Cara Dempul Kayu Yang Baik Untuk Berbagai Macam Cacat

Cara Dempul Kayu Yang Baik Untuk Berbagai Macam Cacat

Anda ingin bisa mendempul dengan cara yang cepat dan juga memberikan hasil yang maksimal? Saatnya Anda mengaplikasikan dengan cara mudah yaitu menggunakan dempul kayu. Sebelum Anda mengenal aplikasi menggunakan dempul maka Anda pasti akan menemukan berbagai macam cara seperti menggunakan lem putih yang banyak digunakan oleh para pengrajin.

Aplikasi menggunakan lem putih memang tidak salah namun Anda bisa memilih antara lem putih dan juga dempul kayu manakah yang akan memberikan hasil terbaik? Seperti yang telah Anda ketahui jika aplikasi lem pasti akan meninggalkan bekas yang dikenal dengan glue line.

Timbulnya glue line yang diakibatkan oleh adanya kandungan formalin tentu saja akan sangat mengganggu penampila dari furniture yang telah diciptakan. Terlebih lagi jika furniture yang digunakan telah difinishing menggunakan warna putih. Tentu saja efek menguning dari formalin juga akan muncul.

Menghindari efek yang diberikan oleh lem putih maka sebaiknya Anda memilih dempul kayu. Memilih jenis dempul kayu yang akan digunakan juga tidak boleh sembarangan karena ada banyak sekali dempul kayu yang juga tidak memberikan hasil maksimal.

Sebelum masuk ke dalam cara dempul kayu yang baik pada cacat kayu maka sebaiknya Anda memilih jenis dempul yang akan digunakan.

Pemilihan Dempul Untuk Memperbaiki Cacat Kayu

Dempul tidak hanya untuk menutup warna kayu atau serat kayu namun juga bisa digunakan untuk menutup cacat yang muncul pada permukaan kayu. Pada intinya dempul dirancang untuk memiliki partikel yang cukup besar untuk diaplikasikan pada pori kayu yang berukuran besar atau cacat pada kayu yang berukuran minimal 2mm.

Cara Dempul Kayu Yang Baik Untuk Berbagai Macam Cacat
Lantai kayu yang rusak.

Dempul yang baik akan mengisi pori kayu dengan baik dan dapat mengendap sekaligus mengikat pada pori kayu. Sehingga akan didapatkan permukaan kayu yang datar dan juga halus. Jenis dempul yang direkomendasikan tentu saja adalah dempul yang berbahan dasar air.

Baca Juga:  Cara Memilih Dempul Kayu Yang Bagus Untuk Finishing

Alasan utamanya adalah masalah kesehatan.Dempul akan diamplas setelah mengering jika Anda menggunakan dempul solvent maka hasilnya tidak akan maksimal, serbuk dempul akan berterbangan di udara di dihirup oleh manusia yang megakibatkan penyakit.

Inilah alasan utama mengapa Anda harus memilih dempul yang aman dan juga ramah lingkungan seeprti dempul kayu BioColours. Dempul ini disebut dengan BioColours Wood Putty.  Produk ini memiliki berbagai macam kelebihan yaitu tidak menimbulkan bau yang mengakibatkan tidak berbahaya.

Hasilnya pun tidak seperti lem putih karena bahannya yang terbuat dari air tidak akan menimbulkan bekas glue line. Paling penting adalah bahan yang digunakan akan menutup serat kayu dengan baik ketika Anda menginginkan hasil finishing warna duco.

Kebanyakan dempul tidak dapat menutup warna kayu dengan baik. Sehingga banyak masalah yang timbul ketika Anda akan melakukan finishing furniture warna putih namun serat kayu akan tetap terlihat belum lagi dengan adanya bekas glue line karena memperbaiki cacat kayu menggunakan lem putih. Alhasil furniture tidak akan tampak indah terlebih dalam waktu yang lama.

Jika Anda sudah mendapatkan produk dempul kayu terbaik maka saatnya Anda mencoba untuk mengaplikasikannya secara langsung pada cacat kayu yang telah Anda miliki.

Aplikasi Dempul Untuk Cacat Kayu Yang Dalam

Ada banyak sekali cacat kayu yang timbul tergantung dengan ukuran yang didapatkan. Cacat kayu yang membutuhkan ekstra aplikasi adalah cacat yang memiliki ukuran dalam misalnya lebih dari 10mm. Ukuran tersebut adalah ukuran yang cukup besar untuk bisa diperbaiki. Maka Anda harus menggunakan dempul yang telah dicampur dengan bahan lainnya.

Misalnya saja Anda akan memperbaiki jenis kayu jati belanda yang kini banyak digunakan. Anda akan mendapatkan hasil finishing warna kuning. Namun cacat kayu pada kayu jati belanda cukup banyak mengingat mata kayu dan juga retakan pada kayu cukup banyak dan besar.

Baca Juga:  Finishing Kayu Kelapa Tidak Harus Sulit, Lihat Di Sini!

Maka Anda harus menyiapkan bahan-bahan seperti : serbuk kayu jati belanda yang telah disaring sehingga mendapatkan serbuk kayu yang benar-benar halus. Kemudian siapkan juga pisau pallet dan juga BioColours wood putty warna putih. Siapkan amplas dengan nomor 240.

Untuk mempersiapkan aplikasi pastikan Anda telah mendapatkan kayu jati belanda yang kering agar jamur tidak tumbuh dengan cepat setelah proses aplikasi. Jika sudah maka Anda bisa langsung mengamplas permukaan kayu hingga mendapatkan permukaan yang halus. Pastikan juga lubang kayu telah bersih dan tidak tertutup debu amplas atau kotoran yang lainnya.

Jika alat dan persiapan telah selesai maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Campurkan sedikit demu sedikit serbuk kayu dengan BioColours Wood Putty.
  • Pastikan serbuk dam dempul tercampur hingga rata agar bisa melekat dengan baik.
  • Isikan bagian cacat kayu dengan campuran dempul tersebut hingga benar-benar penuh.
  • Tunggu kering sekitar 20 menit tanpa harus dijemur cukup diangin-anginkan saja.
  • Amplas permukaan kayu hingga benar-benar halus. Pastikan semua cacat telah tertutup dan permukaan berubah menjadi rata.
  • Aplikasikan kembalu BioColours wood putty yang tidak dicampur dengan serbuk kayu ke seluruh permukaan kayu.
  • Pastikan seluruh permukaan tertutup dengan dempul hingga serat kayu tidak terlihat.
  • Anda bisa mengaplikasikan BioColours Wood Putty hingga beberapa kali namun jangan lupa untuk setiap lapisan harus dilakukan proses pengamplasan dengan kertas amplas nomor 240.

Anda yang telah menggunakan BioColours wood putty pasti bisa membedakan hasil yang diberikan dibandingkan dengan jenis dempul lainnya. Terlebih lagi ketika proses aplikasi Anda tidak akan menemukan aroma menyengat yang biasanya muncul.

Bahan yang digunakan adalah air sehingga produk ini adalah dempul kayu yang aman dan juga ramah lingkungan. Anda tidak perlu khawatir bahan beracun atau logam berat yang biasanya terkandung dalam dempul jenis lainnya.

Baca Juga:  Bermasalah dengan Kayu Suren Mulai Memudar? Lakukan Ini Untuk Perbaikan
Cara Dempul Kayu Yang Baik Untuk Berbagai Macam Cacat
Campuran serbuk kayu dengan wood putty.

BioColours Wood Putty adalah produk dempul water based yang bisa Anda aplikasikan kapan saja karena kecepatan kering amplas yang tidak mencapai waktu 1 jam. Jika Anda akan menggunakannya pada produksi industri maka akan sangat menghemat waktu. Belum lagi Anda tidak perlu menjemur kayu yang telah diaplikasikan dempul agar benar-benar menjadi rata dan juga halus.

Kelebihan lainnya jika Anda menggunakan dempul BioColours wood putty adalah bahan yang dibuat akan mengikat dan melekat dengan baik pada pori-pori kayu. Anda tidak perlu khawatir akan efek peeling seperti yang terjadi pada dempul lainnya.

Anda tidak akan mendapatkan efek peeling sehingga tidak akan boros. Memberikan hasil yang maksimal karena dengan campuran serbuk kayu lubang cacat akan terisi dengan baik seolah-oleh tidak ada cacat kayu sejak awal.

Jika Anda akan langsung melakukan pengecatan, wood putty BioColours akan memberikan hasil yang maksimal dengan Anda melapisi BioColours Primer Coat di atasnya. Setelah Anda mengaplikasikannya Anda bisa memulai dengan Bioduco warna kuning. Terakhir dengan BioColours Top Coat maka akhirnya akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X