Apa Sih Jenis Cat untuk Lemari Kayu Trembesi yang Bagus?

Apa Sih Jenis Cat untuk Lemari Kayu Trembesi yang Bagus?

Membeli lemari kayu adalah pilihan yang bagus untuk tempat penyimpanan pakaian. Tidak seperti kayu lainnya, lemari kayu yang terbuat dari kayu trembesi memiliki karakteristik tertentu yang kuat dan menarik. Bahkan Anda juga harus menentukan finishing yang bagus untuk lemari dari kayu ini. Warna dan perlindungan yang diberikan harus sepadan dengan kualitas kayu trambesi.

Nah mari kita simak sekilas dalam artikel ini bagaimana kayu trambesi ketika digunakan sebagai lemari kayu. Kayu trembesi adalah jenis kayu yang tumbuh di lingkungan tropis seperti Indonesia. Kayu ini banyak ditemukan di daerah seperti Sumatera, Jawa, Sulawesi, NusaTenggara dan juga Maluku.

Baca Juga : cat kayu warna putih yang bagus

Kayu trembesi di beberapa daerah dikenal dengan nama kayu suar. Jadi jika Anda menemukan nama kayu suar itulah kayu trembesi. Apa yang menjadikan kayu trembesi istimewa dan bagaimana dengan kelas awet atau kelas kekuatannya?

Kay trembesi adalah kayu yang mudah ditemukan karena pertumbuhannya yang sangat cepat. Bahkan sama seperti kayu pinus dalam waktu 15 hingga 20 tahun kayu trembesi sudah bisa dipanen. Kayu trambesi berukuran cukup besar jadi jika Anda ingin menggunakannya sebagai bahan pembuatan lemari sangat cocok.

Jika ingin membangun lemari kayu trembesi yang kokoh maka kayu yang dipilih hari cukup tebal bisa memiliki ketebalan hingga 10 cm. Ukuran tersebut cukup tebal jika dibandingkan dengan kayu jati sebagai furniture. Tidak hanya sebagai bahan mebel saja kayu trembesi banyak juga digunakan sebagai bahan patung atau daun pintu.

Kekuatan dari kayu trembesi cukup baik yakni berada di kelas tiga. Namun sayangnya untuk tingkat keawetannya sangat rendah yakni kelas IV. Anda tidak bisa menggunakannya di luar ruangan atau pada furniture yang bersentuhan dengan tanah secara langsung.

Ketertarikan seseorang dari kayu trambesi adalah karena penampilannya. Warna dari kayu gubal trembesi adalah putih, sedangkan kayu terasnya berwarna cokelat dan terdapat bentuk dari serat kayu yang berwarna cokelat gelap. Sehingga Anda bisa melihat batasan kayu gubal serta bentuk dari seratnya.

Jika penampilan dari kayu trambesi memiliki warna yang sudah menarik, apakah jenis finishing yang cocok untuk digunakan? Ketika Anda melihat warna dan serat dari kayu trembesi maka sebaiknya warna natural adalah pilihan yang paling baik.

Bagaimana Mengawetkan Lemari Kayu Trembesi?

Sebelum memulai untuk memilih bahan finishing Anda harus mengatasi permasalah tentang kelas awet yang dimiliki kayu ini. Bagaimana cara Anda menghindarkan agar lemari tidak mudah dimakan oleh rayap? Pertama Anda harus memastikan bahwa lemari tidak diletakan di wilayah yang lembab.

Kedua Anda perlu mengunakan bahan anti jamur dan juga anti rayap seperti BioCide Insecticide dan juga BioCide FSP. Kedua bahan ini akan menjaga agar furniture tidak mengalami kerusakan akibat jamur dan juga rayap.

Apa Sih Jenis Cat untuk Lemari Kayu Trembesi yang Bagus?Pertama sebelum Anda mengaplikasikan BioCide Insectide pastikan permukaan lemari kayu telah kering dan diamplas. Kemudian campurkan BioCide Insectide dengan sedikit air dan kuaskan ke seluruh permukaan kayu. Jemur lemari kayu trembesi hingga kering dan obat bekerja dengan baik.

Cara ini akan membantu lemari kayu tidak mudah dimakan oleh rayap. Obat akan bekerja dari dalam dan mencegah rayap merusak bagian dalam dan luar kayu. Nah sangat penting untuk memperhatikan ini.

Bahkan Anda bisa menggunakan BioCide Insectide pada kayu lainnya yang sudah dimakan oleh rayap.  Obat anti rayap ini memiliki fungsi yang baik untuk mengusir rayap serta melindungi kayu dari rayap.

Sedangkan untuk bahan BioCide SFP Anda bisa mencampurkannya pada bahan cat di lapisan akhir. Obat ini akan menghalangi timbulnyas jamur permukaan. Anda bisa melihat jamur permukaan yakni jamur yang tumbuh pada permukaan furniture dan berwarna putih.

Pada fase awal jamur mereka dapat dihilangkan dengan kain namun jika dibiarkan terlalu lama akan membekas dan menimbulkan noda pada lamari kayu. Namun jika mengaplikasikannya dengan dicampur pada lapisan cat maka sangat efektif untuk pencegahan.

Bahan Finishing Pilihan untuk Lemari Kayu Trembesi

Lalu apakah jenis cat yang dodok digunakan pada kayu trembesi? Tentunya Anda harus memilih cat kayu water based yang menjanjikan warna sesuai warna kayu asli. Telah dikatakan di atas bahwa karena penampilan kayu trembesi yang cukup eksotik maka kayu sebaiknya difinishing dengan warna natural.

Finishing natural yang terbaik adalah cat kayu water based karena transparansi yang diberikan akan tahan lama alias tidak menguning. Efek menguning akan ditemukan jika Anda menggunakan cat solvent. Selain itu cat solvent yang menggunakan pelarut thinner cenderung menimbulkan efek bau yang menyengat.

Hindari penggunaan cat solvent pada seluruh furniture kayu dalam ruangan maupun ruangan karena tidak baik bagi seluruh pengguna furniture. Nah jika cat water based sudah Anda temukan lalu merk apa yang cocok?

Kami merekomendasikan untuk menggunakan cat kayu water based BioColours. Untuk mencapai tahapan yang natural transparan maka Anda bisa menggunakan BioColours sanding sealaer dan juga top coat.

Tanpa adanya pewarna kayu maka lemari kayu trembesi akan tampak dengan warna aslinya namun dilapisi oleh lapisan cat kayu dengan kuat. Lapisan dari sanding sealer dan top coat yang transparan akan memberikan hasil yang maksimal.

Proses aplikasinya cukup mudah dan cepat kering. Kecepatan kering tidak bergantung pada sinar matahari sehingga Anda bisa menggunakannya dengan mudah bahkan pada musim hujan. Jika Anda ingin menggunakan lapisan BioColours ikut langkah-langkah berikut ini:

  • Bersihkan permukaan kayu. Membersihkan permukaan kayu artinya Anda harus mengamplas dan membersihkan debu amplas. Pengamplasan bertujuan untuk membuka pori kayu trembesi dan mempermudah lapisan cat diatasnya untuk menempel.
  • Campurkan BioColours sanding sealer dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Campurkan dalam gelas plastik. Sanding sealer berfungsi sebagai lapisan dasar kayu yang berfungsi untuk menutup pori kayu dan memperkuat lapisan cat di atasnya.
  • Semprotkan sanding sealer ke seluruh permukaan lemari kayu trembesi dengan benar dan rata. Setelahnya tunggu cat mengering tanpa dijemur. Jika sudah kering lakukan pengamplasan dengan ambang menggunakan amplas 400. Apabila sudah kering maka Anda bisa melanjutkan langkah terakhir.
  • Pada langkah terkahir ini Anda memerlukan BioColours top coat, pilihan antara matte atau gloss. Campurkan top coat dengan air dan juga BioColours SFP yang berfungsi untuk anti jamur. Aduk rata dan tuangkan ke dalam alat semprot.
  • Semprotkan larutan akhir ini ke permukaan lemari kayu hingga rata. Proses kering lapisan akhir ini membutuhkan waktu selama 24 jam.

Ketika Anda menggunakan BioColours maka Anda bisa melihat hasilnya di kemudian hari. Cat ini sangat cocok untuk digunaka bagi DIYers yang hanya memiliki waktu sempit untuk proses finishing. Kecepatan kering akan membantu mempercepat prosesnya.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X