Cara Mengecat Kayu yang Sudah Dicat Pada Furniture Dapur

Cara Mengecat Kayu yang Sudah Dicat Pada Furniture Dapur

Apa yang menarik dari furniture dapur? Jika Anda memiliki furniture dapaur dari kayu dan sudah digunakan selama beberapa tahun maka kemungkinan kerusakan akan terjadi.  Kerusakan karena pemakaian adalah hal yang wajar dan dapat diperbaiki. Namun bagaimana memperbaikinya dan apakah sulit?

Kebanyakan ibu rumah tangga akan mengeluh ketika lemari dapur mereka sudah mulai muncul jamur atau rayap. Itu adalah hal yang bisa karena jamur dan rayap sering muncul di tempat lembab seperti dapur. Dapur yang lembab akan mempengaruhi furniture kayu dan mempercepat kerusakannya.

Ketika sudah muncul jamur dan rayap maka saatnya Anda untuk memperbaiki penampilan furniture dapur. Bagaimana dengan cara mengecat kayu yang sudah dicat pada lemari dapur Anda? Tentu saja ada langkah-langkah perbaikan yang perlu dilakukan.

Langkah perbaikan ini bertujuan untuk mendapatkan permukaan lemari dapur kembali sepert semula. Adanya rayap dan jamur pasti telah merusak substrat kayu dan membuatnya menjadi keropos. Jangan khawatir karena Anda bisa menambalnya dengan mudah.

Tidak perlu bingung dan mencari reparasi furniture, jika Anda menggunakan jasa mereka justru akan mengeluarkan biaya lebih banyak daripada memperbaikinya sendiri. Apa saja yang dibutuhkan untuk memperbaiki dan bagaimana langkahnya? Penjelasan lengkap akan didapatkan dalam artikel ini.

Trik Menghilangkan Lapisan Cat Lama

Sebelum memulai perbaikan lemari yang keropos pertama Anda harus menghilangkan lapisan cat kayu yang lama. Lapisan cat yang lama dapat dihilangkan dengan berbagai macam cara mulai dari pistol pemanas, pengamplasan dengan mesin hingga dengan beberapa jenis bahan kimia seperti paint stripper dan juga thinner.

Cara Mengecat Kayu yang Sudah Dicat Pada Furniture DapurAnda bisa memilih salah satu cara terbaik untuk menghilangkan cat yang lama. Di sini Anda akan menggunakan pembersih cat berbahan kimia khusus. Bahan kimia ini bisa dibeli di toko bahan bangunan dengan berbagai macam merk.

Baca Juga:  Tutorial Mengecat Kusen yang Kusam dengan Cat Kayu Besi

Berikut ini bahan dan alat yang perlu dipersiapkan.

  • Paint stripper
  • Alat pengikis bisa menggunakan pisau scrape
  • Baskom
  • Tempat Spray
  • Kuas
  • Amplas
  • Kain lap
  • Sarung tangan
  • masker

Cara kerja:

  1. Baca petunjuk pemakaian, jangan lupa gunakan masker dan sarung tangan karena bahan kimia ini cukup keras. Pastikan Anda mengetahui petunjuk pemakaian yang ada pada kemasan produk.
  2. Tuang paint stripper pada wadah kosong atau baskom kemudian celupkan kuas ke dalamnya dan oleskan pada permukaan lemari kayu dapur. Anda juga bisa menggunakan alat semprot dengan memasukan bahan ke dalam alat semprot kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kayu.
  3. Tunggu beberapa menit, bahan kimia akan bereaksi dengan memunculkan gelembung.
  4. Coba untuk mengikisnya menggunakan pisau scrape, susuri semua permukaan yang sudah mulai mengelupas dan kumpulkan cat yang mengelupas dalam satu wadah. Buang kumpulan cat.
  5. Bersihkan dengan amplas dan pastikan hingga Anda melihat permukaan kayu asli mulai dari serat dan juga warnanya. Tidak ada lagi lapisan cat lama yang masih tersisa.
  6. Gunakan lap bersih untuk menghilangkan debu amplas maka lemari kayu dapur sudah siap untuk dilapisi cat baru.

Setelah lemari tidak memiliki lapisan cat lama maka cacat pada kayu akan terlihat mulai dari permukaan yang tidak rata hingga pada lubang yang disebabkan oleh rayap. Di sinilah Anda membutuhkan dempul kayu untuk memperbaikinya.

Gunakan dempul kayu water based seperti BioColours wood putty dan isilah pada lubang yang ada.ratakan pula seluruh permukaan menggunakan wood putty. Untuk aplikasinya Anda gunakan alat pisau scrape. Tunggu dempul mengering baru amplas kembali dengan amplas 240. Pastikan permukaan kayu sudah siap dan rata. Bahkan cacat kayu sudah tidak terlihat kembali.

Baca Juga:  Rahasia Mengembalikan Tampilan Decking Seperti Baru

Langkah-Langkah Mengecat Ulang dengan Cat Kayu Warna Putih

Perbaikan cacat kayu pada lemari dapur sudah dilakukan. Saatnya Anda memilih jenis cat yang akan digunakan. bagi dapur yang memiliki gaya minimalis, lemari berwarna putih adalah warna netral yang bisa diandalkan. Selain itu warna putih akan memperlihatkan dapur yang bersih.

Nah produk BioColours memiliki cat warna solid pilihan warna putih. Cat putih untuk kayu waterbased ini juga cocok diaplikasikan pada lemari dapur yang sudah diberikan dempul kayu water based. Selain itu dalam produk BioColours series Anda akan menemukan lapisan top coat yang aman digunakan pada dapur.

Cara Mengecat Kayu yang Sudah Dicat Pada Furniture DapurDapur adalah ruangan yang akan bersentuhan dengan makanan secara langsung. Sehingga bahan cat yang dipilih harus sesuai. Sangat tidak baik menggunakan bahan cat yang mengandung toxic seperti cat kayu yang memiliki bahan pelarut thinner.

Cat kayu water based BioColours adalah jenis cat yang berkadar toxic rendah dan sudah sesuai dengan regulasi keamanan penggunaan bahan kimia yang berbahaya untuk lingkungan manusia. sudah sangat jelas bahwa lemari dapur Anda yang baru membutuhkan proteksi dari bahan cat yang aman seperti BioColours.

Cara mengecat kayu warna putih menggunakan produk BioColours pun sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan cat dasar kayu yang bagus yakni primer coat, kemudian BioColours Bioduco warna putih dan juga terkahir BioColours top coat gloss yang akan memberikan efek kilau dengan tahan goresan.

Berikut ini cara mengganti warna cat kayu pada lemari dapur menggunakan produk BioColours.

  1. Amplas permukaan kayu dengan amplas 240 setelah proses aplikasi dempul selesai. Lalu siapkan BioColours primer coat yang sudah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air di dalam gelas. Tuangkan primer coat ke dalam tabung alat semprot. Mulai aplikasikan ke seluruh permukaan kayu, semprotkan mulai dari atas kebawah tanpa berhenti agar hasilnya rata. Tunggu kering tanpa harus dijemur kemudian amplas ambang dengan amplas 400.
  2. Jika lapisan primer coat belum menutup warna kayu dan seratnya Anda bisa mengaplikasikan kembali. Kemudian siapkan BioColours Bioduco warna putih yang telah dicampur dengan air dalam sebuah wadah. Gunakan perbandingan cat dan air yakni 2 bahan : 1 air dan aduk hingga rata. Masukan ke dalam tabung alat semprot kemudian lakukan cara penyemprotan yang sama seperti aplikasi primer coat. Tunggu lapisan mengering selama 60 menit dan mulai amplas ambang kembali. Hilangkan debu amplas.
  3. Lapisan akhir adalah BioColours top coat gloss. Siapkan wadah dan masukan top coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air, aduk hingga rata kemudian tuangkan ke dalam spray gun. Aplikasikan dengan cara yang sama hingga merata. Lapisan akhir ini membutuhkan lama kering selama 24 jam. Anda bisa meninggalkannya dalam ruangan yang bersih dan kering semalaman.
Baca Juga:  Grosir Obat Bleaching Kayu WA 250 Untuk Furniture Ukiran

Ketika sudah kering Anda bisa menyusun kembali lemari dapur dan mulai memasang knop dan juga engsel. Jika terdapat laci Anda bisa memasangnya kembali. Hasil finishing adalah warna putih cerah dan akan membuat dapur tampak bersih.

Tidak akan ada efek aroma menyengat karena penggunaan cat water based BioColours yang bebas dari bahan kimia berbahaya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X