Pilih Cat Water Based Agar Tidak Keracunan Bahan Kimia Berbahaya

sanding-sealerDijamin rendah VOC sehingga lebih aman dan ramah lingkungan, gunakan cat water based untuk segala keperluan bangunan.

Pernah kah Anda menjumpai cat bertuliskan acrylic pada kalengnya? Apabila Anda sering menemui cat dengan tulisan tersebut,berarti jenis cat tersebut merupakan cat water based. Jenis cat ini mulai membanjiri pasar di Indonesia beberapa tahun terakhir. Banyak masyarakat mulai menyadari pentingnya penggunaan cat yang aman dan tidak mencemari lingkungan.

Lebih dulu dari Indonesia, Eropa dan Amerika sudah menggeser penggunaan cat solvent based dengan cat water based beberapa belas tahun yang lalu. Alasannya pun sama, cat solvent based lebih berbahaya karena kandungan VOC-nya tinggi sedangkan pigmennya tipis. Berkebalikan dengan cat water based yang justru sedikit mengandung VOC dan memiliki pigmen yang lebih tebal.

Pilih Cat Water Based Yang Tidak Berbau Dan Tidak Beracun

Anda perlu jeli ketika memilih cat untuk kebutuhan finishing. Alangkah baikny menghindari cat solvent based. seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwaz cat tersebut sagat berbahaya untuk kesehatan maupun lingkungan.

Agar tidak salah memilih, perhatikan keterangan produknya. Biasanya cat water based memiliki keterangan pada produk yang bertuliskan “water based paint”. Anda perlu memperhatikan atau mengenali rekomendasi pembersihannya. Apabila cat yang melekat pada tangan Anda, biasanya cat water based hanya menyarankan menggunakan air dan sabun. Berbeda dengan cat solvent based yang biasanya menghilangkan bekas cat dengan thinner atau bahan pelarut minyak lainnya.

Kenapa cat water based cenderung tidak berbau? Karena cat aman tersebut tidak mengeluarkan uap sehingga tida meninggalkan bau maupun tidak beracun. Racun yang biasanya ditinggalkan oleh cat solvent based biasanya berasal dari bahan kimia logam berat seperti timbal dan merkuri, sehingga meninggalkan bau yang sangat menyengat. Selain itu, apabila kedua bahan kimia berbahaya tersebut masuk ke dalam tubuh dan mengendap cukup lama bisa saja memunculkan benih kanker.

Baca Juga:  Panduan Pemula Finishing Distressing dengan Chalk Paint

Untuk pemakaian, biasanya sudah tercantum pada kemasan. Namun pada umumnya cara pengaplikasiannya sangat mudah. Awalnya, ampelas terlebih dahulu permukaan kayu untuk menghilangkan kotoran, debu maupun minyak yang masih tertinggal di kayu. Campurkan air kurang lebih 20%-nya dari berat cat, aduk hingga merata. Lalu Anda aplikasikan ke permukaan kayu. Pada beberapa produk cat water based dapat menggunakan dua metode sekaligus ada pula yang hanya brush/kuas atau spray/semprot.

Jika Anda membutuhkan cat water based yang terpercaya, silahkan menghubungi Customer Service Bio Industries via telp. ke no. 0822-2026-5056 atau WA ke no. 0878-3934-6433 untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan. Atau Anda dapat mengunjungi langsung kantor Bio Industries di Jl. Sidikan no. 94, Yogyakarta. Bio Industries menyediakan cat water based untuk finishing furniture seperti BioColours Biovarnish untuk warna transparan kayu, Orchid Enamel Paint untuk cat warna solid dan sebagainya. Bahkan juga menyediakan treatment untuk anti jamur dan serangga, seperti BioCide Insecticide atau BioCide Wood Fungicide.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X