Merawat Lantai Kayu

Cara Merawat Lantai Kayu Ulin dengan Mudah

Anda yang memiliki lantai kayu harus mengetahui cara untuk merawatnya. Ketika Anda menggunakan kayu ulin yang memiliki kualoitas terbaik setelah kayu jati, lapisan cat diatasnya akan bisa memberikan perlindungan pada kayu.

Namun Anda juga harus bisa melakukan perawatan secara langsung untuk menjaga ketahanan dan kekuatan lantai kayu. Anda juga harus melakukan pencegahan agar tidak mengeluarkan uang yang lebih banyak dikemudian hari untuk mengganti semua lapisan kayu.

Perawatan dilakukan secara harian, mingguan, bulanan dan juga tahunan. Namun bagi Anda ibu rumah tangga perawatan yang perlu sangat diperhatikan adalah perawatan harian. Karena keseharian yang lupa untuk membersihkan lantai kayu maka debu akan menimbulkan goresan.

Bahkan alas kaki yang digunakan akan membawa kotoran dari luar, jika Anda tidak menjaganya maka tidak hanya goresan bahkan jamur dapat timbul pada lantai kayu dan memperpendek umur dari kayu ulin di rumah Anda.

Lantai kayu ulin lebih rumit untuk dijaga daripada yang mungkin Anda pikirkan. Gunakan tips ini untuk membuat mereka terlihat seperti terpoles selama bertahun-tahun.

  • Vakum lantai Anda setiap minggu

Anda mungkin sudah melakukan ini, tetapi selalu lupa untuk melakukannya dengan rutin. Ada banyak alasan Anda tidak melakukan vakum secara rutin seperti kesibukan bekerja, malas untuk mengeluarkan vakum dan lain sebagainya.

merawat lantai kayu
Menggunakan vakum untuk membersihkan lantai kayu.

Hasilnya pasir yang dibawa oleh alas kaki membuat goresan di sepanjang lantai rumah. Maka Anda harus melakukan cara lain seperti menggunakan sandal khusus dalam rumah, Anda juga bisa menggunakan sapu baru dengan kain mikrofiber yang lebih ringan. Cara ini bisa Anda lakukan jika malas mengeluarkan alat vakum.

Jangan lupa untuk menghilangkan debu di bawah permadani. Dan juga dibeberapa area yang sering terlupkan seperti di bawah lemari atau sudut ruangan. Gunakan berbagai macam cara yang lain bahkan cara yang tidak pernah terfikirkan sebelumnya jika Anda malas menggunakan vakum.

  • Perhatikan penggunaan semir furnitur dan hairspray
Baca Juga:  Bingung Mau Finishing Gitar? Pakai Cat Kayu Warna Gloss

Penggunaan keduanya dapat mengaburkan tampilan dari lantai kayu ulin Anda. Bersihkan mereka segera dengan kain lembab. Untuk pembersihan yang lebih menyeluruh, semprot dengan pembersih jendela non-amonia. Jika terkena noda tersebut akan meninggalkan bekas setelah pori kayu menyerap. Anda akan mendapatkan kesulitan ketika bekas sudah muncul pada lantai kayu.

  • Jauhkan dari tetesan hujan

Air tidak hanya merusak permukaan di lantai kayu tetapi juga dapat menembus jauh ke dalam kayu dan menimbulkan noda. Tutup jendela saat hujan tiba. Letakkan baki di bawah pot tanaman, dan segera bersihkan air yang Anda lihat.

  • Hapus residu dengan pembersih khusus tanpa obat keras

Bersihkan tumpahan dan kotoran dengan segera kemudian gunakan pembersih untuk menghilangkan residu. Kotoran dapat merusak permukaan atau masuk ke lantai kayu. Cairan keras atau pembersih lantai dapat merusak permukaan atau menodai lantai. Sangat penting untuk membersihkan tumpahan di lantai kayu dengan cepat, tetapi pastikan Anda tidak terlalu membersihkan area lain di rumah Anda.

Anda dapat meremajakan lapisan lilin dengan lebih banyak lilin. Tetapi jangan pernah menggunakan wax pada permukaan akhir seperti shellac, varnish, atau polyurethane. Bahan itu tidak hanya membuat lantai terlalu licin, tetapi juga mengganggu finishing di kemudian hari. Jika finishing terakhir adalah poliuretan, gunakan poles yang dibuat untuk poliuretan. Jika perlu lakukan uji bahan pada area yang tidak mencolok untuk memastikannya tidak akan terkelupas.

Baca juga : Cara Merawat Lantai Kayu Bengkirai

Anda bisa memilih menggunakan Biopolish Linseed Oil yang merupakan bahan khusus untuk memoles permukaan lantai kayu dengan mudah. Bahan ini akan memberika lapisan yang memperbaiki lantai kayu bahkan untuk memberikan tampilan yang mengkilap kembali.

  • Gunakan keset ekstra panjang
Baca Juga:  Cara Mengecat Kayu Yang Benar Untuk Lis Plafon Kayu

Idealnya, orang harus selalu melepas sepatu mereka ketika mereka masuk ke dalam. Dengan cara ini, kotoran, air, dan garam dan es tidak akan terselip di lantai kayu. Namun, karena sepatu tidak selalu dilepas, keset, di dalam dan di luarperlu digunakan bahkan di beberapa area yang lain. Saat menyedot debu dan membersihkan keset menggunakan vakum akan lebih mudah. Gunakan matras “walk-off” 4-6 kaki untuk pintu depan. Semakin panjang matras yang mengarah ke pintu, semakin banyak orang akan menggosok kotoran dan kelembapan dari sepatu mereka saat mereka berjalan masuk, bahkan jika mereka tidak berhenti untuk menyeka sepatu atau alas kaki mereka.

  • Lindungi zona lalu lintas tinggi dengan karpet
merawat lantai kayu
menggunakan karpet di pintu masuk.

Berjalan melintasi suatu area beberapa kali sehari akhirnya merusak permukaan lantai kayu ulin. Karpet yang terlihat bagus adalah cara termudah untuk mengurangi keausan. Vinyl atau karet mendukung perangkap kelembaban, yang dapat merusak lantai Anda dan menimbulkan goresan atau merusak kayu. Untuk menemukan karpet yang sempurna, pastikan Anda terlebih dahulu mengetahui trik-trik ini yang tidak akan pernah diberikan kepada desain interior secara gratis.

Bahkan jika Anda tidak mengatur ulang perabotan di sekitar Anda banyak, penggunaan yang konstan akan menyebabkan kaki perabotan Anda menggores lantai kayu. Taruh bantalan furnitur di semua kaki furnitur Anda untuk menjaga lantai kayu Anda tampak baru. Selain itu, menambahkan bantalan membuat memindahkan furnitur Anda jauh lebih mudah.

Baca juga : Cara Merawat Lantai Kayu Merbau Mingguan, Bulanan, Tahunan

4 Alasan Mengapa Harus Merawat Lantai

Pembersihan lantai kayu adalah faktor yang sangat penting untuk memiliki lantai kayu. Tanpa pembersihan rutin, lantai kayu yang keras itu dapat dengan cepat memburuk, kehilangan kemilaunya, dan menyebabkan masalah jangka panjang bagi Anda di masa depan. Berikut ini empat alasan mengapa pembersihan lantai kayu ulin rutin itu penting.

  • Amplas Tersembunyi
Baca Juga:  Cara Finishing Baby Furniture Warna Putih

Mungkin tampak lantai kayu tidak tampak memiliki debu kecuali Anda menggunakna karpet. Dengan lantai kayu keras, ada banyak debu dan pasir yang terperangkap di bawah kaki dan karpet yang dapat menghancurkan hasil finishing. Vakum mingguan akan mencegah hal ini.

  • Muncul Tampilan Keruh

Pernahkah Anda melihat lantai kayu keras atau perabotan kayu lainnya di rumah Anda dan bertanya-tanya mengapa itu tampak begitu keruh? Penggunaan hairspray yang berlebihan bisa menjadi penyebabnya. Jika Anda pernah menggunakan hairspray saat Anda berdiri di lantai kayu keras, bersihkan area tersebut dengan pembersih khusus sehingga Anda tidak berisiko merusak lantai Anda yang indah.

  • Bekas Hujan

Berhati-hatilah saat melintasi hujan dari sepatu bot ke dalam rumah Anda. Ketika air menghantam lantai kayu, itu tidak hanya akan menghancurkan kayu, tetapi juga merusak kayu. Tambahkan sisa-sisa air dari lantai untuk mencegah pewarnaan. Salah satu cara untuk melindungi lantai Anda dari ini adalah meletakkan keset di depan ambang pintu.

  • Mudah rusak

Area lantai kayu keras yang sering digunakan akan sangat mduah rusak. Anda akan mendapatkan berbagai macam goresan khususnya pada area pintu masuk. Karena udara akan membawa pasir dan juga kotoran yang akan menimbulkan kerusakan pada lantai kayu.

Gunakan karpet yang atau keset namun pastikan tidak memiliki karet pada bagian alas karena hanya akan menyimpan debu dan kotoran.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X