cat antik

3 Tampilan Antik Meja Kayu Ternyata Mudah Diciptakan Sendiri

Meja kayu adalah sebuah benda yang paling banyak diproduksi oleh para DIY. Kemajuan para DIY saat ini bahkan melebihi pengrajin kayu. Soal alat DIY pun mampu bersaing, hal ini dikarenakan kepuasan yang terbaik dari produk yang dihasilkan menjadi tujuan utamanya. Meja kayu menjadi bentuk olahan kayu yang paling mudah dibuat. 

Mengecat meja atau furniture yang telah diproduksi sendiri adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Walaupun bagi beberapa orang mengecat menjadi bagian yang cukup melelahkan. Alasannya adalah seringkali cat yang dibeli tidak menghasilkan warna yang memuaskan. 

Saat ini sudah banyak sekali DIY di rumah yang mengecat produk buatan mereka dengan berbagai macam teknik. Sayangnya produk yang digunakan justru mengecewakan dari segi warna hingga ketahanannya. Cat yang sudah mengering seringkali mudah mengelupas atau bahkan warna yang dihasilkan berbeda. 

Bagaimana solusinya? Padahal Anda sudah bersusah payah membuat meja kayu jati yang apik. Jangan sia-siakan meja yang telah Anda buat hanya karena menggunakan cat yang buruk. Jika Anda bisa memilih produk yang tepat justru tampilan antik bisa didapatkan. 

Produk Terbaik untuk Mengecat Tampilan Antik

Apakah produk yang sebaiknya digunakan untuk mengecat meja agar tampilannya berubah antik? Tampilan antik susah-susah gampang untuk dibuat. Anda pun harus memilih produk terbaik yang tahan lama. Kesan antik membutuhkan peranan glaze baik itu tampilan yang memiliki warna chalk paint atau natural. 

Produk yang sebaiknya digunakan adalah berbasis air. Alasannya adalah glaze berbasis air lebih mudah dibersihkan untuk menghasilkan kesan antik. Cukup menggunakan lap kering setelah glaze diaplikasikan sepenuhnya dengan kuas. Di antara glaze water based, produk Biovarnish adalah yang paling banyak direkomendasikan. 

Selain mudah untuk diaplikasikan dan memberikan kesan antik, Biovarnish glaze juga ramah lingkungan. Bahan dasar air lah yang membuatnya tidak memiliki kandungan logam berat. Anda bisa memberikan serat kayu terkesan antik dengan warna terang maupun gelap. 

Baca Juga:  Orange Peel, Kesalahan Mengecat dengan Sistem Spray

Jika dilihat dari proses aplikasinya, glaze perlu diaplikasikan di atas base coat seperti sanding sealer, wood stain atau chalk paint. Fungsinya pertama agar kayu memiliki warna yang lebih tajam dan kedua agar glaze bisa tampil lebih jelas. Glaze juga akan mengering setelah diaplikasikan pernis atau top coat di atasnya. 

Tiga Tampilan Meja Kayu Antik dengan Biovarnish Glaze

Memiliki meja kayu dengan tampilan antik bukan berarti Anda hanya bisa menggunakannya pada ruangan berdekorasi lawasan. Kesan antik juga bisa diwujudkan pada meja kayu minimalis di ruang tamu. Kesan antik akan membuat ruangan menjadi lebih menarik dan unik. Bagaimana cara menciptakan meja kayu yang berkesan antik? 

Jika Anda menggunakan Biovarnish Glaze setidaknya ada beberapa tampilan antik yang bisa didapatkan. Masing-masing tampilan antik ini juga membutuhkan bantuan dari produk lain seperti chalk paint dan stain. Penasaran bagaimana cara menggunakannya? Ikuti cara-caranya berikut ini. 

Tampilan Antik Meja Kayu dengan Bioduco Chalk Paint

Chalk paint pertama yang ada di Indonesia adalah Bioduco. Warna-warna pastel yang dihadirkan akan mengubah tampilan meja kayu terlihat vintage. Kesan antik yang didapatkan bisa Anda dapatkan ini disesuaikan dengan warna dasarnya. Misalnya Anda bisa menggunakan warna hijau dengan glaze brown. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut ini:

  1. Bioduco chalk paint
  2. Bioduco top coat
  3. Biovarnish glaze brown
  4. Air
  5. Amplas nomor 180 dan 320
  6. Kain lap kering
  7. Kuas berbulu nilon

Cara mengaplikasikan :

  • Siapkan meja yang hendak di finishing dan bersihkan dari debu serta kotoran. 
  • Larutkan Bioduco chalk paint dengan sedikit air kemudian kuaskan ke permukaan meja. Tunggu kering dan amplas permukaannya dengan amplas nomor 180. Kemudian amplas lagi dengan amplas 320.
  • Larutkan Bioduco top coat dengan air dan aplikasikan pada permukaan meja yang sudah selesai dibersihkan dari debu amplas. 
  • Larutkan Biovarnish glaze dengan sedikit air kemudian kuaskan ke permukaan kayu dan tunggu kering 5 menit saja. Baru lap dengan kain ke satu arah sehingga tersisa glaze di serat kayu. 
  • Glaze bisa langsung ditumpuk dengan lapisan Bioduco top coat matte yang sudah dicampur dengan air sebelumnya. 
  • Tunggu meja mengering secara sempurna selama 24 jam. 
Baca Juga:  Kebutuhan Silica Gel Natural Meningkat!

Tampilan Antik Meja Kayu dengan Teknik Black Wash

Kesan antik yang didapatkan dari blackwash ini biasanya dilakukan untuk tampilan rustic. Namun Anda juga bisa membuatnya untuk tampilan antik. Nah untuk aplikasinya Anda perlu produk dari Biovarnish seperti liquid stain dan clear coat sebagai lapisan medium. Warna yang didapatkan pada serat adalah hitam efek dari glaze. 

Untuk membuatnya Anda perlu menyiapkan bahan dan alat berikut:

  1. Biovarnish liquid stain warna walnut brown
  2. Biovarnish clear coat matte
  3. Biovarnish glaze black
  4. Air
  5. Amplas nomor 240 dan 400
  6. Kain lap kering
  7. Kuas berbulu nilon

Cara mengaplikasikannya:

  • Pastikan dahulu meja kayu memiliki permukaan yang halus dan bebas debu. Anda bisa mengamplas ulang dengan amplas nomor 240. Jangan lupa bersihkan debu amplasnya. 
  • Campurkan Biovarnish liquid stain dengan sedikit air kemudian kuaskan ke permukaan meja tipis saja. Lakukan searah dengan serat kayu kemudian tunggu kering. Baru amplas ambang dengan amplas nomor 400.
  • Larutkan Biovarnish clear coat dengan air kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu dengan halus. Ikuti arah serat, tunggu clear coat mengering dan tidak perlu di amplas. 
  • Larutkan Biovarnish glaze black dengan sedikit air kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu merata. Tunggu kering 5 menit dan lap searah serat kayu agar tertinggal di bagian dalam serat.
  • Lapisi ulang dengan Biovarnish clear coat kemudian biarkan meja kering selama semalaman. 

Tampilan Antik Meja Kayu dengan White Wash

Pada gaya vintage finishing antik yang bersaing bukan hanya black wash tetapi juga white wash. Anda hanya perlu mengganti glaze black menjadi warna putih. Kesan ini selain antik juga memperlihatkan kesan recycle. Tertarik untuk menggunakan tampilan ini? Anda hanya perlu menggunakan Biovarnish sanding sealer, liquid stain dan clear coat saja. 

Baca Juga:  Agen Bahan Pemutih Kayu WA 250 Untuk Garden Furniture

Berikut ini bahan dan alat yang harus Anda persiapkan. 

  1. Biovarnish liquid stain warna walnut brown
  2. Biovarnish sanding sealer
  3. Biovarnish clear coat matte
  4. Biovarnish glaze white
  5. Air
  6. Amplas nomor 400
  7. Kain lap kering
  8. Kuas berbulu nilon

Cara mengaplikasikan :

  • Siapkan meja kayu yang sudah selesai di amplas dan dibersihkan dari debu. 
  • Larutkan Biovarnish sanding sealer dengan air kemudian kuaskan searah dengan serat kayu. Diamkan hingga kering dan amplas dengan amplas 400.
  • Larutkan Biovarnish liquid stain dengan air kemudian kuaskan cat searah serat. Lapisan ini hanya tipis saja sehingga akan cepat kering. Selesai kering amplas. 
  • Aplikasikan kembali sanding sealer dengan cara yang sama. 
  • Larutkan Biovarnish glaze white dengan air kemudian kuaskan searah serat. Tunggu lima menit dan sapu dengan kain. 
  • Larutkan Biovarnish clear coat dengan air dan aplikasikan di atas glaze langsung. Diamkan hingga meja kering selama 24 jam. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X