Finishing Garden Furniture Menggunakan Water Based Wood Coating

Finishing garden furniture bisa dilakukan dengan menggunakan water based wood coating system.

Finishing Garden FurnitureFinishing garden furniture bisa dilakukan dengan berbagai macam teknik. Ada banyak faktor yang melatari dipilihnya suatu teknik, namun yang paling banyak mempengaruhi adalah standar finishing yang ditetapkan masing-masing produsen. Standar finishing tersebut akan mempengaruhi teknik, tahapan dan jenis produk yang digunakan.

Ada beragam produk wood coating yang berbasis water based, di antaranya adalah produk water based Bio Industries. Untuk lebih memahami proses finishing garden furniture menggunakan water based wood coating, pembahasan ini akan menggunakan contoh produk water based wood coating dari Bio Industries. Teknik aplikasi berikut menggunakan bahan coating ramah lingkungan dari Bio Industries untuk mendapatkan hasil finishing kayu yang terlihat natural.

Finishing garden furniture menggunakan Biocolours® water based wood coating spray system dari Bio Industries ini bisa diaplikasikan untuk furniture outdoor maupun indoor. Proses finishing ini berfungsi untuk menyeragamkan warna kayu sesuai warna yang diinginkan serta memberikan perlindungan pada kayu.

Material finishing yang digunakan adalah Sanding Sealer S 401 Z, Biocolours WSO GardenaTeak Water dan Top Coat FA 714 Death Matt Water. Sebelum proses finishing dilakukan, siapkan terlebih dahulu media kayu dan pastikan kayu dalam kondisi kering sempurna (MC ≤ 12%). Bersihkan kayu dari kotoran, debu dan minyak yang bisa mengganggu proses penetrasi bahan coating. Amplas permukaan kayu searah serat sampai benar-benar halus dan rata.

Aplikasi Sanding Sealer

Aplikasikan Biocolours® Sanding Sealer S401z untuk menutup pori dan cacat pada media kayu serta memotong bulu kayu. Tambahkan air bersih dengan perbandingan 1:2, aduk perlahan-lahan hingga homogen. Semprotkan larutan tersebut ke permukaan kayu. Aduk larutan sebelum dan selama proses aplikasi.

Baca Juga:  Warna Transparan Kayu untuk Finishing Palet Rak Dapur

Tunggu hingga kering, kira-kira 1 jam, kemudian lakukan pengamplasan searah serat pada seluruh lapisan film sanding sealer hingga rata dan halus. Ulangi proses aplikasi sanding sealer dan pengamplasan 2-3 kali untuk memperoleh hasil yang lebih close pore.

Biocolours® WSO

Finishing Garden Furniture
Contoh Hasil Finishing WSO Gardena Teak Finish Bio Industries

Aplikasikan Biocolours® WSO Gardena Teak Water untuk memperoleh warna yang diinginkan. Jika dirasa perlu tambahkan air bersih dengan rasio 1:1 untuk menurunkan kepekatan warna. Aplikasikan larutan ini menggunakan sistem spray dan tunggu hingga kering, kira-kira 30 menit. Tidak disarankan untuk dijemur langsung menggunakan matahari.

Top Coat

Untuk tahapan aplikasi top coat menggunakan Biocolours® Top Coat FA 714 Death Matt Water untuk melapisi, melindungi sekaligus memberikan efek tampilan akhir death matt. Tambahkan air bersih dengan rasio 2:1. Aduk pelan sampai tercampur rata. Aplikasikan larutan tersebut menggunakan spray hingga dihasilkan tampilan yang halus dan rata. Biarkan mengering pada suhu kamar, kira-kira 20 menit untuk kering sentuh. Untuk kering packing, biarkan selama 24 jam.

Untuk kering full curing, biarkan selama 7×24 jam. Sebelum kering sentuh tidak disarankan untuk melakukan penjemuran atau dikeringkan dengan oven pada suhu di atas 32C. Penjemuran atau oven dapat dilakukan setelah proses kering sentuh. Demikianlah proses aplikasi finishing garden furniture menggunakan water based wood coating dari Bio Industries. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X