Mengenal Pernis dan Fungsinya

Pernis adalah salah satu jenis bahan finishing yang biasa diaplikasikan pada produk-produk kayu. Sebagaimana bahan finishing kayu lainnya, fungsi pernis adalah untuk meningkatkan estetika dan melindungi produk-produk kayu.

Pernis adalah salah satu bahan untuk finishing kayu.
Pernis adalah salah satu bahan untuk finishing kayu.

Pernis merupakan salah satu jenis bahan finishing yang terkenal karena kepraktisannya. Bahan ini bisa langsung diaplikasikan pada berbagai produk kayu tanpa menggunakan bahan finishing yang lain. Namun demikian, pernis juga bisa diaplikasikan dalam sistem coating menggunakan bahan-bahan lain. Keunggulan finishing dengan pernis selain kepraktisannya adalah kualitas estetikanya yang mampu menampilkan keindahan kayu alami. Pernis hadir dengan berbagai warna namun umumnya tetap bisa memperlihatkan keindahan serat kayu di bawahnya.

Karena praktis dan hasil finisingya menarik, berbagai proses finishing kayu pun banyak memanfaatkan pernis. Metode finishing dengan pernis kayu banyak diminati untuk lantai kayu, kusen pintu, lis perahu, hingga lemari. Di pasaran, berbagai produk pernis telah banyak beredar dengan beragam variasi. Anda bisa menemukan pernis yang unggul karena tahan lama, hingga pernis yang mampu memberikan hasil akhir finishing yang berkualitas tinggi.

Untuk Indoor bukan untuk Outdoor

Secara umum, berbagai produk pernis dimaksudkan untuk keperluan indoor. Pernis adalah bahan finishing yang terbuat dari colorant dan top coat. Berbagai jenis produk pernis, terutama pernis yang pewarnanya adalah dye, memiliki sifat yang tidak begitu tahan terhadap paparan outdoor. Warna pernis akan cepat memudar saat kayu diletakkan di lingkungan outdoor pada masa pakai yang lebih pendek dari yang seharusnya. Namun, bila dimanfaatkan sebagaimana mestinya, pernis bisa bertahan sangat lama bahkan melebihi batas masa pakainya.

Fungsi Pernis

Pernis adalah bahan finishing. Sebagaimana bahan finishing lainnya, pernis memiliki dua fungsi, yaitu:

  1. Fungsi Proteksi. Pernis diaplikasikan untuk memberikan proteksi terhadap kayu. Kayu yang telah diaplikasikan dengan pernis diharapkan lebih tahan terhadap paparan lingkungan dari yang sifatnya biotik maupun abiotik.
  2. Fungsi Estetika. Selain diaplikasikan untuk memberikan proteksi, pernis juga dimaksudkan untuk meningkatkan estetika kayu. Produk-produk pernis sendiri telah hadir di pasaran untuk mewujudkan keindahan kayu idaman Anda.
Baca Juga:  Kriteria Politur untuk Kayu Jati yang Bagus

Rekomendasi Memilih Pernis yang Bagus

Kami merekomendasikan pernis kayu Biocolour Biovarnish. Produk ini memiliki hasil aplikasi yang lebih baik dibanding pernis-pernis lainnya di pasaran. Keunggulan lain Biocolours Biovarnish adalah kelaurutannya pada air, bukan solvent. Dengan demikian, produk ini bisa digunakan untuk finishing kayu yang akan dijual pada market yang persyaratannya environmentally friendly.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X