furniture jati khas dari Jepara

5 Jenis Ukir Mebel Jepara untuk Ciptakan Ruang Lebih Estetik

Jepara Dikenal dengan ukir mebel membuat furniture dari daerah ini menjadi khas dan unik.

Furniture Jepara merupakan salah satu furniture yang memiliki nilai yang tinggi bahkan mencapai pasar ekspor yang besar. Wajar saja permintaan furniture Jepara tidak pernah berkurang bahkan selalu meningkat seiring permintaan, hal ini dikarenakan khas ukir mebel Jepara yang menjadi ciri unik dari furniture tersebut.

Furnitur Jepara memang dikenal dengan ukirannya dan tentu saja untuk pengerjaan membutuhkan waktu berhari-hari tergantung dari tingkat kerumitannya. Semakin detail dan rumit ukiran maka semakin lama pengerjaan ukiran furniture tersebut.

5 Jenis Ukir Mebel Jepara dengan Model Paling Cantik

Ketika mendengar furniture Jepara maka yang paling dikenal adalah kayu jati dan ukirannya. Furniture kayu Jepara memang dikenal karena ukirannya yang detail dan menarik. Wajar saja jika furniture Jepara mampu masuk pasar ekspor dengan mudah.

Berikut 5 jenis ukir mebel Jepara yang mampu menciptakan rumah menjadi lebih cantik:

  • Ukiran Naga

Ukiran naga merupakan salah satu ukiran yang sering digunakan untuk pintu gapura rumah. Desain ukuran yang besar dan detail memberikan rumah terkesan mewah namun tetap elegan. Kesan naga yang dimunculkan pada ukiran tersebut juga terkesan sangat kuat.

Naga merupakan salah satu hewan mitologi yang melambangkan kekuasaan atau penguasa, sehingga rumah yang menggunakan motif naga akan terkesan kuat.

  • Ukiran Daun dan Bunga

Salah satu motif ukir mebel Jepara yang paling diminati adalah ukiran daun dan bunga. Ukiran ini bisa dijumpai pada furniture, pintu maupun bangunan seperti joglo. Motif ukiran daun bunga yang sering digunakan adalah ukiran bunga kamboja atau daun terubusan.

Kesan elegan yang dimunculkan oleh ukiran yakni tenang, elegan dan natural. Ruangan menjadi lebih cantik dan menarik ketika menggunakan furniture maupun hiasan yang menggunakan ukiran ini.

  • Ukiran Burung
Baca Juga:  Produsen Cat Kayu BioVarnish Bukan Cat Solvent

Salah satu ukiran makhluk hidup lainnya yang digemari oleh konsumen adalah ukiran burung. Biasanya, ukiran burung juga akan disematkan menyerupai patung dan diletakkan pada sisi atas suatu furniture seperti pada lemari.

Kombinasi burung dan bunga memberikan kesan cantik pada furniture tersebut terlebih untuk mendukung kesan klasik pada furniture.

  • Ukiran Sederhana untuk Kursi dan Meja

Ukiran yang sederhana biasanya juga digunakan pada furniture seperti meja dan kursi tamu. Lekukan ukiran pada furniture memberikan kesan elegan ditambah beberapa motif bunga yang disematkan pada bagian tertentu.

  • Ukiran Kaligrafi

Salah satu ukiran yang disenangi lainnya adalah ukiran kaligrafi yakni berupa potongan ayat Al-Qur’an. Biasanya ukiran ini hanya digunakan untuk hiasan dinding. Dikarenakan membutuhkan pengerjaan yang detail maka membutuhkan waktu hingga berhari-hari meskipun hiasan tersebut mungkin saja hanya berukuran 100x50cm.

Finishing Yang Bagus Untuk Furniture Ukir Mebel Jepara

Furniture dengan motif ukiran biasanya menggunakan tampilan yang sederhana dan natural, salah satunya adalah warna natural kayu. Selain itu, kesan tajam diciptakan dengan menggunakan kesan gloss pada furniture ukir tersebut.

Dengan treatment ini, furniture akan terkesan mewah namun tetap menawan ketika digunakan. Furniture ukiran memang memberikan kesan ruang menjadi lebih mewah dan untuk beberapa furniture seperti gaya klasik juga akan menunjang nilai estetik furniture tersebut.

Furniture dengan ukiran memiliki detail yang rumit sehingga untuk finishing biasanya dibutuhkan pengerjaan yang lebih teliti. Anda dapat menggunakan cara semprot agar cat dapat merata dengan baik. Sedangkan untuk bagian yang cukup sulit dijangkau maka Anda dapat mengaplikasikannya dengan kuas kecil.

Salah satu cat kayu yang direkomendasikan untuk finishing pada furniture ukir karena daya sebarnya yang luas dan menghemat penggunaan cat adalah cat water based Biovarnish. Ya, Biovarnish merupakan cat water based yang mana cat tersebut hanya cukup menggunakan bahan pelarut air. Pastikan untuk menggunakan air bersih agar tidak mengurangi konsentrasi warna cat ketika diaplikasikan.

Baca Juga:  Harga Pernis Agustus 2017

Biovarnish sangat cocok untuk finishing natural kayu seperti kayu ukir mebel Jepara karena mudah digunakan dan daya sebar cat yang luas. Selain itu, cat ini juga cepat kering sehingga akan lebih efisien waktu.

Apakah Anda sedang mencari cat water based? Anda dapat menggunakan produk Biovarnish dengan cara yang mudah. Cat ini dapat di seluruh Indonesia dengan mudah baik untuk kebutuhan individu atau industri.

Anda dapat membeli produk Biovarnish untuk keperluan industri mebelling melalui marketplace dibawah ini:

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Shopee: https://shopee.co.id/bio.official

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X