Cara Lengkap Menggunakan Sanding Sealer Terbaik untuk Meja Makan

Cara Lengkap Menggunakan Sanding Sealer Terbaik untuk Meja Makan

Mengecat meja makan bukanlah perkara yang mudah. Pemilihan cat, alat, mengenal apa saja lapisan cat yang digunakan membutuhkan waktu tersendiri. Jika Anda adalah orang yang sibuk, mengecat meja makan menggunakan kuas adalah jalan keluar terbaik. Namun jika Anda memiliki banyak waktu luang di akhir pekan sebaiknya gunakan waktu tersebut untuk menciptakan proyek finishing meja makan di rumah.

Coba untuk perhatikan kembali meja makan kayu di rumah Anda. Apakah penampilannya masih sama seperti awal membeli? Apakah banyak noda yang muncul mulai dari bekas tatakan gelas atau bekas piring, beberapa bekas noda tumpahan air yang menggenang atau bahkan banyak goresan di permukaan top table.

Jika menemukan banyak cacat pada meja makan kayu di rumah, maka sekarang saatnya untuk memperbaharui tampilannya. Langkah pertama adalah memikirkan hasil akhir, akan lebih mudah jika Anda mengetahui apakah hasil akhir yang diinginkan.

Banyak warna yang bisa dipilih, Anda bisa memilih warna solid atau memilih warna natural. Pemilihan warna ini tentu saja disesuaikan dengan gaya, material kayu yang digunakan, dan juga keinginan Anda. Sebagai saran jika kayu yang digunakan adalah jenis kayu keras seperti kayu jati atau sonokeling sebaiknya pilihlah warna natural.

Finishing warna natural cocok diaplikasikan pada jenis kayu tersebut karena akan memperlihatkan warna dan juga serat kayu secara menonjol. Kedua adalah bahan finishing apakah yang harus digunakan untuk mewujudkan finishing warna natural?

Cara Lengkap Menggunakan Sanding Sealer Terbaik untuk Meja Makan
meja makan dengan finishing natural memperlihatkan keindahan serat kayu

Kebanyakan orang akan langsung menggunakan pernis dan juga plitur. Padahal satu lapisan cat saja tidak cukup untuk melindungi dan memberikan lapisan terbaik pada meja makan kayu. Diperlukan setidaknya empat lapisan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga:  9 Tips Mengecat Furniture Lama Menjadi Baru Layaknya Profesional

Empat lapisan cat ini terdiri dari wood filler, wood stain, sanding sealer dan juga top coat. Apabila Anda menggunakan keempat lapisan cat ini maka meja makan kayu di rumah akan terlindungi dan memiliki tampilan yang baru lebih lama daripada sebelumnya.

Banyaknya lapisan cat ini akan memberikan perlindungan pada meja makan dari goresan, tumpahan air, suhu panas dan dingin dari gelas atau piring. Namun sekali lagi jenis cat yang digunakan haruslah aman dan ramah lingkungan khususnya untuk top coat yang menjadi lapisan paling akhir.

Di sisi lain Anda juga harus memperkuat lapisan dasar cat yakni penggunaan wood filler dan juga sanding sealer. Keduanya adalah bahan penting yang akan membuat lapisan dasar pada meja makan sangat kuat. Apabila Anda ingin menggunakannya pilihlah produk BioColours. Mulai dari wood filler, wood stain, sanding sealer dan juga top coat produk BioColours akan memberikan perlindungan yang sangat maksimal.

Langkah-Langkah Menggunakan Sanding Sealer

Persiapan yang dilakukan untuk mengecat ulang meja makan di rumah pun akan lebih mudah jika Anda sudah mempersiapkan tempat yang nyaman untuk bekerja. Jangan pilih mengerjakan di luar ruangan tanpa atap karena cuaca yang tidak menentu akan merusak hasil finishing nantinya. Pilihlah tempat yang aman dan nyaman seperti garasi atau carport.

Pindahkah meja makan ke area tersebut dan persiapkan peralatan. Cara pertama yang dilakukan adalah menghiangkan lapisan cat yang lama. Jangan lupa untuk menggunakan peralatan kemanan seperti masker dan juga sarung tangan. Anda akan menggunakan bahan paint remover yang cukup keras sehingga perlindungan diri sangat dibutuhkan.

Cara Lengkap Menggunakan Sanding Sealer Terbaik untuk Meja Makan
pengamplasan untuk menghilangkan lapisan cat lama

Hilangkan lapisan cat lama sesuai dengan petunjuk pemakaian bahan penghilang cat yang telah dibeli. Setelah lapisan cat hilang amplas seluruh permukaan meja makan dengan amplas, jika menggunakan amplas listrik gunakanlah untuk memperepat pengerjaan.

Baca Juga:  Bingung dengan Jamur Blue Stain? Atasi dengan Cara Mudah Ini

Lanjutkan dengan membersihkan debu bekas pengamplasan dengan kain lap mikrofiber yang telah dibasahi. Biarkan debu benar-benar hilang kemudian siapkan wood filler untuk menambal bagian meja yang peyok, memiliki luka gores yang dalam atau lubang karena rayap. Isilah dengan wood filler kemudian ratakan ke seluruh permukaan meja makan.

Tunggu BioColours wood filler mengering baru dilanjutkan dengan pengamplasan. Gunakan amplas 240 (bisa menggunakan hand sander) dan lanjutkan dengan menghilangkan debu sisa amplas. Pengamplasan harus menghasilkan meja makan terlihat warna dan juga seratnya. Pastikan permukaan meja sudah halus, gunakan jari untuk meraba dan memastikan permukaan halus.

Penggunaan BioColours sanding sealer cukup mudah, Anda bisa mencampurkan sanding sealer dengan air kemudian aduk hingga rata. Pastikan menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata. Semprotkan ke seluruh area meja makan hingga rata. Tunggu lapisan sanding sealer mengering baru lanjutkan dengan pengamplasan.

Amplas permukaan meja makan hingga menjadi halus, gunakan amplas 400 dan dilakukan secara ambang saja. Bersihkan debu amplas dan meja makan siap untuk dilapisi wood stain. Aplikasi wood stain sama persis dengan aplikasi sanding sealer bahkan perbandingan larutan cat dan air juga sama.

Hanya saja apabila warna yang dihasilkan oleh wood stain masih kurang gelap Anda bisa mengulangi pengecatan hingga warna sesuai. Anda bisa mengulangi aplikasi hingga 2 atau 3 kali lapisan. Pastikan saja setiap akan memberikan lapisan tambahan Anda harus mengamplas ambang dengan amplas 400 dan bersihkan debu amplas.

Lapisan akhir adalah BioColours top coat. Gunakan cara yang sama lagi namun untuk proses pengeringan Anda membutuhkan waktu 24 jam sebelum menggunakan meja makan kembali. Sebaiknya setelah selesai aplikasi sanding sealer dan lapisan cat mengering sekitar 2 jam Anda bisa memindahkan meja makan ke tempat yang kering dan memiliki ventilasi udara yang baik.

Baca Juga:  Lingkungan Tidak Tercemar Dengan Cat Kayu Water Based

Perawatan Meja Makan Tetap Aman

Bagi Anda yang memiliki anak-anak maka meja makan pasti akan lebih cepat rusak. Apalagi Anda sedang mengajari anak Anda makan. Banyak noda yang akan tumpah dan mengotori meja makan. Tidak usah khawatir karena Anda bisa membersihkan dan melakukan perawatan meja makan secara rutin agar tampilan dan perlindungannya tetap terjaga.

Cara Lengkap Menggunakan Sanding Sealer Terbaik untuk Meja Makan
pemolesan meja makan

Setiap satu bulan sekali, Anda bisa memberika poles kayu pada meja makan. Anggap proses  ini seperti kegiatan sehari-hari bahkan merawat meja makan dengan bahan poles bukanlah proses yang sulit. Produk yang bisa digunakan sebagai bahan poles adalah Biopolish Beeswax.

Menggunakan produk Biopolish Beeswax sangat mudah, cukup menggunakan kain katun yang bersih dan kering kemudian usapkan Biopolish ke seluruh permukaan meja makan. Biasanya area yang cepat rusak adalah top table. Usapkan dengan cara memutar hingga warna meja makan berubah menjadi lebih cerah.

Cukup usapkan sedikit saja agar kayu tidak menjadi lengket dan mengganggu aktivitas di meja makan. Pemolesan yang terlalu berlebihan juga tidak baik untuk kayu dan akan memicu timbulnya jamur jadi sebaiknya aplikasi dilakukan setipis mungkin.  Justru aplikasi tipis akan menghemat biaya membeli produk bukan?

Jika Anda melakukan perawatan dengan rutin maka meja makan akan lebih tahan lama ditambah dengan penampilan yang menawan sepanjang masa.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X