Ini Dia Cara Menggunakan Cat Kayu dengan Kompresor yang Tepat

Ini Dia Cara Menggunakan Cat Kayu dengan Kompresor yang Tepat

Pernahkah Anda mencoba untuk melakukan finishing menggunakan kompresor? Apakah terjadi kesalahan bahkan kesulitan saat menggunakannya? Jika ini adalah pertama kali menggunakan alat semprot dengan kompresor maka tidak masalah jika tidak halus hasilnya.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan cat kayu dengan alat semprot karena sembarangan mengecat akan menghasilkan cacat finishing. Salah satu faktor paling penting adalah memilih bahan cat.

Tidak semua bahan cat dapat digunakan dengan alat semprot. Anda perlu memilih bahan cat yang sesuai misalnya seperti cat kayu water based BioColours. Anda bisa menggunakannya dengan alat semprot karena cat tersebut memang dirancang dengan baik untuk proses aplikasi menggunakan spray gun.

Selain bahan finishing yang diperlukan apalagi yang perlu diperhatikan? Dalam artikel ini Anda akan belajar cara menggunakan cat kayu menggunakan kompresor mulai dari persiapan hingga proses pengecatan yang tepat.

Persiapan Proses Mengecat dengan Alat Semprot

Persiapakan material, bahan dan juga alat dengan baik. Bahan yang digunakan tidak lain adalah bahan cat. Pertimbangkan untuk menggunakan cat kayu water based seperti cat kayu BioColours. Ketika menggunakan cat water based Anda tidak perlu takut masala lingkungan yang akan berbahaya bagi kesehatan.

Cat kayu water based tidak akan mengeluarkan bau yang sangat menyengat dan juga berbahaya bagi kesehatan. Anda hanya perlu mengecat dengan kondisi ruangan yang kering dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Aroma yang keluar saat pengecatan bahkan tidak akan membuat ruangan terasa penuh dan sesak.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan cat kayu water based BioColours selanjutnya Anda hanya perlu melakukan persiapan seperti berikut ini:

  1. Persiapan material

Material kayu yang akan difinishing harus memiliki permukaan yang halus dan juga rata. Permukaan ini akan memudahkan untuk hasil yang sempurna kecuali Anda ingin mendapatkan hasil finishing rustik yang memiliki permukaan yang tidak rata atau bergelombang.

Baca Juga:  SIMAK..!! Agen Cat Kayu yang Bagus Biovarnish untuk Handrail

Amplas permukaan kayu dengan amplas kasar sekitar no. 180. Coba untuk mengecek kehalusannya dengan cara meraba permukaannya. Jika sudah halus bersihkan debu sisa pengamplasan. Pengamplasan juga harus dilakukan sebelum finishing dilakukan untuk membuka pori-pori kayu.

Tutup juga semua area material yang berlogam. Biasanya pada sebuah furniture terdapat asesoris dari logam atau knop pintu dan juga engsel. Tutup semuanya menggunakan lakban kertas agar lapisan cat tidak merusak dan menembus ke dalamnya.

Kini material kayu sudah siap untuk difinishing.

  1. Persiapan kompresor

Kompresor adalah alat yang digunakan untuk menyerap angin dan mengeluarkannya dengan tekanan tertentu sesuai kebutuhan. Agar angin dalam kompresor ini penuh sebaiknya nyalakan terlebih dahulu sebelum pengecatan dimulai.

Ini Dia Cara Menggunakan Cat Kayu dengan Kompresor yang TepatJika kompresor sudah berisi angin, atur dan lihat pada bagian regulator untuk mendapatkan tekanan angin yang sesuai. Ada dua regulator dan atur masing-masing untuk memiliki 12 PSI dan 25 PSI. Tekanan ini akan mendapatkan cat yang keluar dengan baik dan menempel pada permukaan kayu.

  1. Persiapan spray gun

Jika kompresor sudah terisi angin Anda juga bisa mencoba untuk menggunakan spray gun. Pasang spray gun dan pastikan semua katub terpasang dengan baik. Seluruh katub yang terpasang harus kencang agar tidak terjadi kebocoran yang bisa memicu ledakan. Hati0hati selalu karena Anda akan menggunakan alat tekanan tinggi.

Bersihkan spray gun khususnya pada bagian tabung jangan sampai terdapat debu atau kotoran yang dapat menyumbat nosel spray gun. Jika perlu isi dengan air dan coba untuk menyemprotkannya ke udara. Apakah air menyembur dengan baik.

  1. Siapkan bahan

Anda akan mengecat dengan BioColours maka siapkan cat terlebih dahulu. Akan sangat baik Anda menyiapkannya telah dicampur pada wadah plastik yang bersih dan kering. Jika ingin menggunakan BioColours wood stain maka campurkan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Setelah itu Anda bisa mengaduknya hingga benar-benar rata sebelum memasukannya ke dalam tabung semprot.

  1. Gunakan peralatan pengaman
Baca Juga:  Bukan Sekedar Bahan Pelapis Kayu, Wood Filler Ini Juga Bisa Untuk Memperbaiki Cacat

Walaupun Anda akan menggunakan cat kayu water based yang aman, tetap saja peralatan pengaman tubuh harus digunakan. Peralatan pengamanan tubuh ini antara lain adalah masker, sarung tangan dan juga celemek. Masker akan menghindari pernapasan kontak langsung dengan cat sedangkan sarung tangan dan juga celemek akan membuat Anda bersih dan terbebas dari noda cat.

Cara Menggunakan Cat Kayu dengan Alat Semprot yang Benar

Kini semua persiapan untuk mengecat sudah lengkap. Saatnya Anda memulai proses pengecatan menggunakan kompresor dengan langkah-langkah berikut ini.

  1. Atur jarak mengecat

Anda harus memasukan cairan cat kayu ke dalam tabung namun jangan terlalu penuh. Pastikan ketinggian cairan hanya ¾ tabung saja kemudian tutup hingga rapat. Lalu cobalah untuk menyemprotkan cat kayu pada material lain yang tidak digunakan seharusnya pada material yang mirip dengan furniture agar warna yang didapatkan sesuai.

Ini Dia Cara Menggunakan Cat Kayu dengan Kompresor yang TepatAtur tekanan dan juga bukaan cat sehingga pancaran cat sudah sesuai. Kemudian mulailah mengecat pada furniture. Atur terlebih dahulu jarak yang dibutuhkan. Masing-masing furniture dengan bentu berbeda akan membutuhkan jarak yang berbeda pula.

Jika Anda ingin mengecat dengan teratur maka jarak yang dibutuhkan adalah 15 hingga 20 cm. Jarak tersebut adalah jarak standar, jika Anda tidak menggunakan jarak yang teratur tentu ketebalan hasil finishing tidak akan rata.

  1. Sudut penyemprotan

Bagaimana Anda akan menggunakan spray gun dan sudut apakah yang terbaik digunakan? untuk mengecat Anda harus menggunakan posisi sejajar dengan material. Akan sangat efektif apabila Anda menggantungkan material kayu di langit-langit sehingga mengecat sambil berdiri. Sudut 90 derajat adalah sudut yang diperlukan.

Apapun bentuk materialnya Anda harus mengecat dari atas hingga ke bawah dan bukan sebaliknya. Perhatikan serat kayu juga Anda bisa mengecat dengan cross cut yakni saling silang agar pori kayu terisi dengan baik.

  1. Kecepatan Penyemprotan
Baca Juga:  Keunggulan Biopaint Repro Dibanding Merk Lain Untuk Finishing Rotan

Ini Dia Cara Menggunakan Cat Kayu dengan Kompresor yang TepatSudahkah Anda menyesuaikan kecepatan saat menggunakan spray gun? Kecepatan juga akan menghasilkan cat yang tidak terlalu tebal di salah satu sisi. Kecepatan cat akan menghasilkan finishing yang rata, jangan pernah berhenti di salah satu sisi permukaan. Biasanya untuk mengecat Anda bisa menggunakan ukuran 12 feet per detiknya. Ini adalah kecepatan yang normal, terlalu pelan akan menimbulkan tidak rata namun terlalu cepat juga akan mengurangi hasil kilapnya.

  1. Membersihkan spray gun

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah tidak langsung membersihkan spray gun setelah proses pengecatan. Padahal spray gun kotor akan membuat penyumbatan dan merusak spray gun. Membersihkan spray gun adalah dengan air karena Anda menggunakan cat water based.

Buang sisa cat dalam tabung jika tidak ingin menggunakannya kembali. Bersihkan tabung menggunakan air kemudian coba semprotkan air ke udara untuk mendapatkan nozel yang bersih. Ini akan membersihkan secara pasti, segera lap dengan lap kering.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X