perbaikan lantai parket

5 Langkah Memperbaiki Warna Lantai Kayu dan Parket

Menggunakan lantai kayu di rumah? Pernahkah Anda melihat cacat warna pada permukaan lantai? Ada banyak sekali alasan yang membuat lantai kayu di rumah Anda menjadi rusak. Penyebab utamanya adalah karena sering dipijak atau memiliki foot traffic yang tinggi. 

Anda bisa dengan mudah mengetahui bagian mana saja yang sudah mulai rusak karena perbedaannya akan sangat terlihat. Area yang lebih cepat rusak biasanya adalah bagian depan pintu masuk utama, dapur, depan kamar mandi, tempat tidur dan di dekat sofa ruang keluarga. 

Tak perlu panik untuk menghadapi kerusakan tersebut. Anda juga tak perlu buru-buru memanggil tukang profesional untuk memperbaikinya. Kerusakan yang termasuk kecil ini bisa loh Anda perbaiki sendiri. Dengan begitu, Anda bisa lebih menghemat waktu serta biaya. 

Anda tidak perlu menunggu jadwal tukang profesional untuk memperbaikinya. Cukup dengan Biovarnish liquid stain, wood filler serta pernis Anda bisa memperbaikinya. Perhatikan saja pemilihan warnanya harus sama dengan bagian lantai kayu yang lainnya. Sehingga perbaikan yang dilakukan hasilnya tidak akan terlalu terlihat dan lantai tetap seragam.

Kenali Apa Saja Cacat Warna pada Parket

Ada lima langkah yang perlu Anda lakukan, pertama adalah mengetahui sejauh mana kerusakan tersebut terjadi. Jika Anda sudah mengetahui bahkan mengenali kerusakannya maka akan lebih mudah untuk menindak lanjuti ke tahapan perbaikan. Ada beberapa jenis kerusakan yang biasanya muncul. 

Berikut ini macam-macam penjelasan kerusakan warna yang sering muncul pada parket atau lantai kayu. 

  • Cacat warna akibat goresan ringan

Biasanya jika memiliki traffic rendah cacat goresan bisa saja muncul pada permukaan kayu. Cacat ini biasanya hanya merusak pada bagian lapisan coating lama saja. Bisa mencapai bagian pernis atau bahkan stain di bawahnya. Kayu tidak terkena dampak kerusakan, namun warna lantai akan berubah. Anda akan melihat bentuk goresan yang cukup jelas. 

  • Cacat warna akibat goresan yang dalam
Baca Juga:  Daftar Harga Cat Kayu 2015

Kerusakan ini termasuk dalam wilayah rusak sedang. Penyebabnya adalah penggunaan lantai kayu yang cukup tinggi, bukan sekedar dipijak tetapi menjadi area yang sering menerima beban berat. Misalnya saja roda koper, stroler bayi, dan sejenisnya. Kerusakan ini cukup dalam sehingga menembus lapisan coating hingga ke bagian permukaan kayu. Tak hanya warna yang berbeda, tetapi Anda juga bisa merasakan kerusakan tekstur saat merabanya. 

  • Cacat lubang akibat benda tajam atau tumpul

Jenis cacat warna yang ketiga diakibatkan oleh benda tumpul atau benda tajam yang terjatuh di atas lantai baik disengaja atau tidak. Bisa dibilang kerusakan ini hanya terjadi di bagian tertentu saja. Paling sering adalah di ruang keluarga atau dapur. Anda bisa melihat dengan sangat jelas kerusakannya karena menembus ke dalam kayu. 

Menghilangkan Kerusakan Warna Pada Lantai Kayu

Langkah kedua ini bisa dilakukan hampir disemua cacat warna pada lantai parket. Anda perlu menghilangkan kerusakan warna pada bagian tersebut supaya mempermudah lapisan coating baru untuk menempel. Ada beberapa langkah yang perlu Anda dilakukan yaitu sebagai berikut:

  1. Buatlah area melingkar yang membatasi permukaan lantai dengan warna memudar. Bagian tersebut nantinya yang akan diperbaiki. 
  2. Amplas bagian tersebut dengan kertas amplas nomor 150 atau 180. Kemudian berganti ke nomor 220. Pastikan lapisan coating di atasnya benar-benar sudah setelah diamplas. 
  3. Bersihkan permukaan bekas amplas tersebut dengan benar, Anda bisa membersihkannya dengan kain kering atau kain microfiber. 

Ketiga langkah ini harus dilakukan dengan benar. Pastikan area yang dibersihkan tersebut berjarak 5 cm dari bagian yang rusak. Sehingga warna yang dihasilkan nantinya bisa menyatu. 

Melakukan Perbaikan Pada Cacat Kayu 

Langkah ketiga memperbaiki warna lantai kayu dan parket ini memungkinkan jika kerusakannya masuk ke kategori cacat sedang dan berlubang. Karena kerusakannya sampai pada kayu maka perbaikan kayu harus didahulukan, supaya permukaanya rata.

Baca Juga:  Membuat Tampilan Meja Makan Minimalis Lebih Mewah

Tekstur menjadi keutamaan disini, Anda harus mengecat pada permukaan kayu yang datar. Nah untuk memperbaikinya, perlu pengamplasan serta penggunaan wood filler. Anda bisa menggunakan Biovarnish wood filler dan pilihlah warna sesuai dengan hasil akhir yang sama dengan stain. 

Jika ingin menggunakan wood filler, berikut ini langkah-langkah yang perlu diikuti.

  1. Perhatikan bagian mana saja yang berlubang atau terkena cacat goresan. 
  2. Campurkan Biovarnish wood filler dengan sedikit air dan aduk hingga bercampur rata. 
  3. Isikan kemudian ratakan wood filler pada area yang tergores atau berlubang dengan scrape. 
  4. Tunggu selama 20 menit kemudian baru amplas dengan kertas amplas nomor 240. Anda harus menggunakan amplas aluminium oxide. 
  5. Amplaslah searah serat kayu hingga wood filler rata tak terlihat mencolok. Bersihkan debu amplasnya. 

Anda bisa melewati proses ini jika kerusakan yang ditimbulkan adalah goresan ringan. Cara mengetahuinya apabila cara menghilangkan warna kayu sudah diterapkan. 

Memperbaiki Kerusakan Warna dengan Liquid Stain

Saatnya memperbaiki warna pada lantai kayu. Disini Anda bisa menggunakan Biovarnish liquid stain yang tersedia dalam 20 pilihan warna. Sebaiknya pilih warna yang benar-benar mirip. Jika perlu cobalah pada sepotong kayu yang mirip dengan parket di rumah. Tes seperti apa warnanya dan berapa lapisan yang dibutuhkan untuk mendapatkan warna yang sama. 

Apabila Anda sudah mendapatkan warna yang tepat, saatnya untuk menduplikasinya pada lantai kayu yang sudah dipersiapkan. Berikut ini langkah-langkah aplikasi Biovarnish liquid stain. 

  1. Bersihkan permukaan kayu dengan kain yang kering. 
  2. Larutkan Biovarnish liquid stain dengan air menggunakan perbandingan 2:1 air. Pastikan cat larut dan tidak terdapat endapan. Anda juga bisa menggunakan alat NK2 dan mendapatkan viskositas 11-12 detik. 
  3. Kuaskan larutan liquid stain ke permukaan yang tadi sudah dibersihkan. Pastikan searah serat kayu dan jangan sampai melewati batas yang sudah diisolasi. Kuas tipis saja. 
  4. Tunggu cat mengering selama 60 menit, kemudian buka isolasi kertas yang menempel. Amplas permukaan tersebut secara ambang dengan kertas nomor 400.
  5. Bersihkan debu dengan kain kering kemudian ulangi proses pengecatan. Kali ini ingat-ingat bagian batasan yang sudah dibuka. 
  6. Kuaskan dengan searah serat kayu dan pastikan warnanya menyatu dengan bagian lain pada lantai. 
  7. Tunggu kering, kemudian amplas ambang. Anda bisa mengulanginya hingga mendapatkan warna yang sama. 
Baca Juga:  Cara Aplikasi Sanding Sealer Indoor Pada Kayu Albasia

Menyamakan Lapisan Pernis

Lapisan terakhir yang dibutuhkan adalah pernis, dimana Anda bisa menggunakan Biovarnish clear coat gloss atau Biothane. Cara aplikasi kedua bahan ini kurang lebih sama dan pilih yang memberikan tampilan gloss.

Proses aplikasinya juga tak jauh berbeda dengan Biovarnish liquid stain. Berikut ini langkah-langkahnya. 

  1. Bersihkan permukaan lantai dengan kain kering. 
  2. Campurkan Biovarnish clear coat gloss atau Biothane dengan air. Gunakan perbandingan 2:1 dan aduk hingga merata tak ada endapan. 
  3. Pastikan Anda menggunakan kuas baru dan bekas aplikasi liquid stain. 
  4. Kuaskan pernis ke permukaan lantai searah serat kayu. Sapuan kuas haru sama seperti aplikasi liquid stain terakhir supaya menyatu dengan pernis di bagian lainnya. 
  5. Tunggu pernis kering selama 24 jam. Pastikan tak ada yang menginjaknya sebelum bagian tersebut benar-benar kering. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X