Pentingnya Penggunaan Cat Kayu Besi Terbaik

Pentingnya Penggunaan Cat Kayu Besi Terbaik

Melakukan finishing pada material kayu dan besi memang tidak bisa sembarangan. Banyak hal yang harus dipertimbangkan mulai dari pemilihan produk, cara aplikasi dan juga besar material yang akan difinishing sehingga dapat memperkirakan banyak produk cat yang dibutuhkan. Bagi Anda para pemula atau para penghobi kayu pasti sudah sering menemukan berbagai macam masalah finishing yang mungkin belum bisa Anda atasi hingga sekarang.

Pentingnya Penggunaan Cat Kayu Besi Terbaik

Misalnya saja Anda ingin melakukan finishing pada pagar rumah. Tentu saja untuk pagar Anda menginginkan hasil yang rata dan halus. Tetapi pada kenyataannya hasil finishing menggelembung dan warna yang tidak rata. Apakah solusinya? Dan apakah penyebabnya? Dalam hal ini Anda perlu mempelajari penyebab hasil finishing menggelembung terlebih dahulu kemudian baru bisa mencari solusi yang tepat.

Sering melakukan percobaan kemudian menemukan solusinya adalah jalan yang terbaik tetapi pasti akan memakan waktu. Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan berbagai masalah yang sering muncul apabila melakukan finishing yang salah berikut dengan solusinya. Silahkan baca artikel ini sampai selesai.

6 Masalah Yang Sering Timbul Dari Cat Kayu Besi Berkualitas Rendah

  1. Daya tutup kurang

Pentingnya Penggunaan Cat Kayu Besi Terbaik

Masalah pertama ini adalah ketika cat kering masih muncul tampilan transparan atau warna yang tidak merata. Masalah ini timbul karena menggunakan produk cat dengan kualitas yang rendah, alat cat yang tidak berkualitas, dan terlalu banyak bahan pelarut.

  1. Mud Cracking

Pentingnya Penggunaan Cat Kayu Besi Terbaik

Masalah mud cracking ini sering dijumpai apabila pengecetan dilakukan terlale kental dan juga tebal. Bahkan mungkin Anda tidak menggunakan bahan pelarut karena ingin mendapatkan hasil warna yang tajam dalam dua atau tiga kali oles. Padahal malah akan menimbulkan retak pada bagian lapisan cat kering yang sama seperti lumpur kering.

  1. Daya Rekat Rendah Pada Logam

Pentingnya Penggunaan Cat Kayu Besi Terbaik

Pengelupasan pada lapisan cat yang melapisi logam (galvanis). Logam adalah benda yang memiliki kandungan atau lapisan bahan melindungi dari timbulnya karat. Lapisan ini akan mengurangi kerekatan dari cat. Maka jika menggunakan cat murah dan berkualitas buruk maka pengelupasan akan terjadi.

  1. Warna Cat Tidak Menyatu

Anda sering mendapatkan hasil warna yang kurang sempurna setelah kering? Warna kurang sempurna ini memperlihatkan warna tidak menyatu dan mengambang. Warna yang tidak menyatu ini biasanya disebabkan oleh pengadukan bahan cat dan pelarutnya yang tidak rata.

  1. Permukaan berbintik

Pentingnya Penggunaan Cat Kayu Besi Terbaik

Permukaan berbintik ini terjadi karena dua hal yang pertama adalah adanya gelembung udara dan kedua adalah banyaknya debu dan kotoran yang masuk ke dalam cat pada saat diaduk. Permukaan akan memiliki tekstur tidka rata dan halus. Teknik pengecatan yang tidak bagus akan menimbulkan gelembung udara terlebih ketika diaplikasikan dengan spray system. Kotoran yang masuk ke dalam cat tidak hanya debu saja tetapi lapisan kering cat yang menempel pada dinding tempat cat ikut teraduk. Kualitas cat yang digunakan juga mempengaruhi hasil gelembung tersebut.

  1. Muncul lubang jarum pada permukaan
Baca Juga:  Jual Cat Dasar Kayu Cepat Kering Biocolours Yang Terbaik Hasil Catnya

Sering muncul lubang (pinhole) setelah cat diaplikasikan? Masalah ini sering muncul jika teknik finishingnya menggunakan spray system. Biasanya pada saat penyemrotan tekanan angin lebih besar dengan jarak penyemprotan yang dekat dan penggunaan bahan pelarut tidak sesuai.

Cara Mengatasi Furniture Yang Telah Menggunakan Cat Kayu Besi Berkualitas Rendah

Jika 6 permasalahan tersbut muncul pada saat Anda pertama kali finishing tidak perlu khawatir, karena Anda bisa memperbaiki ulang dan dipastikan harus menggunakan produk cat yang berkualitas. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan dapat lakukan untuk mengatasi furniture yang sudah diaplikasikan cat berkualitas renda. Berikut ulasannnya:

  1. Melakukan full re-coating

Pentingnya Penggunaan Cat Kayu Besi TerbaikJika tampilan dari furniture sudah tidak layak seperti mud cracking, cat yang mengelupas pada logam, serta daya tutup cat yang kurang maka Anda cukup melakukan re-coating. Anda bisa menghilangkan lapisan cat yang lama dengan menggunakan amplas. Jika sudah selesai maka Anda bisa mengecat ulang dengan cat kayu besi terbaik.

  1. Memilih alat finishing yang tepat

Sebelum Anda melakukan finishing sebaiknya gunakan alat yang familiar. Jika tidak Anda bisa mencoba terlebih dahulu pada media lain sebelum melakukannya langsung. Terlebih lagi jika Anda menggunakan cara aplikasi dengan spray system. Selalu pastikan jarak antara media tepat sekitar 30 cm, tekanan angin tepat dan bukaan cat sesuai.

  1. Re-coating sebagian

Pentingnya Penggunaan Cat Kayu Besi Terbaik

Anda juga bisa melakukan re-coating sebagian saja (cukup pada bagian yang rusak). Proses ini dapat dilakukan seperti pada masalah pinhole, permukaan berbintik dan warna cat yang tidak menyatu. Amplas pada permukaan kayu yang cacat saja kemudian cat ulang dengan teknik yang benar.

  1. Memilih produk yang berkualitas

Bahan finishing adalah tumpuan dari hasil tampilan furniture. Apabila tidak menggunakan cat yang berkualitas maka hasilnya cat tidak akan memuaskan. Produk yang berkualitas memiliki ciri-ciri mudah diaplikasikan baik dengan kuas maupun dengan spray, dapat diaplikasikan pada furniture indoor maupun outdoor, mudah diaduk (tidak mengendap), mudah diamplas, memiliki kandungan anti jamur, anti serangga dan tahan perubahan cuaca. Cat juga memiliki daya sebar luas yang baik.

Baca Juga:  Bukan Sekedar Bahan Pelapis Kayu, Wood Filler Ini Juga Bisa Untuk Memperbaiki Cacat

Jenis Cat Kayu Besi Terbaik Untuk Finishing

Melihat dari berbagai macam masalah yang ditimbulkan akibat salah finishing rata-rata adalah penggunaan bahan finishing yang buruk. Pemilihan bahan finishing yang tepat saat ini menjadi pilihan yang penting terlebih lagi apabila Anda adalah seorang pemula dan penghobi. Cat yang paling banyak digunakan saat ini adalah cat kayu besi water based dengan merk cat enamel Orchid.

Cat Kayu Besi Water Based Orchid Kelas DuniaKeunggulannya dibandingkan dengan produk lainnya adalah pilihan 24 warna yang tajam dan hanya digunakan sekali aplikasi saja. Dalam satu aplikasi saja, cat kayu besi Orchid akan memberikan penampilan semi gloss dengan tingkat glossy mencapai 60 persen. Untuk cara aplikasinya adalah dengan kuas. Aplikasi kuas dan tarikan kuas ringan tidak akan Anda dapatkan dari produk lainnya.

Masalah yang sering didapatkan seperti yang telah dijabarkan di atas akan terhindarkan. Produk ini memiliki formula yang disesuaikan untuk kebutuhan Anda. Ketika pengadukan dengan bahan pelarut tidak akan timbul pengendapan. Daya sebarnya yang luas dan rata tidak akan menimbulkan masalah warna yang tidak rata maupun daya tutup yang kurang.

Cat yang bahan pelarutnya adalah air ini tidak memiliki kandungan bahan kimia berbahaya seperti formalin, timbal,merkuri dan toluene. Bahan kimia tersebut akan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti kanker. Tidak ada kandungan bahan kimia berbahaya adalah karena pembuatan cat kayu besi Orchid sesuai dengan standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan US EPA (United States Enviromental Protection Agency).

Cat yang sesuai dengan ECHA dan US EPA telah dilakukan uji coba di laboratorium untuk membuktikan bahwa cat tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang mengancam kesehatan manusia dan lingkungan hidup.

Cara Menggunakan Cat Kayu Besi Orchid yang Terbaik

Menggunakan cat kayu dengan kualitas terbaik akan berpengaruh besar terhadap hasil finishing. Semua masalah finishing seperti yang telah dijelaskan di atas tentu tidak akan mempengaruhi ketahanan furniture. 

Furniture kayu besi di rumah bisa tampak apik sepanjang waktu. Bahkan perawatannya pun tidak terlalu sulit. Cukup membersihkan furniture secara rutin. Inilah yang akan Anda dapatkan jika menggunakan cat kayu besi Orchid. 

Sebagai produk yang berkualitas dan terbaik, cat Orchid mampu memberikan ketahanan dan warna menarik. Cara mengaplikasikannya pun sangat mudah, sehingga siapa saja khususnya pemula tidak perlu takut hasilnya tidak sempurna. 

Cukup dengan modal kuas dan air, proses pengecatan sudah bisa dilakukan. Bahkan karena waktu keringnya yang cepat dan tanpa bantuan panas matahari, Anda bisa mengecat di saat musim hujan. 

Baca Juga:  Pabrik Cat Kayu Jati BioVarnish Mudah Kering

Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik dalam menggunakan cat Orchid. 

  • Mempersiapkan Besi dan Kayu

Apapun yang hendak difinishing, medianya harus masuk ke tahapan pengamplasan terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan jenis amplas yang sama untuk kayu atau besi yaitu amplas aluminium oxide. Tujuan pengamplasan adalah untuk menghaluskan permukaan dan membersihkannya dari kotoran. 

Proses pengamplasan dilakukan dengan mengikuti arah serat kayu. Jika itu besi, maka lakukan pengamplasan ke satu arah. Setelah mengamplas, bersihkan debunya dengan kain kering. 

  • Mencampurkan Orchid dengan air

Larutkan cat dengan air, Anda bisa menggunakan perbandingan 3 bahan dengan 1 bagian air. Proses pelarutan sebaiknya dilakukan di wadah yang berbeda dan pastikan semua diaduk dengan rata. Jangan sampai terdapat endapan cat karena akan membuat hasil tidak rapi. 

Aduk juga dengan pengaduk stainless steel supaya cat tidak kotor. Hindari untuk mengocok kaleng cat sehingga tidak muncul gelembung pada cat yang akan mempengaruhi hasil pengecatan. 

  • Penguasan cat pada kayu dan besi

Karena warna yang diaplikasikan adalah solid, maka supaya hasilnya rapi Anda harus mengaplikasikannya searah. Untuk menguaskannya, Anda harus menghindari menekan berlebihan karena bisa menimbulkan brush mark. Proses penguasan dilakukan secara ringan saja ke satu arah.

Usahakan untuk tidak menguaskan cat bolak balik sehingga hasilnya juga rapi bebas bekas sapuan kuas. Lakukan dalam satu kali sapuan kuas sehingga cat cepat mengering. Anda melapisi cat nanti supaya warnanya menutup kayu atau besi. 

  • Proses pengeringan

Masuk ke dalam tahapan pengeringan sebenarnya tidak banyak yang harus dilakukan. Anda bisa membiarkan kayu atau besi di dalam ruangan tempat mengecat. Nantinya cat akan mengering dengan sendirinya selama 60 menit. Kuncinya adalah lapisan coating yang dikuaskan tadi usahakan tipis. 

Selain itu, ruangan pengeringan sebaiknya memiliki sirkulasi udara yang baik. Tujuannya adalah mempercepat proses pengeringan. 

  • Proses pengamplasan

Khusus untuk mengamplas, kayu atau besi harus dipastikan kering terlebih dahulu. Caranya adalah menekankan ibu jari dan lihat apakah masih muncul bekas. Jika tidak artinya coating sudah kering dan Anda bisa melanjutkan proses pengamplasan. 

Kali ini amplas yang digunakan adalah aluminium oxide nomor 400 dan harus diamplaskan dengan ringan. Anda perlu mengamplas permukaannya dengan cara manual tanpa terlalu ditekan berlebihan. Bersihkan debu amplas dengan kain kering sesudahnya. 

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah dengan mengulangi aplikasi. Cat kayu besi Orchid bisa diaplikasikan berulang hingga dua atau tiga kali lapisan. Tujuannya adalah supaya hasil finishingnya tidak memperlihatkan warna kayu asli. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X