Rahasia Finishing Lantai Kayu Sonokeling untuk Menampilkan Warna Eksotiknya

Rahasia Finishing Lantai Kayu Sonokeling untuk Menampilkan Warna Eksotiknya

Apakah jenis kayu yang familiar di telinga Anda? Kayu jati pasti sudah kerap kali didengar terutama karena kekuatan dan keawetannya. Di Indonesia banyak jenis kayu lain yang juga memiliki kekuatan dan keawetan yang sama dengan kayu jati.

Bahkan tidak hanya kuat dan awet kayu ini juga memiliki tampilan yang eksotik dibandingkan kayu jati. Salah satunya adalah kayu sonokeling. Kayu ini adalah jenis kayu yang banyak ditemukan di hutan Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Kayu sonokeling adalah kayu dari suku Fabaceae dengan bobot sedang namun berkualitas sangat tinggi. Di dunia perdagangan kayu, kayu sonokeling dikenal sebagai Indian Rosewood walaupun asalnya sebenarnya dari Indonesia.

Ketika masih menjadi pohon, tingginya bisa mencapai hingga 40 meter dengan diameter mencapai 1,5 meter. Pertumbuhannya hanya terdapat pada ketinggian 600 mdpl and di tangan berbatu tidak subur.

Berbeda dengan kayu jati dan kayu sonokeling yang memiliki warna coklat tua dan coklat kemerahan. Kayu sonokeling justru menarik dari segi warnanya yang kehitaman. Adapun beberapa yang memiliki warna keunguan gelap dan belang coklat kemerahan.

Belang yang terdapat pada kayu sonokeling merupakan alur serat. Dilihat dari kekuatan dan keawetan kayu sonokeling, maka pengolahannya sering dimanfaatkan sebagai furniture dan bahan bangunan.

Kayu ini sangat menarik ketika digunakan sebagai lantai kayu. Warna gelap dari kayu sonokeling pada lantai memberikan kesan eksotis. Banyak sekali orang Amerika dan Eropa yang menggunakan kayu sonokeling sebagai lantai rumah mereka.

Rahasia Finishing Lantai Kayu Sonokeling untuk Menampilkan Warna Eksotiknya
Olahan kayu sonokeling menjadi furniture

Pengolahan lain dari kayu sonokeling adalah veneer. Banyak juga yang menggunakan veneer kayu sonokeling karena harganya yang lebih terjangkau. Jika Anda akan membeli kayu sonokeling solid untuk membuat lantai maka perlu budget puluhan juta.

Baca Juga:  Memilih Furniture Dining Room Dengan Cat Kayu Tahan Air

Dibandingkan dengan harga belinya proses finishing dan perawatannya tidak semahal itu. Jadi walaupun Anda mengeluarkan budget banyak untuk membeli kayu, Anda tidak akan diberikan oleh proses pengecatan dan proses perawatan.

Perlu Anda perhatikan jenis bahan yang digunakan apakah sehingga mampu menampilkan kesan eksotik dari kayu ini.  Inilah yang menjadi rahasia pertama dan harus Anda dapatkan. Jenis cat yang sebaiknya digunakan untuk lantai kayu sonokeling adalah cat water based.

Cat berbasis air sangat cocok digunakan untuk lantai kayu khususnya dalam ruangan. Cat tidak akan mengeluarkan gas beracun yang akan memenuhi ruangan. Apabila dilihat dari segi keamanan, cat ini lebih banyak digunakan.

Sama halnya dengan keamanan lingkungan, hasil yang diberikan sangat transparan dan bertahan lama. Hasil inilah yang dibutuhkan untuk menciptakan tampilan lantai kayu sonokeling yang eksotik.

Langkah-Langkah Mengecat Lantai Kayu Sonokeling

Rahasia kedua adalah bagaimana Anda bisa membuat lantai kayu memiliki tampilan eksotik yang maksimal. Kayu sonokeling sendiri telah memiliki warna dan serat yang menarik, tugas Anda adalah bagaimana kelebihan tersebut dapat bertahan lama.

Cat kayu yang disarankan untuk mengeluarkan tampilan eksotik kayu sonokeling adalah BioColours. Produk ini adalah cat kayu water based yang akan memberikan warna transparan lebih tahan lama pada lantai kayu.

Selain produk cat, Anda juga membutuhkan mesin amplas khusus untuk lantai. Alat amplas ini akan mengamplas permukaan kayu dan mengumpulkan debu bekas amplas dalam kantung. Jadi Anda tidak perlu bekerja terlalu keras menghilangkan debu bekas pengamplasan.

Langkah aplikasi yang mudah bisa Anda ikuti dalam penjelasan berikut ini:

  • Persiapan

Tutup pintu dan hanya bukan jendela. Debu dari pintu akan lebih cepat masuk dan Anda tetap memiliki sirkulasi udara yang baik dari jendela. Gunakan peralatan keamanan untuk diri seperti google, masker dan sarung tangan.

  • Perbaikan kerusakan lantai
Baca Juga:  Pabrik Cat Kayu Terbaik BioVarnish

Seringkali muncul jarak antara palet kayu di lantai. Anda perlu mengisinya dengan BioColours wood filler yang dicampur dengan serbuk kayu sonokeling. Isi jarak kosong tersebut dengan wood filler yang telah dicampur.

Tunggu mengering 20 menit kemudian dilakukan pengamplasan secara manual. Pastikan perbaikan tidak akan terlalu terlihat.

  • Pengamplasan

Mulai dengan proses pengamplasan. Pilih kertas amplas yang kasar kemudian beralihlah ke yang lebih halus. Pastikan Anda berhenti jika grit amplas sudah habis dan ganti yang baru agar tidak muncul bekas terbakar pada kayu.

Rahasia Finishing Lantai Kayu Sonokeling untuk Menampilkan Warna Eksotiknya
Proses pengamplasan lantai kayu

Setelah permukaan kayu halus, gunakan vakum cleaner untuk menyedot debu amplas yang sangat halus. Diamkan ruangan beberapa menit agar debu benar-benar hilang.

  • Aplikasi sanding sealer

Lapisan pertama yang digunakan adalah BioColours sanding sealer. Campurkan terlebih dahulu ke dalam wadah terpisah sanding sealer dan air. Dapatkan larutan agar mencapai 11-12 NK2.

Gunakan pad khusus untuk mengecat lantai. Ratakan sanding sealer ke permukaan lantai kayu sonokeling searah serat kayu. Aplikasikan merata kemudian tunggu kering. Proses keringnya hanya membutuhkan waktu 60 menit.

Sebelum proses aplikasi selanjutnya Anda perlu melanjutkan pengamplasan lapisan sanding sealer. Gunakan amplas grit 400 dan amplas permukaan lantai kayu. Setelah itu gunakan vakum untuk mengangkat debu diamkan ruangan beberapa menit.

  • Aplikasi top coat

Lapisan akhir yang digunakan adalah BioColours top coat. Anda bisa mengaplikasikan top coat gloss yang dicampur dengan air. Ciptakan larutan top coat hingga mencapai 11-12 NK2.

Gunakan pad kembali yang sudah dicuci kemudian aplikasikan searah serat kayu. Pada proses akhir ini Anda bisa mendiamkan ruangan selama 24 jam hingga lapisan coating benar-benar kering.

Apabila permukaan kayu sudah benar-benar kering Anda bisa memulai meletakan barang-barang kembali ke dalam ruangan.

Baca Juga:  Pembuatan Kandang Burung Dengan Cat Kayu Terbaik

Perawatan Lantai Kayu untuk Ketahanan tampilan Eksotik

Jika proses finishing lantai kayu sonokeling telah lengkap maka Anda akan dilihat daya tarik eksotik yang dihasilkan. Lantai akan tampak mengkilap, mudah dibersihkan namun tidak merusak warna atau serat kayu.

Tugas Anda selanjutnya adalah untuk menjaga tampilan lantai kayu tetap bertahan lama. Gunakan karet pada kaki furniture yang berpotensi menimbulkan goresan pada lantai. Lembarkan karpet dengan bagian bawah terbuat dari karet sehingga tidak debu yang tersimpan tidak akan merusak lapisan coating.

Proses perawatan dilakukan secara rutin yaitu setiap hari dan satu bulan sekali. Setiap hari Anda harus membersihkan debu dalam ruangan dan yang terperangkap dalam bulu karpet. manfaatkan vakum cleaner untuk menarik debu tanpa menimbulkan goresan.

Rahasia Finishing Lantai Kayu Sonokeling untuk Menampilkan Warna Eksotiknya
Lantai kayu sonokeling

Perawatan tiap bulannya dilakukan dengan bahan poles kayu. manfaatkan buffer untuk mempercepat pekerjaan. Kini alat buffer banyak disewakan, Anda bisa menyewa dan menggunakan bahan poles kayu dari Biopolish Linseed Oil.

Aplikasi bisa dilakukan tipis saja, fungsinya untuk menjaga tampilan kilap sekaligus memberikan perlindungan lebih pada top coat. Menjaga jamur agar tidak mudah timbul. Oleskan perlahan Biopolish Linseed Oil ke seluruh permukaan dengan buffer.

Sebelum memulai pemolesan pastikan lantai kayu telah divakum dan dibersihkan dari debu. Buffer akan menekan lantai dan mengoleskan bahan poles. Apabila lantai tidak bebas debu maka akan muncul goresan dari pasir debu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X