Apakah Pernis Kayu Terbaik untuk Lantai Kayu? Ini Dia yang Anda Cari

Apakah Pernis Kayu Terbaik untuk Lantai Kayu? Ini Dia yang Anda Cari

Kayu adalah material yang sangat cantik dan tidak beracun. Tidak heran jika banyak orang yang sangat menyukai lantai bermaterialkan kayu. Apapun tampilan dan jenisnya kayu solid adalah produk yang wajib digunakan sebagai material lantai kayu.

Kayu sangat mudah dibersihkan dan diolah. Jika Anda memiliki lantai dari kayu maka akan lebih bebas dari kuman dan kotoran bahkan debu. Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap debu maka lantai kayu adalah solusinya.

Beberapa jenis kayu yang tersedia memiliki kekuatan yang tinggi terhadap jamur dan rayap. Sebanding juga dengan harga yang harus Anda keluarkan untuk membeli sekaligus memberikan perawatannya. Pastikan kayu yang Anda gunakan memiliki legalitas.

Lalu bagaimana cara Anda untuk membuat lantai kayu tetap memiliki tampilan yang menarik, hangat dan menyenangkan sepanjang tahun? Tentu Anda harus membuat lantai kayu selalu dalam kondisi yang sempurna.

Banyak sekali cara untuk memberikan lapisan pelindung yaitu dengan pernis kayu. Jadi pastikan Anda mendapatkan pernis kayu terbaik dalam melakukan finishing lantai kayu di rumah. Jika tidak, maka tampilan dari lantai kayu akan berkurang kesan eksotiknya bersamaan dengan itu perlindungan juga lemah.

Perlindungan dari pernis akan menguatkan pondasi ketika cuaca lembab dan jamur menyerang. Pernis kayu biasanya dilengkapi dengan bahan anti rayap yang akan mencegah rayap datang menyerang.

Pada kesempatan kali ini Anda akan mengenali jenis-jenis pernis yang biasanya banyak digunakan untuk lantai. Anda juga akan menemukan pernis manakah yang seharusnya digunakan.

Jenis-Jenis Pernis yang Biasanya digunakan untuk Lantai

Pengrajin lantai kayu biasanya memiliki bahan finishing favorit mereka. Sekali menemukan produk terbaik maka mereka tidak akan pernah berpindah ke produk yang lainnya. Bagi pemula menentukan pernis pertama kali adalah hal yang sangat sulit.

Baca Juga:  Jangan Abaikan Keamanan saat Finishing Kayu, Bahayanya sangat Besar

Anda perlu melakukan percobaan dan untuk menguji ketahanan tentu dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Memudahkah Anda untuk memilih bahan finishing manakah yang tepat, berikut ini ada beberapa jenis pernis kayu yang biasanya beredar di pasaran dan banyak digunakan.

  • Polyurethane berbasis minyak.

Pernis yang pertama ini mudah untuk diaplikasikan, namun jarang untuk digunakan. Pernis berbasis minyak memiliki kecenderungan menambah banyak warna pada kayu. Perlu waktu yang sangat lama untuk membuatnya pulih.

Waktu kering yang dibutuhkan sangat lama bahkan sampai berminggu-munggu. Tidak memiliki ketahanan yang lama. Jika Anda ingin menyimpan sisa pernis tidak akan bertahan lama. Biasanya diaplikasikan dengan dua atau tiga lapisan dan menimbulkan aroma yang cukup keras.

Apakah Pernis Kayu Terbaik untuk Lantai Kayu? Ini Dia yang Anda Cari
Efek bubble pada pernis berbasis minyak

Proses aplikasinya dimulai dengan membersihkan lantai kayu. Bersihkan menggunakan kain kering dan pastikan permukaan telah selesai di amplas bebas debu. Aplikasikan pernis dengan kuas ke arah yang sama dengan pori kayu. Gunakan satu kali sapuan panjang untuk menghindari bubble.

Jika Anda dilihat bubble harus segera dihilangkan karena akan menimbulkan bekas. Anda bisa mengamplasnya setelah kering. Setiap lapisan coating perlu di amplas ambang dengan amplas halus.

  • Polyurethane berbasis solvent

Pernis yang kedua memiliki bahan dasar solvent dan memiliki kecenderungan bau yang sangat menyengat. Ini disebabkan kandungan voc (volatile organic compound) yang sangat tinggi. Pernis ini biasanya digunakan untuk lantai yang sering digunakan seperti lantai aula, klub malam dan bar top.

Apakah Pernis Kayu Terbaik untuk Lantai Kayu? Ini Dia yang Anda Cari
Aplikasi pernis solvent dengan roll

Sangat sulit diaplikasikan bagi Anda yang belum memiliki pengalaman mengaplikasikanya. Vernis ini sangat cepat mengering dan memberikan hasil ketahanan yang cukup baik. Dibandingkan pernis berbasis minyak, pernis ini lebih banyak digunakan.

Proses aplikasi ini dimulai dengan mempersiapkan lantai kayu. Sekali lagi lantai harus selesai di amplas dan dibersihkan dari debu. Gunakan roller yang telah dilapisi kain katun ikat dengan kencang.

Baca Juga:  Jual Cat Kayu Jepara Untuk Garden Furniture

Aplikasikan pernis dengan roll searah serta kayu dan pastikan ruangan memiliki ventilasi udara yang baik. Hati-hati dengan kecepatan keringnya, Anda bisa mengaplikasikan cat dasar kayu seperti sanding sealer untuk menghindari naiknya minyak kayu sebelum aplikasi pernis.

  • Polyurethane berbasis air

Disebut juga sebagai pernis kayu water based, produk ini memiliki kandungan polyurethane dan air. Proses kering sangat cepat dibandingkan dua pernis lantai kayu lainnya. Bahan ini lebih banyak digunakan karena tidak menimbulkan aroma yang mengganggu selama dan setelah proses aplikasi.

Pernis water based ini bekerja lebih baik dengan wood stain. Bagi Anda yang ingin memberikan warna pada lantai kayu, maka sebelum mengaplikasikan pernis water based gunakan wood stain water based.

Apakah Pernis Kayu Terbaik untuk Lantai Kayu? Ini Dia yang Anda Cari
Aplikasi pernis water based dengan pad

Proses aplikasi dilakukan setelah lantai kayu disiapkan. Pertama aplikasikan lapisan pertama yang tipis dengan pad untuk menghindari naiknya minyak. Ratakan pernis searah serat kayu, dilakukan dengan cepat.

Lapisan pertama akan mengering dalam beberapa jam, dan dilakukan pengamplasan ambang setelah kering. Anda bisa mengaplikasikan dua atau tiga lapisan pernis yang tipis untuk memperkuat lapisan film yang dibuat.

5 Tips Mudah untuk Aplikasi Sempurna Polyurethane

Persiapan adalah hal yang sangat penting ketika Anda akan memulai finishing dengan pernis. Tidak hanya pada lantai kayu, furniture juga membutuhkan persiapan hanya saja cara yang dilakukan berbeda.

Anda perlu memulai dengan membersihkan ruangan dari furniture atau home decor yang akan mengganggu pekerjaan. mengosongkan ruangan adalah langkah pertama Anda. Lanjutkan dengan pengamplasan, pengamplasan dan pengamplasan.

Proses mengamplas tidak dilakukan satu kali namun beberapa kali secara bertahap dengan kertas amplas yang berbeda. Mulai dengan amplas yang paling kasar dan beralih ke yang halus.

Baca Juga:  4 Langkah Mudah Mengaplikasikan Polyurethane Sehalus Kaca

Bersihkan bekas debu amplas dengan mesin vakum. Jika Anda menemukan lubang pada lantai kayu atau lubang antar panel segera isi dengan wood filler. Pilih warna wood filler sesuai warna hasil finishing nantinya.

Apakah Pernis Kayu Terbaik untuk Lantai Kayu? Ini Dia yang Anda Cari
Pengamplasan sebelum finishing lantai kayu

Selain persiapan yang tepat, apapun jenis pernis yang Anda pilih ada beberapa hal yang perlu diingat. Anda akan mendapatkan hasil sempurna selama mengikuti beberapa tips mudah berikut:

  • Anda harus mengaplikasikan pernis pada permukaan kayu yang tidak memiliki lapisan pernis lain. Tidak semua lapisan pernis lama dapat ditumpuk. Jika Anda ingin menumpuknya dilakukan percobaan terlebih dahulu pada area yang tidak terlalu terlihat.
  • Jangan pernah mengocok kaleng pernis kayu atau mengocoknya dengan bahan pelarut. Anda hanya akan menimbulkan tampilan bubble dan rusak ketika diaplikasikan di permukaan kayu. Cukup dengan mengaduk perlahan ketika akan menggunakannya.
  • Selalu bekerja di tempat yang bersih bebas debu. Pastikan ruangan memiliki ventilasi udara (buka jendela dan pintu). Khususnya ketika Anda bekerja dengan pernis solvent atau minyak.
  • Anda bisa mencampurkan polyurethane berbasis minyak dengan thinner. Namun tidak semuanya karena beberapa bisa langsung diaplikasikan tanpa dilarutkan dengan bahan pelarut.
  • Ketika mengaplikasikan pernis jenis apapun penting untuk memulai pekerjaan dari angle yang berbeda. Jumlah pernis yang diaplikasikan tebal tipisnya tergantung dengan seberapa sering Anda akan menggunakan ruangan tersebut. Semakin sering digunakan maka semakin banyak lapisan coating yang perlu diaplikasikan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X