Cat Besi Terbaik untuk Menjaga Kursi Teras Bebas dari Karat

Besi jadi material pilihan terbaik selain kayu untuk kursi teras. Material ini juga memiliki desain yang tak lekang oleh waktu. Cukup melapisinya dengan cat besi terbaik dan perawatan berkala yang tepat tampilannya bisa tahan lama. Bahkan jika cat mengelupas Anda hanya perlu mempersiapkan proyek refinishing minggu depan. 

Sebagai material outdoor, besi tak beda dengan kayu yang juga mudah rusak karena masalah perubahan cuaca terus menerus. Walaupun begitu, struktur dari kursi besi lebih kuat. Karena alasan inilah banyak cafe, kantor, bar, rumah memilih furnitur dari bahan besi tempa untuk indoor dan outdoor. 

Keuntungan lainnya adalah besi adalah material yang bisa di daur ulang. Bukankah lebih bermanfaat daripada terus menerus menggunakan kayu yang merusak hutan? Bagi Anda yang memiliki kursi teras atau taman dari besi harus tahu bagaimana cara untuk mengecatnya ulang. 

Tidak ada yang tahu kapan lapisan cat pada kursi besi di rumah mulai mengelupas. Anda bisa juga bosan dengan tampilan kursi yang itu-itu saja. Sebagai persiapan, simak dulu bagaimana cara refinishing kursi besi dengan benar di sini. 

Cara Membersihkan Kursi Teras Besi sebelum Refinishing

Walaupun besi kuat, namun masalah utama yang didapatkan kursi outdoor adalah perubahan cuaca. Ketika material ini terekspos panas dan hujan terus menerus akan menimbulkan karat. Jadi penting sekali untuk memperhatikan pemilihan coating serta cara aplikasinya yang benar. 

Anda harus mencari cat besi terbaik tahan cuaca panas hingga hujan karena kursi diletakkan di luar ruangan. Persiapan sebagai berikut ini juga harus diperhatikan dengan benar agar hasil refinishing lebih baik dan perlindungan diberikan maksimal. Walaupun ada juga beberapa dekorasi yang terlihat karat justru indah. 

Baca Juga:  Tren Warna Garden Furniture 2022

Namun hal ini tidak berlaku dengan kursi, karena Anda pasti tak ingin terkena noda karat pada pakaian atau kulit bukan? Untungnya karat pada besi di kursi mudah untuk dihilangkan. Anda hanya perlu mempersiapkan alat-alatnya sebagai berikut:

  • Sabut dari besi atau sikat kawat
  • Amplas besi dengan grit medium sekitar nomor 150 atau 180. 
  • Bahan kimia untuk melepaskan coating lama

Cara membersihkan karat yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut ini:

  1. Sikat semua karat pada kursi dengan sabut atau sikat kawat. Pastikan Anda menyikat hingga tampilan karat menghilang. 
  2. Kemudian amplas permukaan kursi besi secara merata. Jangan lupa untuk mengganti kertas amplas jika sudah aus. 
  3. Bersihkan furnitur dengan bahan kimia untuk mengelupas cat lama. Biasanya Anda hanya perlu menuangkan ke permukaan besi dan menunggu beberapa jam. 
  4. Setelah coating mengelupas Anda bisa membersihkannya dengan scrape. 

Persiapan kemudian berlanjut pada pemilihan cat besi terbaik. Ada banyak rekomendasi cat besi terbaik dengan pelarut air seperti cat Orchid. Cat ini bisa digunakan dalam kondisi musim penghujan karena tidak perlu penjemuran atau sinar matahari saat proses pengeringan. 

Cat Orchid adalah pilihan tepat untuk digunakan dan setelah itu lapisi coating dengan top coat. Karena menggunakan cat berpelarut air, Anda bisa menggunakan Bioduco top coat gloss atau matte untuk melapisinya. Sehingga warna akan lebih terlindungi dan tahan lama. 

Langkah Refinishing Kursi Teras dengan Orchid

Saatnya masuk untuk mengaplikasikan cat besi water based terbaik Orchid. Alat yang dibutuhkan adalah kuas, wadah untuk melarutkan, amplas dan juga kain kering yang bersih. Langkah refinishing bisa dilakukan sesegera mungkin setelah lapisan coating lama mengelupas dan kursi bebas dari debu. 

Baca Juga:  Ide Furniture Menggunakan Palet Kayu Jati Belanda

Sebagai merk cat besi terbaik kemudahan yang didapatkan dari Orchid adalah cat ini tidak menimbulkan bau menyengat. Jika Anda menggunakannya tak perlu takut pernapasan terganggu karena baunya. Setelah itu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah mudah untuk aplikasi berikut ini. 

1. Melarutkan cat

Campurkan terlebih dahulu coating Orchid dengan air, perbandingannya adalah 3 bahan banding 1 air. Anda bisa melarutkannya pada wadah terpisah dan tidak pada kaleng cat langsung. Aduk sampai merata dan jangan sampai terdapat endapan cat yang akan membuat finishing tidak merata.

2. Menguaskan cat

Langkah selanjutnya adalah menguaskan cat hingga ke permukaan kursi merata. Anda bisa menggunakan kuas berbulu nilon yang halus dan tidak rontok. Jadi pilihlah kuas berkualitas. Cara menguasnya harus ditarik dan jangan terlalu ditekan, Anda bisa menguaskan dengan ringan saja. Tujuannya agar tidak muncul brush mark. 

Apabila sudah merata, Anda bisa mengeringkannya tanpa dijemur. Biarkan dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Jika sudah kering baru masuk ke tahapan selanjutnya. 

3. Mengamplas dan mengulangi aplikasi

Langkah terakhir dari aplikasi Orchid adalah mengamplas permukaannya ketika kering. Anda bisa menggunakan amplas nomor 400 secara ambang saja. Kemudian bersihkan debunya. Jika sudah selesai, ulangi langkah nomor dua dan pengamplasan. 

Tujuannya adalah agar warna dari coating jadi lebih tajam. Anda juga akan dilihat warna kursi besi yang lebih merata. 

4. Mengaplikasikan top coat

Ketika cat besi terbaik Orchid sudah selesai diaplikasikan, Anda bisa menggunakan Bioduco top coat. Bahan pelarut dan kuas yang digunakan juga sama. Bedanya bahan pelarut memiliki jumlah campurna berbeda yaitu 2 bahan dan 1 bagian air. Baru dicampur dan kuaskan merata. 

Baca Juga:  Plitur Kayu Serbaguna dalam Segala Kebutuhan Finishing

Biarkan coating ini kering selama 24 jam atau semalaman. Dengan begitu lapisan yang terbentuk akan keras dan melindungi sempurna. 

Perawatan Mudah Kursi Teras Besi 

Tantangan sesungguhnya bukan hanya pada bagaimana cara mengaplikasikan cat kayu dan besi terbaik Orchid. Namun bagaimana Anda bisa merawatnya dengan benar sehingga warna dan tampilannya bisa bertahan lama walaupun kursi berada di luar ruangan. 

Air adalah material yang akan mempercepat karat, tapi Orchid berbeda. Walaupun bahan pelarutnya air namun tidak akan mempengaruhi korosi. Karena di dalamnya sudah terkandung zinc. 

Untuk membersihkan atau merawat kursi, Anda juga membutuhkan air. Karena kotoran yang menempel dalam waktu lama akan menjadi kerak. Kotoran ini juga yang menjadi penyebab timbulnya karat. Beberapa langkah di bawah ini akan menjaga agar kursi bisa lebih tahan lama. 

  1. Anda bisa membersihkan kursi secara rutin menggunakan air dengan sabun. Cuci bersih kursi dengan kain, Anda bisa menggunakan sabun yang non abrasif dan berikan sedikit gosokkan ringan pada permukaan kursi. 
  2. Kemudian bilas menggunakan air bersih dan sesegera mungkin keringkan. Inilah cara untuk mencegah korosi, yaitu langsung mengeringkan air pada kursi. 
  3. Kemudian jika Anda melihat sedikit saja ada lapisan cat yang chipping, segera lapisi ulang dengan cat pada bagian tersebut. Anda bisa menggunakan cat Orchid saja tanpa top coat untuk memadankan warnanya. 
  4. Anda bisa menutup kursi atau menggeser kursi, jadi tidak hanya berada dalam waktu lama. Berikan kaki-kaki kursi pelindung agar tidak langsung terkena tanah. 

Kunci utama agar kursi tidak korosi adalah menggunakan cat besi terbaik. Anda bisa menggunakan coating Orchid dengan mudah dan membelinya melalui link berikut ini:

  1. https://www.tokopedia.com/biopaint102 
  2. https://www.tokopedia.com/bioindustries 
  3. https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X