kilap yang diinginkan. Anda bisa meletakannya di dalam atau di luar ruangan bahkan sebagai furniture yang terkena makanan dengan sering akan aman. BioColours top coat ini terbukti aman digunakan untuk bersentuhan makanan langsung.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X