Bagaimana Cat Kayu Besi Yang Aman?

Apakah Anda sering menemukan bau menyengat yang keluar dari furniture atau cat? Anda harus waspada ketika muncul aroma tersebut karena pertama akan menimbulkan sesak napas, kemudian iritasi mata dan jika kulit Anda terkena pasti akan berubah menjadi gatal. Nah gejala tersebut muncul karena tubuh Anda telah menyerap logam berat yang dikeluarkan oleh cat kayu besi pada furniture. Jika dilakukan terus menerus maka Anda akan mengancam kesehatan bahkan nyawa Anda.

Bagaimana Cat Kayu Besi Yang Aman?

Jika Anda akan melakukan finishing sendiri atau sedang mencari furniture maka sadarilah bahaya bahan finishing yang menyebarkan logam berat tersebut. Apabila Anda ingin menjaga kesehatan maka sebaiknya gunakan cat kayu besi yang aman. Seperti apakah cat kayu besi yang aman tersebut? Jenis cat kayu bes yang aman adalah tidak mengandung logam berat, salah satunya yang sering digunakan di masyarakat saat ini adalah cat water based.

Cat kayu water based dianggap aman karena cat ini diciptakan atas kekhawatiran manusia yang sudah terlalu sering menggunakan cat solvent dan cat minyak. Memang benar penggunaan cat minyak sudah dimulai sejak abad pertengahan hingga saat ini tetapi cat water based sudah mulai menggeser kedudukannya di mata manusia. Cat water based tidak mengandung logam berat seperti cat solvent. Jika masih mengandung logam berat maka kadarnya pun sedikti dan cenderung tidak berbahaya.

Di Amerika penggunaan bahan kimia berbaha seperti merkuri bahkan telah dilarang sejak tahun 1990. Karena kandungan merkuri ini sangat mengancam kesehatan manusia dan lingkungan hidup.

Di Amerika telah dibentuk standar regulasi penggunaan bahan kimia berbahaya seperti VOC yang diberi nama US EPA ( The Enviromental Protection Agency). Sedangkan untuk di Eropa terdapat ECHA (European Chemical Agency) yang mengatur standar penggunaan logam berat pada seluruh bahan finishing, kulit dan juga   seluruh produk yang digunakan manusia tidak mengandung logam berat yang berbahaya.

Setidaknya jika Anda ingin mendapatkan pproduk cat kayu besi yang aman maka produk finishing harus memenuhi standar kedua regulasi tersebut.

Bahaya Cat Yang Harus Dipahami

Jika Anda mengabaikan penggunaan cat kayu besi aman maka jangan kaget akan resiko yang akan Anda rasakan. Mungkin saat ini Anda tidak merasakan efek dari gas pada cat yang berada di udara, tetapi efek negatifnya bisa dirasakan pada beberapa tahun mendatang.

Bahkan ada pula yang menimbulkan efek penyakit pada keturunan. Untuk itu ketahuilah bahan kimia apa saja yang berbahya berikut dengan efek negatifnya yang akan muncul apabila masuk dalam tubuh.

  1. Formaldehyde

Bagaimana Cat Kayu Besi Yang Aman?

Formaldehyde adalah logam berat yang berbentu gas yang tiodak berbau, tidak berwarna sedangkan jika bentuknya cairan disebut dengan formalin. Kandungan ini bisa ditemukan pada banyak jenis bahan finishing kayu dan besi. Mengapa bahan ini digunakan?   formaldehyde berfungsi untuk mempermudah aplikasi pada material kayu, mempermudah untuk bahan cat mengeras dan membentuk lapisan film.

Baca Juga:  Produsen  Cat Kayu Tahan Air BioVarnish Di Indonesia

Terlalu banyak menghirup gas formadehyde akan mengganggu sistem kekebalan tubuh. Apabila terkena kulit secara langsung akan menimbulkan iritasi kulit yang parah bahkan bisa mengaklibatkan luka bakar.

  1. Timbal

Timbal dikenal dengan lead (Pb/Plumbum). Timbal adalah material logam berat dengan efek racun yang sangat tinggi dan berbahaya. Kandungan timbal sering digunakan pada cat untuk pemberian warna atau pigmen khususnya pada warna-warna yang terang atau cerah. Jika terkena timbal maka resiki yang akan timbul adalah serangan sistem saraf otak.

Bagaimana Cat Kayu Besi Yang Aman?

  1. Merkuri

Kandungan merkuri pada cat hingga saat ini masih cukup banyak. Padahal penggunaan mercur ini dapaty menimbulkan keracunan pada tubuh manusia. Mercuri sendiri berfungsi untuk memberikan funsgi anti jamur dan juga pigmen maka peranannya di dalam cat sangat penting. Padahal apabila gas merkuri pada cat dihirup oleh manusia akan menimbulkan berbagai macam efek yaitu otot melemah,kaku apda bagian tangan dan kaki, masalah apda ginjal serta penurunan kemampuan intelegensi manusia bahkan anak-anak.

Bagaimana Cat Kayu Besi Yang Aman?

  1. Cobalt

Cobalt adalah Co Abbreviated yang merupakan logam berat yang tidak dapat ditemukan di alam tetapi diciptakan oleh manusia dari campurna banyak bahan kimia. Funsgi dari cobalt di dalam cat adalah untuk mempercepat proses kering sehingga lapisan film terbentuk dengan cepat. Maka semakin tinggi kandungan cobalt cat akan semakin cepat kering. Akan tetapi penggunaan cobalt sanagt mengancam kesehatan manusia baik terhirup maupun terkena kulit. Cobalt yang mengenai kulit dapat merusak lapisan kulit ari dan menimbulkan dermatitis.

Bagaimana Cat Kayu Besi Yang Aman?

  1. Cadmium

Simbol kimia dari Cadmium adalah Cd merupakan ogam berat yang berwarna putih dan merupakan komponen tinggi beracun pada cat. Jika digunakan pada cat, cadmium berfungsi untuk memberikan pigmen warna kuning dan merah untuk mewarnai plastik. Jika pada cat besi juga berfungsi untuk memberikan warna silver. Efek yang ditimbulkan oleh cadmium pada tubuh manusia adalah mengancam pada tulang, sistem saraf otak dan sistem kekebalan tubuh. Cadmium merupakan penyebab utama kanker, keguguran atau gangguan fungsi reproduksi. Jika terhirup terus menerus maka akan menimbulkan sesak napas bahkan gangguan pernapasan akut.

Bagaimana Cat Kayu Besi Yang Aman?

  1. Nickel

Bahan logam berat nickel (Ni) memiliki tampilan warna silver dengan semburat emas.logam berat ini akan mencegah timbulnya karta dan sangat mudah beraksi walaupun reaksi yang ditimbulkan sangat lamban apabila pada suhu normal. Jika nickel digunakan pada cat dan dihirup oleh manusia maka akan menimbulkan banyak maslah kesehatan seperti allergi kulit atai dematitis. kUlit akan menjadi gatal dan berubah menjadi merah. Akan menimbulkan penyakit pernapasan yang parah apabila dihirup terus menerus.

Baca Juga:  Distributor Cat Dasar Kayu Aman BioColours Termurah

Bagaimana Cat Kayu Besi Yang Aman?

  1. Chromium

Chromium (Cr) merupkan salah satu logam berat berwarna silver yang akan mencegah timbulnya karat. sangat sering digunakan pada kandungan cat besi. Fungsinya pada cat adalah memberikan warna silver dan mencegah timbulnya karat. Jika terlalu banyak menghirup chromium maka akan menimbulkan iritasi kulit dan efeksi dari karsinogenik.

 Bagaimana Cat Kayu Besi Yang Aman?

Standar Kandungan VOC Pada Cat Kayu Besi

Jika Anda sudah mengetahui bahaya kandungan logam berat yang ada pada cat maka Anda juga harus tahu berpakah standar regulasi VOC (Volatile Organic Compound) yang seharusnya. VOC adalah bahan baku cat yang tidak bisa dihilangkan akan tetapi penggunannya dapat dibatasi. VOC sangat berpotenis menimbulkan polusi udara di dalam ruangan. Bahkan berpotensi untuk menimbulkan berbagai macam penyakit pada tubuh manusia.

Cat Kayu Besi Water Based Orchid Kelas DuniaDalam US EPA, jumlah VOC yang digunakan apda setiap jenis cat berbebda bahkan US EPA selalu menentukan batas maksimal penggunaan VOC. Setiap tahunnya penggunaan VOC pada cat kayu besi yang aman selalu berkurang. Ini membuat banyak produsen cat harus selalu memperbaharui formula cat yang aman dan ramah lingkungan. Walaupun begitu tidak semua perusahaan cat mengikuti standar tersebut. Untuk standar regulasi terakhir penggunaan VOC di tahun 2016 maksimal adalah 350 gr per liternya. Akan tetapi Anda juga harus cermat pada produk yang akan digunakan sebelum membelinya.

Cat kayu besi Orchid yang memenuhi standar tersebut kini bisa Anda dapatkan dengan mudah dan juga bisa Anda dapatkan dengan harga murah dibandingkan dengan cat water based konvensional lainnya. Jika Anda ingin mendapatkan cat ini maka segera beli melalui website ini yang menyediakan berbagai macam kebutuhan finishing warna solid dan juga warna natural water based.

Tak Hanya Aman, Cat Enamel Orchid Membawa Segudang Kelebihan Ini

Masalah keamanan memang menjadi fokus yang utama, tetapi ada juga faktor lain yang harus diperhatikan.  Faktor yang dimaksud adalah soal proses aplikasi, penampilan hingga perlindungannya. Karena saat ini masih banyak masyarakat yang ragu akan tampilan cat dengan pelarut air. 

Keraguan tersebut dikarenakan masih banyak yang belum membuktikan sendiri bahwa cat kayu besi dengan pelarut air tidak ada beda kualitas dari cat konvensional. Padahal jika dilihat dari kelebihannya dari segala sisi, cat water based memiliki standar yang cukup tinggi. 

Jika tidak, mana ada orang yang menggunakannya untuk mengecat pagar? Ditambah lagi cat Orchid memiliki kandungan zincalume yang mencegah timbulnya karat. Menggunakan material besi atau kayu untuk furniture perlu didampingi dengan bahan finishing yang tepat. 

Baca Juga:  Tampak Feminim! Meja Rias Shabby Chic dengan Cat Duco Kayu

Oleh karena itu, tak hanya aman cat Orchid juga memberikan segudang kelebihan sebagai berikut ini:

  • Cukup dengan kuas cat bisa diaplikasikan merata

Anda kesulitan mendapatkan atau menggunakan kompresor dan spray gun? Jangan khawatir karena cat Orchid bisa diaplikasikan menggunakan kuas. Cukup siapkan kuas dengan bulu nilon yang baru dan berkualitas baik. 

Kuas adalah alat yang mudah didapatkan dan juga murah. Anda bisa membelinya di toko besi terdekat dengan segala ukuran. Orchid yang diaplikasikan dengan kuas juga bisa menghasilkan tampilan yang rapi bebas brush mark. 

  • Waktu kering lebih cepat

Anda berencana mengecat pagar? Atau ingin mengecat furniture kayu besi di musim hujan? Tidak masalah karena cat Orchid adalah produk yang bisa diaplikasikan kapanpun. Waktu kering lebih cepat dan Anda tidak perlu menjemurnya. Dengan kata lain cat bisa kering hanya di dalam ruangan saja. 

Waktu kering lebih cepat ini adalah setiap lapisan coating hanya dibutuhkan 60 menit saja. Kemudian jika warna dirasa kurang gelap atau tajam Anda bisa mengulangi aplikasinya hingga beberapa kali. Dengan waktu kering lebih cepat Anda tak perlu berlama-lama dalam hal finishing. 

  • Daya tutup yang sangat tinggi

Soal daya tutup seringkali menjadi masalah pada saat pengecatan besi. Furniture dari besi tidak sama seperti kayu yang membutuhkan primer. Besi harus ditutup langsung dengan cat enamel, jadi jika daya tutupnya tidak baik maka hasil finishing akan berantakan. 

Cat Orchid menawarkan hasil finishing yang lebih baik dengan daya tutup yang tinggi sehingga warna bisa lebih menawan. Furniture akan tertutup dengan cat secara maksimal tanpa takut lapisan coatingnya masih transparan dan memperlihatkan warna besi asli. 

  • Banyak pilihan warna untuk berbagai desain

Cat Orchid menyediakan 20 warna solid yang bisa menutup furniture dengan sempurna. Semua pilihan warna ini juga dilengkapi pilihan metalik seperti pearl atau gold. Jika Anda ingin menggunakan desain minimalis, warna solid seperti abu-abu atau hitam cocok untuk dipilih. 

Tapi jika Anda ingin mendapatkan desain klasik, maka warna-warna metalik bahkan cooper pun bisa dipilih. Cat Orchid menyediakan banyak pilihan warna supaya Anda bisa menggunakannya untuk berbagai macam desain. 

  • Bisa digunakan untuk struktur bangunan

Inilah yang terpenting, tidak semua cat bagus untuk struktur bangunan. Misalnya saja kusen, rangka atap yang terekspos atau pintu. Semua struktur bangunan tersebut sama halnya furniture membutuhkan perlindungan yang maksimal dari cat. 

Apalagi struktur bangunanyang menopang agar bangunan tetap kokoh. Penggunaan cat yang kuat seperti Orchid bukan hanya memberikan tampilan indah tetapi juga melindungi. 

Bagi Anda yang ingin membeli cat Orchid bisa langsung melakukan pembelian di:

  1. https://www.tokopedia.com/biopaint102
  2. https://www.tokopedia.com/bioindustrieso
  3. https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries
  4. https://www.tokopedia.com/bioindustries

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X