Cara Mengamplas Halus Dengan Tangan

Cara Mengamplas Halus Dengan Tangan

Dengan beberapa alat khusus dan amplas yang bagus, Anda dapat menghaluskan kayu dengan mudah dan cepat dengan hasil kelas satu. Seringkali bahkan lebih baik daripada dengan kekuatan alat sander. Kami memberi tahu Anda cara memilih amplas terbaik untuk pekerjaan dan mendemonstrasikan beberapa alat favorit.

Kebanyakan tukang kayu tidak suka pekerjaan mengamplas. Tapi kenyataannya adalah bahwa dengan amplas berkualitas tinggi dan beberapa alat khusus, pengamplasan dengan tangan dapat dibuat jauh lebih menyenangkan. Tentu, pengamplasan tangan sedikit lebih lambat daripada pengamplasan dengtan mesin. Tapi cara ini lebih mudah dan tidak mengeluarkan debu di semua tempat.

Cara Mengamplas Halus Dengan Tangan
Pengamplasan dengan tangan.

Selain itu, ada beberapa tempat yang tidak dapat Anda capai dengan kekuatan sander. Dalam artikel ini, kami akan memberi tahu Anda cara memilih jenis amplas terbaik untuk pekerjaan pengamplas dan menunjukkan beberapa alat bantu pengamplasan.

Ketika Anda mengamplas, Anda membuang material dari permukaan untuk menghilangkan ketidak sempurnaan atau membentuk dan membentuk tepi. Tujuannya adalah memulai dengan amplas yang cukup kasar untuk menghilangkan cacat terburuk dengan mudah.

Dimulai dengan amplas yang terlalu kasar akan berarti pengamplasan ekstra nanti dengan kertas-kertas halus untuk menghilangkan goresan dalam yang ditinggalkan oleh grit kasar. Di sisi lain, jika Anda mulai dengan amplas yang terlalu halus, akan membutuhkan waktu lama untuk mengamplas cacat pada permukaan kayu.

Dalam kebanyakan kasus, kertas 80-grit adalah titik awal yang baik untuk pengamplasan kayu yang direncanakan atau dibentuk. Mulai dengan 100-grit jika kayu sudah halus tanpa goresan yang dalam, tanda planer atau cacat permukaan lainnya.

Baik 80 dan 100 grit meninggalkan jaringan goresan halus di belakang, jadi langkah selanjutnya adalah pasir dengan sedikit lebih halus. Ini menggantikan goresan dengan yang lebih kecil, yang kurang terlihat. Jika Anda mulai dengan kertas 80 grit, lompat ke kertas 120-grit, atau jika 100 kemudian menjadi 150.

Baca Juga:  Waspadai Zat Berbahaya Pada Finishing Mainan Kayu

Akhirnya, pasir dengan amplas 220 pasir. Untuk sebagian besar jenis kayu, ini adalah pasir terbaik yang Anda butuhkan. Kayu dengan butiran yang sangat padat, seperti eboni, mungkin memerlukan satu langkah pengamplasan tambahan dengan kertas 320- atau 400-grit untuk menghilangkan goresan yang terlihat. Berikut adalah dua progresi grit yang kami sarankan: 80/120/220 dan 100/150/220.

Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik dengan usaha yang jauh lebih sedikit jika Anda menggunakan balok pengamplasan. Balok mendistribusikan tekanan pengamplasan lebih merata dan mempertahankan permukaan yang lebih rata.

Balok kayu juga memungkinkan Anda menahan lebih keras. Anda dapat membuat balok pengamplasan dengan memotong persegi kecil kayu lalu menempelkan lapisan tipis gabus ke balok kayu. Jika Anda kesulitan dalam membuatnya Anda bisa membelinya di toko bahan bangunan.

Cara Mengamplas Halus Dengan Tangan
Pengamplasan kayu dengan balok yang dibalut dengan amplas.

Namun jika Anda bisa membuatnya sendiri Anda akan mendapatkan alat yang lebih mudah untuk digunakan dan sesuai dengan pegangan tangan Anda.

Kesalahan terbesar yang orang lakukan ketika mereka menggunakan balok pengamplasan adalah gagal mengganti kertas dengan cukup sering. Untuk mendorong perubahan yang lebih sering, gunakan straightedge dan pisau untuk memotong seukuran lembar kertas di setiap grit yang akan Anda gunakan. Dengan lembar ukuran yang tepat di tangan, akan mudah untuk mengubah kertasnya sesering mungkin begitu Anda melihatnya tidak memotong secara efisien.

Gunakan Pipa Untuk Pengamplasan Berlekuk

Anda bisa menggunakan amplas tangan pada bagian furnitur yang berlekuk namun bukan ukiran karena ukiran tidak membutuhkan pengamplasan. Bagian lekuk biasanya membutuhkan alat yang akan membantu amplas lebih halus dan juga mudah.

Di sini Anda bisa menggunakan pipa untuk mengamplas bagian berlekuk. Hasilnya sempurna Anda akan mendapatkan permukaan yang halus dan juga rata.

Baca Juga:  Langkah Tepat untuk Mendapatkan Meja Resepsionis Terbaik di Kantor

Busa yang lembut dan fleksibel membuat dasar yang bagus untuk amplas karena Anda dapat dengan mudah memencet atau memampatkannya agar sesuai dengan berbagai bentuk. Bungkus amplas di sekitar potongan-potongan pipa busa untuk mengamplas kubah ukuran sedang. Untuk permukaan cekung yang besar, gunakan sisa-sisa busa. Tempelkan kertas ke permukaan bagian dalam dari insulasi pipa untuk membuat bantalan pengamplasan untuk dowel dan bentuk silinder lainnya.

Genggaman pengamplasan kontur membuatnya lebih mudah untuk mengamplas profil cetakan karena Anda bisa mendapatkan genggaman yang baik dan bentuknya tetap konsisten saat Anda berpasir.

Cara Mengamplas Halus Dengan Tangan
Mengamplas dengan alat bantu pipa untuk bagian sudut lengkung.

Selain pipa Anda bisa mengamplas bagian yang tidak terjangkau. Misalnya saja pada bagian siku dalam seperti rak dalam lemari kecil. Akan sangat sulit mengamplasnya hanya menggunakan tangan. Anda bisa menggunakan alat seperti pisau scrape untuk mengamplas.

Ujung pisau scrape yang tajam akan menjangkau bagian sikut dalam tanpa Anda harus kesulitan. Caranya sangat mudah Anda cukup membungkus pisau palet dengan kertas amplas dan ikat hingga kencang.

Masukan ke dalam siku dan mulailah mengamplas maka Anda akan mendapatkan hasil yang sempurna. Nah Anda juga bisa menggunakan alat lainnya untuk menjangkau area yang sulit. Bahkan percobaan Anda mungkin akan berhasil dan memberikan inspirasi.

Cat dan kayu resin seperti pinus akan menyumbat sebagian besar jenis amplas dengan cepat. Untuk menghindari penggunaan amplas, cari ampelas yang berlabel tahan terhadap gumpalan.

Amplas jenis ini dilapisi dengan bahan khusus, yang disebut stearat, yang ditumpahkan saat Anda mengamplas, menggunakan cat atau resin dengannya dan meninggalkannya. Grit terbuka untuk pengamplasan yang lebih efisien. Kertas amplas ini mudah dikenali. Carilah permukaan berwarna abu-abu atau berwarna.

Baca Juga:  Ide Meja Ruang Tamu Minimalis dengan Warna Natural

Dua jenis amplas yang umum, aluminium oksida coklat dan garnet kuning, tidak dilapisi dan akan menyumbat dengan mudah. Amplas yang tahan benturan membutuhkan biaya yang lebih sedikit, tetapi itu sepadan karena akan bertahan tiga atau empat kali lebih lama dan menghemat waktu pengamplasan.

Potongan-potongan insulasi busa kaku (polistirena diekstrusi) membuat balok pengamplasan yang hebat dan memiliki keuntungan karena mudah dibentuk. Jika Anda ingin mendapatkan kecepatan pengamplasan dengan balok maka Anda bisa mengikuti cara ini.

Buat tiga balok saat Anda melakukannya. Lalu rekatkan tiga kertas grit yang lebih halus ke balok untuk menyelesaikan urutan pengamplasan Anda. Nah kini melakukan pengamplasan bukan hanya sekedar menggosok permukaan kayu dengan kertas amplas. Namun untuk mendapatkan semua permukaan furnitur benar-benar halus Anda harus mendapatkan cara yang tepat.

Cara mengamplas di atas bisa Anda praktekan dengan sangat mudah dan juga dengan sangat cepat. Anda tidak memerlukan banyak hal cukup amplas dan alat yang ada di sekitar Anda. Jangan ragu untuk berkesplorasi karena Anda bisa menggunakan berbagai macam alat yang ada di sekitar atau di tempat Anda mengerjakan pekerjaan kayu Anda.

Perlu Anda ingat bahwa pengamplasan yang benar akan memberikan permukaan kayu yang rata dan juga halus. Sehingga hasil pengecatan pun tidak akan terlalu sulit yang akan membawa Anda mendapapatkan hasil furnitur yang maksimal. Jika permukaan tidak rata karena tidak ada pengamplasan maka cat akan menggumpal pada permukaan dan menghasilkan permukaan kasar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X