Cara Finishing Kursi Besi dengan Cat Water Based

Cara Finishing Kursi Besi dengan Cat Water Based

Seringkali banyak yang bingung dengan bagaimana cara mengecat besi yang benar. Material ini memang harus lebih diperhatikan dalam tahapan finishingnya karena kelemahan besi yang mudah berakarat. Namun bukan berarti material ini tidak berkualitas dan tidak dipilih. Ada banyak keunggulan besi terutama jika diolah menjadi kursi.

Dalam artikel ini Anda akan mengetahui apa saja keuntungan memilih furniture yang terbuat dari material besi serta mengenal apa sih finishing yang cocok. Nah jika Anda mengamati ke sekeliling rumah, apakah ada furniture yang terbuat dari material besi? Jika Anda menyukai gaya minimalis pasti ada salah satu atau beberapa furniture yang menggunakan material besi.

Mengapa dahulu Anda memilih dan membelinya? Pasti banyak alasan mengapa seseorang membeli furniture terutama kursi yang terbuat dari besi. Baik itu karena penampilannya atau karena harganya yang murah. Ya dibandingkan dengan furniture terbuat dari material serat alam, besi adalah pilihan material yang cukup baik.

Berikut ini keuntungan apa saja yang akan didapatkan jika memilih kursi yang terbuat dari besi.

  • Kekuatannya

Bagaimana dengan kekuatan furniture besi? Jika dilihat dari konstruksi yang dibuat besi adalah material yang sangat kuat. Besi tidak mudah patah atau tidak mudah melengkung ketika digunakan. Ada banyak macam ketebalan besi yang digunakan untuk pembuatan furniture. Ketebaln ini dipilih sesuai dengan ukuran kursi yang akan dibuat.

  • Ketahanan

Tidak ada yang kuat menandingi ketahanan dari besi. Baik itu dari cuaca atau dari goresan. Besi adalah material yang cocok sebagai pembuatan kursi. Ketahanan besi dari panas tidak akan merubah bentuknya. Hanya saja jika terkena air akan timbul karat yang akan memberikan penampilan kursi besi kurang menarik.

Baca Juga:  Cara Mudah Mendapatkan Kabinet Dapur Tampilan Solid dengan Bioduco

Satu-satunya cara untuk menjaga kursi besi tidak berkarat adalah lapisan cat. Jadi ketika saatnya memilih cat untuk kursi besi sebaiknya pilihlah dengan baik.

  • Harga

Cara Finishing Kursi Besi dengan Cat Water BasedFaktor harga tentu akan menentukan apakah Anda akan membeli kursi tersebut atau tidak. Semakin mahal harganya tentu Anda akan semakin menghindarinya kecuali jika Anda memiliki budget melimpah dan tidak memikirkan soal harga. Besi terdiri dari beragam harga sesuai dengan kualitas dan ketebal besi yang digunakan.

Sama seperti kayu, besi juga memiliki kelas yang bisa dipilih. Pastikan Anda selalu memilih kualitas besi yang menengah agar tidak mudah rusak.

  • Warna

Kembali lagi soal cat, cat akan memberikan warna pada kursi, kini ada banyak sekali cat khusus besi yang menyediakan berbagai macam warna mulai dari warna gelap hingga warna terang. Anda bisa memilihnya sesuai gaya yang akan digunakan dalam ruangan.

Banyaknya keuntungan dari kursi besi tidak terlepas dari penggunaan bahan cat atau finishing. Semakin baik pilihan bahan cat yang digunakan maka akan semakin tahan lama kursi yang Anda gunakan. Jika Anda membeli kursi besi sebaiknya pilihlah bahan finishing yang tepat.

Jika Anda menciptakan kursi besi sendiri maka Anda harus melakukan cara finishing kursi besi yang tepat.

Jenis Cat yang Tepat untuk Kursi Besi

Dengan keuntungan material besi yang berlimpah, manakah jenis cat yang akan dipilih? Banyaknya produk cat tersedia seringkali membuat banyak orang menjadi bingung untuk memilihnya. Walaupun banyak pilihan, cat besi yang memiliki kualitas terbaik pun terbatas.

Pahami dulu apa saja yang harus dimiliki dalam sebuah cat besi sehingga Anda bisa melihat dan memilihnya hanya dari kemasanannya saja.

  • Memilih cat water based
Baca Juga:  Pabrik Cat Dasar Kayu Interior Biocolours Ternama Di Indonesia

Pertama kali yang harus Anda pilih adalah cat water based. Mengapa cat ini? Karena cat water based adalah jenis cat yang aman dan ramah lingkungan. Di mana saja Anda akan meletakan kursi besi maka keamanan lingkungan udara tidak akan terkontaminasi dengan adanya racun yang berbahaya. Apakah Anda tidak ingin mendapatkan lingkungan yang aman dan nyaman? Maka pilihlah cat besi water based dan hindari cat solvent.

  • Tahan panas, hujan dan tahan gores

Melihat ketahanan yang diberikan oleh cat pastikan Anda melihat apa saja ketahanan atau perlindungan yang diberikan. Tidak semua cat tahan gores atau tahan panas bahkan tahan air.  Anda harus memilih cat dengan standar tersebut karena di mana saja Anda akan meletakan furniture, besi tetap membutuhkan perlindungan tersebut.

  • Kandungan zincalume

Cara Finishing Kursi Besi dengan Cat Water BasedApakah dalam lapisan cat terkandung bahan zincalume? Pastikan bahwa cat yang Anda beli mengandung bahan ini. Sama seperti cat yang digunakan pada baja ringan, bahan zincalume ini akan menghalau karat untuk timbul pada besi. Karat dapat muncul dan memulai pengeroposan yang terjadi pada besi.

Salah satu jenis cat yang mengandung syarat dari yang dijelaskan di atas adalah cat kayu besi Orchid. Sebagai cat water based cat Orchid dapat melindungi kursi besi dengan maksimal. Keunggulannya ditambah dengan proses aplikasi yang cepat dan dengan alat yang mudah.

Bayangkan saja jika cat besi terkenal dengan cara aplikasi semprot di sini Anda hanya perlu menggunakan kuas busa atau kuas nylon saja. Hasilnya tentu saja tetap halus dan rata tanpa adanya bekas sapuan kuas.

Ada beberapa alat dan bahan yang perlu Anda siapkan untuk finishing ini yaitu, cat kayu besi Orchid dengan warna yang diinginkan, kuas nylon atau kuas busa, gelas plastik untuk mencampur cat, amplas nomor 400 dan juga air sebagai bahan pelarut. Tanpa thinner Anda sudah bisa melakukan pengecatan.

Baca Juga:  Warna Cat Kayu Jati Untuk Kesan Antik Terbaru

Cara aplikasi sangat mudah, ikut petunjuk berikut ini:

  • Bersihkan permukaan kursi besi. Bersihkan menggunakan amplas untuk menciptakan goresan yang memudahkan cat untuk menempel. Kemudian bersihkan debu sisa pengamplasan dengan kain lap.
  • Lanjutkan dengan pencampuran cat. Campurkan cat Orchid dengan air. Gunakan perbandingan 4 bahan : 1 air dan aduk rata dalam gelas plastik. Aduk rata hingga tidaka da cat yang mengendap.
  • Kuaskan satu arah cat pada seluruh permukaan kursi besi. Lakukan hingga cat menutupi permukaan dengan sempurna. Lalu tunggu lapisan pertama ini kering tanpa harus dijemur pada sinar matahari langsung. Anda hanya perlu menunggunya kering 60 menit di dalam ruangan.
  • Setelah kering amplas ambang permukaan kursi merata dan hilangkan debu amplas. Gunakan cat Orchid kembali dengan aplikasi yang sama. Tunggu kering dan amplas kembali. Langkah yang sama ini perlu diulang hinga 3 kali sehingga lapisan cat kuat dan menutup dengan baik.
  • Terakhir sebelum kursi digunakan, diamkan kursi dalam ruangan hingga benar-benar kering selama semalaman. Sesudahnya baru Anda bisa menggunakan kursi besi.

Hasil warna dari cat kayu besi Orchid adalah semi gloss, jika Anda ingin mendapatkan tampilan doft cukup tambahkan top coat water based dengan hasil doft. Maka efek semi gloss yang dihasilkan akan hilang tergantikan dengan tampilan doft.  Gunakan cat water based Orchid untuk semua kursi besi yang ada di rumah Anda.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X