Top Coat Kayu Pilihan Bagi Para Woodworker

Cleat Coat Kayu Terbaik Pilihan Bagi Para Woodworker

Salah satu pertanyaan yang paling banyak didengar dalam proses finishing adalah “apakah bahan finishing yang Anda gunakan?” pertanyaan ini mengasumsikan bahwa bahan finishing yang digunakan adalah bahan finishing yang paling baik dan dapat digunakan untuk berbagai macam situasi. Sayangnya tidak ada bahan finishing yang terbaik, yang ada adalah bahan finishing yang digunakan dalam berbagai macam situasi sesuai dengan kualitas yang Anda inginkan.

Ketika Anda sedang memilih bahan finishing ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan sebagai kualitas yang terbaik. Mulai dari hasil tampilan, perlindungan yang diberikan, ketahanan, kemudahan aplikasi, keamanan dari bahan yang digunakan, reversibiltas dan juga, kemudahan untuk dihilangkan.

Dalam pemilihan tersebut Anda harus memperhatikan ketika dalam pemilihan clear coat. Karena clear coat adalah lapisan paling atas pada furniture setelah diaplikasikan. Anda akan rugi jika telah memilih bahan finishing yang tidak memiliki ketujuh syarat tersebut.

Maka untuk memilih bahan finishing yang sesuai dengan kebutuhan maka Anda bisa memilihnya dengan penjelasan ketujuh cara berikut ini:

  • Penampilan

Anda bisa memilih clear coat dengan penampilan yang akan diberikan mulai dari potensi lapisan film yang akan dibentuk, transapransi dan juga warna yang dihasilkan. Yang dimaksud dengan ketahanan adalah lapisan film yang dibangun mulai dari ketebalan yang diciptakan pada permukaan kayu yang akan memberikan banyak efek pada penampilan dari kayu. Sebagai clear coat yang baik maka masalah transparansi akan menjadi salah satu hal yang sangat penting. Semua bahan clear coat kecuapli clear coatwater based memiliki warna misalnya saja seperti sheelac yang akan memberikan kesan hangat dengan warna orange transparan.

  • Perlindungan
Top Coat Kayu Pilihan Bagi Para Woodworker
Menghitung ketebalan dari lapisan film dengan alat.

Perlindungan yang dimaksudkan adalah dapat memberikan perlindungan pada kayu. Sebuah top coay akan melindungi kayu untuk memperl;ambat penyerapan air yang berasal dari kelembaban. Ketahanan terhadap air sangat penting jika Anda ingin melakukan finishing pada table top. Ketahanan terhadap air tergantung dengan ketebalan yang dihasilkan.

  • Ketahanan

Ketahanan sebuah bahan finishing terbagi dalam dua yaitu crosslinking dan non crosslinking bahan finishing. Diantara keduanya, crosslinking finish adalah hal yang paling banyak dibutuhkan dan paling banyak dicari.

  • Memiliki ketahanan terhadap goresan

Kualitas ini adalah yang paling banyak diperlukan. Kualitas ini menjadi yang paling penting dan banyak dicari. Ketahanan ini juga banyak dibutuhkan untuk finishing lantai dan table top.

  • Kemudahan Aplikasi

Pada tahapan ini Anda akan mencoba berbagai macam jenis bahan finishing yang sesuai dengan kebutuhan. Clearcoat akan diaplikasikan pada tahapan terakhir dan harus bisa diaplikasikan dengan kuas dan juga spray. Kecepatan proses finishing atau proses kering menjadi kunci keberhasilan Anda.

  • Keamanan

Bahan finishing tergolong bahan kimia yang harus diperhatikan keamanannya. Keamanan ini mencakup untuk Anda sendiri, keamanan peralatan pada saat aplikasi, dan juga keamanan pada pengguna furniture terlebih pada furniture yang bersentuhan langsung dengan makanan.

  • Reversibilitas
Baca Juga:  Warna untuk Pagar Bambu dari Cat Kayu Biovarnish

Pada bagian ini adalah kemudahan dari bahan finishing untuk dihapus dan juga untuk dihilangkan karena ingin dilakukan proses recoating. Bagian ini berlawanan dengan ketahanan dari cat terhadap air dan cuaca.

Setelah Anda mencari clear coat dengan ketujuh cara di atas maka Anda akan mendapatkan clear coat yang rata-rata banyak digunakan dan memang sesuai dengan kebutuhan dari furniture.

Persiapan Aplikasi Clear Coat Untuk Hasil Maksimal

Anda sudah mengetahui manakah clear coat yang akan digunakan dalam finishing furniture di rumah atau di pekerjaan Anda. Nah dala hal ini ada dua jenis clear coat yang bersaing di pasaran yaitu clear coat water based dan clear coat solvent based. Keduanya dapat Anda bandingkan dan juga melihat hasil manakah yang paling maksimal untuk dipilih.

Jika Anda belum membandingkan disarankan Anda menggunakan clear coat water based. Pemilihan ini bukan tanpa sebab, top cat water based adalah salah satu bahan finishing yang akan memberikan Anda banyak kebutuhan di berbagai macam situasi finishing yang Anda butuhkan. Jika Anda mendapatkan bahan finishing ini maka  tentu Anda akan langsung merasakan berbagai macam kelebihannya.

Ketika Anda sudah memilih tempat untuk melakukan proses finishing maka hal selanjutnya yang penting untuk diperhatikan adalah peralatan yang akan digunakan. Setelah itu adalah apa saja langkah yang harus dilakukan untuk melakukan finishing. Dan salah satu kunci sukses Anda mendapatkan finishing yang halus terdapat pada pemilihan produk dan pengamplasan.

Semua bahan clear coat baik itu solvent atau water based dapat diaplikasikan menggunakan kuas dan juga penyemprotan. Namun adapula clear coat yang hanya akan mendapatkan hasil sempurna dengan cara di semprot saja. Salah satu alasan Anda memilih peralatan finishing tergantung dengan material yang akan difinishing.

Top Coat Kayu Pilihan Bagi Para Woodworker
Macam-macam ukuran kuas.

Kebanyakan woodworker akan menggunakan spray system jika material kayu berukuran besar dan juga luas. Sedangkan untuk bidang kayu yang berukuran kecil pilihan alat kuas akan menjadi lebih efektif. Pemilihan kuas untuk finishing water based bukan menggunakan kuas dengan harga mahal. Namun Anda bisa memilih kuas dengan terbuat dari nylon dibandingkan dengan kuas yang bulunya terbuat dari bahan natural.

Kuas yang terbuat dari bahan natural akan menyerap air sehingga pada saat aplikasi Anda akan mendapatkan berbagai macam kekurangan seperti brush mark. Sedangkan untuk penggunaan dengan spray gun lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan aplikasi kuas. Dengan menggunakan spray gun Anda tidak perlu khawatir akan lapisan coating sebelumnya terangkat atau juga adanya gelembung udara yang muncul setelah apikasi. Yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan spray gun adalah memastikan turbin memiliki filter angin yang selalu bersih agar tidak tersembat dan merusak peralatan.

Baca Juga:  Waspadai Bahaya Cat Kayu Transparan Untuk Pintu Yang Mengandung Formaldehyde

Selain memastikan bahwa alat yang Anda gunakan sudah tepat sesuai dengan amterial, Anda juga harus memastikan bahwa memiliki viskositas yang tepat akan membantu Anda mendapatkan hasil lapisan akhir yang paling baik. Viskositas adalah seberapa kental atau tipis cairan yang Anda ciptakan dari campuran clear coat dan air. Di sisi lain, viskiostas adalah ukuran dari seberapa banyak molekul yang akan menempel pada permukaan kayu.

Viskositas yang tepat akan mempermudah molekul untuk menyatu satu sama lain. Namun viskositas ini akan menjadi penting apabila Anda mengaplikasikan menggunakan spray system. Untuk mendapatkan viskositas yang tepat Anda membutuhkan peralatan laboratorium. Biasanya cara ini dilakukan oleh banyak industri finishing, namun sebagai woodworker Anda harus mengetahuinya. Dalam kaleng cat pasti terdapat berapa ukuran viskositas yang terbaik untuk diaplikasikan.

Selanjutnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam aplikasi clear coat Anda harus memahami proses pengamplasan. Proses pengamplasan yang dilakukan akan bergantung dengan sebarapa banyak lapisan cat yang telah Anda aplikasikan.

Ada dua alasan yang sangat penting mengapa Anda harus melakukan proses pengamplasan yaitu untuk menghilangkan permukaan yang tidak rata akibat adanya debu, gelembung udara dan juga brush mark. Pada tahapan ini khususnya pada clear coat Anda bisa menggunakan amplas aluminium oxide no. 320.

Alasan kedua adalah untuk menciptakan lapisan yang kuat antara lapisan coating. Hal ini dibutuhkan untuk lapisan coating di bawah clear coat. Seperti misalnya wood stain dan juga sanding sealer dan lapisan clear coat yang pertama.

Merk Clear Coat Berkualitas Terbaik untuk Digunakan Woodworker

Top Coat Kayu Pilihan Bagi Para Woodworker

Clear coat atau clear coat adalah lapisan transparan yang harus dipilih secara cermat. Dengan cara pemilihan di atas serta persiapan alat yang tepat proses finishing bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Lalu apakah produk terbaik yang sebaiknya digunakan?

Baik itu Anda seorang woodworker kawakan atau pemula bisa menggunakan Biovarnish sebagai produk cat yang berkualitas. Biovarnish clear coat yang termasuk produk cat transparan menjadi bahan finishing yang paling dicari bahkan untuk sekelas produk furniture ekspor. 

Jadi Anda tidak perlu ragu lagi akan kualitasnya. Sebagai clear coat berkualitas, merk Biovarnish bisa memberikan banyak keuntungan sebagai berikut ini:

  • Warna transparan yang tahan lama

Biovarnish clear coat adalah produk cat kayu yang transparan, warna transparansinya didapatkan berkat bahan pelarutnya adalah air. Warna juga bisa bertahan lebih lama karena tidak ada kandungan formalin yang terlalu tinggi. Transparansi ini sangat dibutuhkan untuk memperlihatkan kesan natural pada kayu. 

Baca Juga:  Tips Memilih Plitur Kayu Jati

Anda bisa menggunakan clear coat ini langsung di atas lapisan sanding sealer atau wood stain. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan tampilan warna natural atau transparan kayu. Sehingga kesan alami bisa didapatkan dengan tahan lama. 

  • Mudah untuk diaplikasikan dengan kuas

Tidak selamanya untuk mendapatkan hasil halu Anda wajib menggunakan alat semprot spray gun. Anda bisa menggunakan produk Biovarnish dengan kuas dan hasilnya pun dijamin lebih halus. Anda tidak perlu takut akan hasil akhir yang kasar karena sapuan kuas sangat halus. 

Hal ini juga berkat bahan pelarut air yang memudahkan bahan clear coat untuk diencerkan dan mudah diaplikasikan. Bahkan Anda tidak perlu khawatir soal cat yang sagging atau menetes. 

  • Tidak menimbulkan bau menyengat

Keamanan harus menjadi hal yang paling penting bagi woodworker karena tanpa adanya coating yang aman dan tidak berbau kesehatan tubuh bisa terancam. Hal ini terbukti dengan adanya coating yang berbau dan bisa menimbulkan efek batuk bahkan pusing. Ada banyak masalah jangka panjang yang bisa diakibatkan hanya dari cat yang menimbulkan bau. 

Aroma menyengat inilah yang menjadi masalah karena mengandung logam berat atau bahan organik yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Anda pastinya harus menjaga kesehatan bukan? 

  • Lebih hemat dengan air

Kelebihan dari bahan pelarut air bukan hanya sekedar soal tidak berbau saja tetapi juga lebih hemat. Jika biasanya Anda harus membeli thiner dan biaya jadi lebih membengkak untuk finishing, kini tidak lagi. Air adalah bahan pelarut yang mudah untuk didapatkan dan harganya pun lebih murah. 

Jenis air yang dibutuhkan adalah air dengan pH netral yaitu 7 dan bukan air asam. Air juga akan mempercepat pelarutan bahan serta mempermudah proses aplikasi. 

  • Memiliki lapisan keras tapi fleksibel

Apa yang paling dibutuhkan oleh kayu adalah coating yang keras tetapi juga fleksibel. Hal ini mengingat sifat dari kayu yang sangat mudah memuai dan menyusut. Karena cuaca yang panas, coating bisa memuai sedangkan saat cuaca dingin kayu akan lebih cepat menyusut. Perubahan bentuk yang tidak disadari inilah yang menjadi alasan untuk coating rusak. 

Untungnya Biovarnish clear coat adalah produk cat yang akan menciptakan lapisan lentur. Sehingga jika kayu terkena perubahan cuaca apapun, lapisan coating akan tetap menutup tidak mudah retak apalagi mengelupas. 

Jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing dengan cepat atau mendapatkan masalah untuk proses finsihiong maka langsung saja datang ke alamat Jalan Sidikan no. 94 Sorosutan Yogyakarta.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X