Perbedaan Cat Water Based dan Cat Oil Based

Secara umum, jenis cat bisa dibedakan menjadi cat water based dan cat oil based. Perbedaan cat water based dan cat oil based tersebut bisa Anda telisik pada berbagai bagian maupun efeknya.

Cat merupakan salah satu produk yang banyak digunakan oleh manusia. Hampir semua produk yang kita kenal telah dicat. Dari kayu hingga dinding, kita akan mendapati lapisan cat yang begitu beragam.

Jenis cat berdasarkan pelarutnya bisa dibedakan menjadi dua. Jenis pertama merupakan jenis cat water based, sedangkan yang lain dikenal dengan cat oil based. Sebagaimana namanya, cat water based adalah cat yang menggunakan pelarut air. Sedangkan cat oil based menggunakan pelarut minyak. Di antara keduanya, terdapat perbedaa signifikan yang menyebabkan satu jenis cat lebih unggul dibanding yang lain. Mengetahui perbedaan cat water based dan cat oil based akan memberikan dampak yang signifikan bagi Anda.

Baca Juga : perbedaan cat duco dan cat minyak

Cat Oil Based

Cat oil based merupakan jenis cat yang jamak digunakan publik Indonesia. Cat jenis ini biasa diencerkan menggunakan thinner. Karena mengandung alkid, maka pembersihan cat jenis ini juga harus menggunakan pembersih berbasis solvent/oil. Dibandingkan cat water based, jenis cat ini lebih lama untuk menguap ketikan diaplikasikan. Pelarut minyaknya juga menyebabkan bau yang jauh lebih menyengat. Selain itu, cat oil based juga mengandung VOC (zat toksik mudah menguap seperti formalin) yang lebih banyak. Meskipun demkian, cat jenis ini sedikit lebih awet dibandingkan cat water based.

Cat Water Based

Cat water based memang masih belum begitu dikenal publik Indonesia. Padahal, di negara-negara maju seperti di Eropa dan Amerika, jenis cat ini sudah menggantikan dominasi oil based paint. Penyebabnya, cat ini dinilai jauh lebih aman dibanding jenis cat oil based. Water based paint tidak mengandung VOC dan tidak menyebabkan bau menyengat. Cat jenis ini juga lebih cepat dikeringkan serta diaplikasikan. Kualitas cat ini pun semakin baik seiring dengan berkembangnya konsumsi cat water based di dunia.

Salah satu perbedaan cat oil based dan cat water based.
Perbedaan cat oil based dan cat water based.

Tips Mengenali Perbedaan Cat Water Based dan Cat Oil Based

Bagaimana cara mengetahui perbedaan antara kedua jenis cat ini? Perbedaan cat water based dan oil based dapat Anda kenali dengan beberapa tips sebagai berikut:

    1. Lihat Keterangan Produknya. Biasanya cat jenis water based mencantumkan keterangan sebagai produk water based paint. Hal ini tak lain disebabkan cat jenis ini akan mendapatkan branding lebih baik sebagai cat ramah lingkungan.

 

    1. Ketahui Bahannya. Bila Anda mendapati cat Anda berbahan akrilik atau nama cat latex, maka yang Anda lihat tersebut adalah jenis cat water based.

 

    1. Ketahui Cara Aplikasinya. Aplikasi cat berpelarut air akan memerlukan air sedangkan cat berpelarut minyak memerluka minyak.

 

  1. Kenali Rekomendasi Pembersihannya. Perbedaan cat water based dan oil based bisa dilihat dari bahan pembersihnya. Bila rekomendasi pembersihan hanya menggunakan air dan sabun, maka yang Anda lihat adalah jenis water based. Sedang bila yang Anda lihat adalah jenis cat oil based maka Anda akan mendapati

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X