Bagaimana Memanfaatkan Meja Belajar Kayu Bekas?

Bagaimana Memanfaatkan Meja Belajar Kayu Bekas?

Apakah Anda memiliki meja belajar kayu yang sudah tidak digunakan anak lagi? Pertumbuhan anak yang cepat membuat banyak furniture akan segera tidak dapat digunakan kembali. Tinggi anak tidak cocok lagi dengan meja belajar yang rendah. Tidak hanya itu saja namun model dari meja belajar yang sudah tidak trend lagi akan membuat anak Anda menjadi bosan.

Lalu apa yang akan Anda lakukan dengan meja belajar tersebut? Apakah Anda akan membuangnya beitu saja? Jika Anda tidak ingin menggunakannya kembali maka hanya perlu beberapa polesan saja yang perlu dilakukan. Anda tidak perlu membuangnya terlebih jika meja tersebut terbuat dari kayu.

Meja belajar kayu lebih mudah untuk direnovas menjadi suatu furniture baru lainnya atau bisa Anda sumbangkan pada orang lain. Namun sebelumnya Anda perlu mengetahui fungsi baru apa yang bisa didapatkan dari meja belajar tersebut.

Bagaimana Memanfaatkan Meja Belajar Kayu Bekas?Tergantung dari bentuk dan desainnya apakah meja masih layak pakai atau tidak. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai untuk mengubah beberapa bagian meja belajar yakni sebagai berikut ini:

  1. Apakah konstruksi masih kokoh?

Lihat bagian konstruksinya, kebanyakan meja belajar anak sudah tidak memiliki bagian siku yang kuat kembali. Beberapa pasti sudah mulai rusak. Asalkan meja masih bisa diperbaiki atau tidak habis dimakan rayap, meja masih bisa digunakan kembali. Pastikan Anda telah menandai bagian yang mulai rusak karena Anda harus memperbaikinya terlebih dahulu.

  1. Bagaimana dengan model atau desainnya?

Apa yang menarik dari bagian meja belajar tersebut? Apakah desainnya unik? Jika desainnya biasa saja Anda bisa memasukannya sebagai gaya minimalis. Namun jika ada beberapa banyak detil tambahan mungkin saja Anda bisa menghilangkannya kembali agar lebih cocok dengan desain baru atau tempat di mana ia akan diletakkan nantinya.

  1. Bagaimana dengan warnanya?
Baca Juga:  Menggunakan Chalk Paint dengan Teknik Distress Dua Warna

Apakah Anda akan mempertahankan warna dari meja belajar lama dan memberikan sedikit polesan atau Anda justru akan menggantinya? Warna dari meja belajar perlu dipertimbangkan dan disesuaikan dengan fungsi barunya. Jika furniture tidak memiliki warna yang mencolok seperti kuning atau merah bahkan campuran warna tersebut Anda mungkin tidak perlu mengecat ulang kembali.

  1. Bagaimana dengan ketinggiannya?

Kemungkinan besar Anda akan menyesuaikan ketinggian fungsi baru meja belajar. Pastikan jika meja masih memiliki ukuran yang lebih tinggi. Dengan begitu Anda akan lebih mudah memotong kakinya dan menggunakannya sebagai fungsi yang baru. Daripada Anda harus menambahkan kaki untuk fungsi pada ukuran yang lebih tinggi.

Kreasi Furniture dari Meja Belajar Kayu Bekas

Jika Anda sudah menyeleksi meja belajar kayu yang lama maka kini tugas berlanjut pada apakah desain atau bentuk meja belajar apakah yang ingin Anda buat? Apakah Anda ingin benar-benar mendapatkan fungsi baru atau hanya ingin menjadikannya sebagai meja belajar kembali? Keputusan ada di tangan Anda namun berikut ini beberapa kreasi yang bisa Anda pilih;

  1. Meja samping sofa

Bagaimana Memanfaatkan Meja Belajar Kayu Bekas?Anda belum memiliki meja samping yang ada di sofa? Jika selama ini Anda hanya memanfaatkan coffee table maka Anda bisa menambahkan meja samping dari meja belajar kayu bekas. Anda tidak perlu membeli meja samping baru dan cukup menggunakan meja belajar lama.Tinggi dari meja belajar rata-rata sama dengan tinggi sofa sehingga tidak perlu banyak perubahan yang dilakukan.

Meja samping ini bisa Anda gunakan untuk meletakan lampu duduk atau telepon bahkan beberapa tempat snack. Meja samping sofa lebih praktis dibandingkan dengan coffee table yang bisa mengganggu pandangan Anda ke depan tv.

  1. Nacas
Baca Juga:  Bioduco Chalk Paint : Tanpa Amplas Mengecat jadi Lebih Mudah

Jika sebelumnya Anda menggunakannya sebagai meja sampin sofa Anda bisa menggunakannya sebagai nacas atau meja samping tempat tidur. Jika Anda memiliki konsep tempat tidur lesehan maka meja belajar lama bisa diolah menjadi meja samping tempat tidur.

Tinggi dari meja belajar kayu bisa dipotong sedikit dan disesuaikan dengan ketinggian nyaman dari tempat tidur. Anda mungkin perlu menghilangkan beberapa bagian pada meja seperti hiasan. Namun jika terdapat laci pada meja Anda tetap bisa membiarkannya.

  1. Meja sudut

Jika di rumah Anda memiliki beberapa sudut kosong, maka tempatkanlah meja belajar yang telah dipotong dan disesuaikan dengan sudut ruangan. Mungkin Anda cukup menambahkannya dengan satu kaki sehingga cukup kuat untuk menopang bagian atas meja.

Ada banyak fungsu yang dapat diberikan oleh meja sudut seperti tempat penyimpanan buku, tempat vas bunga atau sebagai tempat peralatan penting lainnya.

  1. Meja teras

Anda yag suka duduk di teras bisa menambahkan meja belajar kay sebagai pengganti meja teras yang telah usang. Jika Anda memiliki kursi teras yang santai dan lebih rendah maka meja akan memiliki ketinggian yang seimbang untuk digunakan.  Meja hanya perlu dicat ulang dan peletakan yang tepat akan membuat teras Anda lebih nyaman.

  1. Meja tempat penyimpanan perkakas

Jika Anda membutuhkan meja untuk tempat penyimpanan perkakas, Anda bisa memanfaatkan meja belajar anak tersebut. Meja anak perlu beberapa perombakan dan juga membutuhkan tmbahan laci untuk tempat penyimpanan. Jika Anda menggunakannya dengan desain yang tepat maka mendapatkan tempat untuk menyimpan yang bagus.

Bahan Finishing apa yang Cocok Digunakan?

Jika melihat bahan finishing yang cocok digunakan untuk penggunaan kembali meja belajar pasti Anda akan menemukan ratusan merek di pasaran. Namun salahs atu merk terpercaya yang perlu digunakan tidak lain adalah BioColours.

Baca Juga:  Beralihlah ke Harga Pemutih Kayu Ramah Lingkungan WA 250 Yang Lebih Terjangkau

Apabila Anda ingin melapisi dengan warna solid Anda bisa menggunakan BioColours Bioduco. Namun jika Anda memilih finishing warna natural sebaiknya pilih BioColours wood stan yang sedia memberikan warna natural.

Pengecatan ulang tentu saja sangat disarankan agar fungsi baru dari furniture akan tampak baru. Jika Anda ingin memberikan kesan usang Anda cuku memilih teknik rustic pada finishingnya. Teknik rustic ini kini banyak diminati karena memberikan kesan artistik terutama jika Anda ingin menggunakannya sebagai meja samping.

Teknik rustic manual ini cukup menggunakan sikat kawat yang digosokan pada permukaan kayu yang telah dibersihkan dari lapisan cat lama. Kemudian Anda perlu sedikit mengamplas untuk mendapatkan permukaan rata sedikit.

Untuk mendapatkan dasaran Anda perlu menggunakan BioColors wood stain warna sesuai warna kayu. Kemudian setelah aplikasi kering dan amplas Anda bisa menggunakan Glaze black atau Glaze brown  cukup dioleskan dengan kuas dan hapus menggunakan kain kering. Anda akan melihat Glaze terserap pada goresan kayu yang dibuat oleh sikat kawat.

Terakhir tutup dengan BioColours top coat sebagai lapisan akhir. Glaze akan mengering jika sudah dilapisi cat di atasnya. Selanjutnya Anda cukup menunggu bahan kering selama 24 jam dan bisa menggunakannya.

Hasil rustic sempurna tergantung bagaimana Anda membuat goresan. Pastikan Anda menyikat searah serat kayu agar goresan tampak alami.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X