Cara Merawat Lantai Kayu Merbau Mingguan, Bulanan, Tahunan

Cara Merawat Lantai Kayu Merbau Mingguan, Bulanan, Tahunan

Bagi sebagian besar Anda pasti yang memilih lantai kayu sudahkah Anda melakukan perawatan pada lantai kayu di rumah Anda? Jika Anda merasa lantai kayu di rumah mudah rusak maka Anda harus mulai melakukan perawatan sekarang juga.

Perawatan wajib dilakukan untuk menjaga lantai kayu menjadi lebh tahan lama dan memiliki penampilan yang menarik. Jika Anda melupakan bahakn tidak melakukan perawatan yang rutin maka Anda akan mengeluarkan lebih banyak uang untuk melakukan pengecatan ulang.

Nah dalam artikel ini Anda akan mempelajari bagaimana cara merawat kayu merbau dan memahami karakteristik dari kayu merbau sehingga dapat melakukan perawatan lantai kayu merbau dengan tepat.

Mengenal Kayu Merbau Sebelum Memulai Perawatan

Ada banyak sekali jenis kayu yang bisa Anda gunakan sebagai lantai rumah. Bahkan kini tidak hanya kayu solid yang bisa Anda gunakan namun Anda juga bisa menggunakan kayu buatan seperti plywoo.

Cara Merawat Lantai Kayu Merbau Mingguan, Bulanan, Tahunan
Membersihkan lantai kayu dengan vakum.

Namun kali ini akan dibahas bagaimana perawatan lantai kayu solid merbau. Kayu merbau dipilih karena memiliki kekuatan dan kekerasan setingkat kayu jati. Kayu merbau memiliki kekerasan dan kekuatan kelas I-II.

Jika Anda menggunakan lantai kayu merbau maka jika meletakan beban yang berta di atasnya kayu tidak mudah rusak. Sifat lentur kayu tidak memuai terlalu banyak pada saat perubahan suhu udara sehingga Anda tidak akan mengalami kerusakan lantai seperti memuai dan menyusut.

Warna kayu merbau menjadi salahs atu andalan dan berbeda dengan warna kayu lainnya.warna gubal kayu merbau sangat kontras dengan warna kayu teras. Warna teras berwarna lebih gelap yaiotu cokelat hingga kemerahan. Sedangkan warna kayu gubal adalah kuning muda.

Warna berbeda ini justru akan memberikan penampilan yang sangat artistik pada lantai kayu rumah Anda. Anda bisa memilih memberikan lapisan wood stain atau hanya dengan sanding seeler kemudian top coat saja.

Baca Juga:  Pilih Mana, Open Pore atau Close Pore?

Tekstur yang dihasilkan oleh kayu merbau cenderung agak kasar dan juga licin. Membuat ketika proses pengamplasan membutuhkan tenaga dan waktu yang lama. Anda mungkin akan mengalami keborosan ketika melakukan proses pengamplasan ini.

Pola serat kayu merbau ada beberapa arah namun yang palings eringd itemukan adalah serat lurus dan tidak teratur. Tampilan serat sangat berbeda dengan kayu jati yang juga memiliki lingkaran tahun terlihat jelas.

Pada kayu merbau agak sulit melihat lingkaran tahun karena warna kayu yang gelap. Jadi jika membicarakan masalah perawatan dari kayu merbau Anda bisa memilih apakah hanya akan menggunakan finishing atau hanya melakukan perawatan dengan produk poles saja.

Namun Anda bisa memilih alternatif ketiga yaitu dengan finishing kemudian  menggunakan produk poles. Cara ini akan mempertahankan penampilan dan juga umur dari kayu merbau.

Anda akan mendapatkan hasil finishing natural transparan dengan tidak merusak serat dan warna kayu. Namun Anda juga akan tetap mendapatkan tampilan mengkilap baik dari finishing dan produk perawatan kayu yang memudahkan lantai kayu untuk dibersihkan.

Memulai Perawatan Lantai Kayu Merbau

Apakah Anda ingin mengganti semua lantai kayu ke rumah Anda atau hanya perlu merawat yang lebih baik dari yang Anda miliki, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menempatkan pengetahuan lantai kayu Anda untuk menguji.

Jika Anda melakukan perawatan sekarnag juga maka umur dari lantai kayu Anda bisa bertambah satu atau dua tahun ke depan. Sehingga Anda tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang tiap tahunnya hanya untuk mengganti lantai kayu yang telah rusak akibat goresan, rayap dan juga jamur.

Mengerti akan mahalnya perawarna dari lantai kayu Anda harus segera bergegas untuk merawat lantai kayu merbau Anda di rumah. Pertimbangkan beberapa panduan cara Anda melestarikan lantai kayu merbau.

Baca Juga:  Jenis Cat Kayu Terbaik Yang Di Indonesia Yang Perlu Diketahui

Perawatan Harian yang Perlu Diperhatikan

  • Seperti halnya produk pembersih, baca label sebelum Anda membeli untuk memastikannya sesuai untuk permukaan. Cara yang sangat mudah untuk mencegah kerusakan kayu? Gunakan produk water based sebagai bahan finishing lantai kayu yang bebas dari toxic. Untuk produk poles Anda bisa menggunakan Biopolish Beeswax atau Linseed Oil yang terbuat dari bahan alami.
  • Tambahkan pelindung untuk kaki furnitur untuk membantu memudahkan perpindahan furnitur dan melindungi lantai dari goresan, kata Brett Miller, seorang ahli dari National Wood Flooring Association. Ganti sesuai kebutuhan, karena akan berkurang dan menjadi kurang efektif dari waktu ke waktu. Untuk perabotan yang sering tergelincir (dapur dan kursi makan, misalnya), ganti pelindung setiap bulan.
  • Jika Anda membutuhkan pelindung di atas lantai kayu Anda bisa menggunakan karpet. Anda bisa menggunakan karpet di bawah furnitur atau dekorasi ruangan seperti vas besar atau jam.
  • Lepas sepatu Anda khususnya hak tinggi se[erti stilleto. Jika perlu siapkan sandal khusus yang akan digunakan dalam ruangan.

Perawatan Mingguan yang Tidak Boleh Dilupakan

Hafalkan ini dan lantai Anda akan tetap dalam bentuk yang sempurna untuk seumur hidup: kering pertama, basah kedua. Dry-cleaning (atau “dry-tacking”) pertama sangat penting untuk mencegah kotoran menggores lantai saat Anda mengepel dengan air. Jika Anda tidak membersihkan puing-puing terlebih dahulu, pada dasarnya pel akan seperti menyeret amplas di lantai.

Perawatan Bulanan yang Mudah

Cahaya matahari pagi yang terkena kulit tampak bagus tetapi tidak di lantai kayu. Periksa lantai sebulan sekali (jangan lupa untuk mengecek di bawah karpet juga), dan jika ada perubahan warna, sekarang saatnya untuk mempertimbangkan topcoat baru.

Baca Juga:  Bercak Pada Kayu? Hilangkan Dengan Zat Pemutih Kayu WA 250 di Surakarta

Perawatan Tahunan

Penting untuk diingat bahwa lantai kayu adalah bahan alami dan akan terpengaruh oleh lingkungan. Meskipun tidak perlu panik jika Anda melihat beberapa celah berkembang di antara papan selama musim kemarau, jika kayu tidak menyusut maka kembali ke tempatnya selama musim penghujan. Cara terbaik untuk menghindari celah yang berlebihan? Gunakan humidifier untuk mengimbangi lingkungan selama musim kering.

Perawatan Rutin

Cara Merawat Lantai Kayu Merbau Mingguan, Bulanan, Tahunan
membersihkan lantai kayu dengan pel.

Perawatan rutin adalah kunci untuk melestarikan lantai kayu, jadi letakkan tiga tugas ini di daftar tugas Anda di masa mendatang:

  • Bersihkan lantai Anda dan tambahkan lapisan akhir yang baru setiap tiga hingga lima tahun. Pastikan Anda tahu jenis finishing apa yang telah Anda gunakan pada lantai (minyak, lilin, urethane) karena Anda perlu menerapkan kembali jenis yang sama.
  • Apa pun yang Anda lakukan, tahans geser furnitur. Mintalah seorang teman untuk mengangkat dan mengambil sesuatu untuk memindahkannya.
  • Setiap beberapa dekade, amplas dan berikan topcoat baru pada lantai kayu agar terlihat baru lagi. Biasanya, lantai kayu yang kokoh dapat diamplas ulang lima hingga sepuluh kali selama jangka waktu yang diharapkan. Keindahan lantai kayu adalah kemampuannya untuk menjadi seperti baru dengan lapisan finishing yang baru dan pembersihan yang mendalam. Jika Anda tidak yakin apakah sudah waktunya untuk finsihing ulang lantai kayu, tanyakan kepada ahli terlebih dahulu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X