cat kayu warna putih

7 Tips Memilih Cat Warna Putih Solid untuk Pintu Kayu Jati Belanda

Pintu bukan sekedar bagian untuk menutup ruangan dan menjaga privasi tetapi juga bagian dalam sebuah bangunan. Jika pintu tidak dijaga atau dirawat dengan baik, maka tidak dapat memenuhi fungsinya. Perawatan utama yang perlu dilakukan adalah dengan memberikan lapisan cat. Cat akan memberikan perlindungan pada pintu. 

Apalagi jika Anda menggunakan jenis pintu berbahan kayu jati belanda. Kayu jenis ini memang murah harganya tetapi perlu pemilihan cat warna solid yang tepat. Jika tidak warna tidak akan menutup permukaan kayu secara sempurna. Belum lagi cara aplikasi dari beberapa merk cat bisa saja berbeda. 

Untuk mengatasinya, Anda harus memilih warna cat putih dan pilih juga cat yang aplikasinya mudah. Pada petunjuk pemakaian cat di kaleng, biasanya terdapat petunjuk pemakaian. Pada petunjuk tersebut Anda bisa melihat apakah jenis alat yang disarankan untuk digunakan. 

Baca juga : Cara Mudah Finishing Furniture Warna Putih Tanpa Primer

Cat yang disarankan aplikasi semprot belum tentu baik diaplikasikan dengan kuas maupun sebaliknya. Jadi Anda harus memilih cat secara bijak. Bagaimana caranya? Anda bisa mengikuti tips di sini sampai akhir. 

mengaplikasikan cat duco kayu warna putih

Mengapa Memilih Car Warna Putih Solid untuk Pintu? 

Sebelum memilih produk cat, ada baiknya jika Anda menentukan warna apa yang terbaik. Putih menjadi pilihan yang paling mudah didapatkan. Jika Anda mencari cat kayu berwarna putih di toko bahan bangunan pasti tersedia dalam berbagai macam merk. Tapi mengapa Anda harus menggunakan warna putih? 

Ada beberapa alasan mengapa warna putih baik untuk pintu kayu jati belanda. Adapun alasannya adalah sebagai berikut ini. 

  • Cocok atau netral untuk segala macam gaya rumah

Anda ingin menerapkan gaya minimalis pada rumah? Atau ingin menerapkan desain vintage? Maka warna putih adalah yang paling cocok untuk dipilih. Cat dengan warna putih mampu menciptakan kesan netral sehingga Anda bisa mencocokannya dengan warna dinding apapun. Inilah sebabnya cat bisa masuk pada gaya apapun. 

  • Warna putih solid mampu menutup jamur blue stain
Baca Juga:  Mengenal Dempul Kayu Warna Putih yang Cepat Kering

WArna solid putih mampu menutup jamur blue stain yang biasanya banyak terdapat pada kayu jati belanda. Jamur tersebut tidak bisa dihilangkan, jika disamarkan dengan hidrogen peroxida biasanya justru merusak substrat kayu. Sehingga kayu nantinya mudah lapuk terkena jamur atau rayap. 

  • Cat Solid warna putih dapat mudah dibersihkan

Karena warnanya yang putih, jika sedikit kotor akan sangat terlihat. Oleh karena itu Anda bisa rajin untuk membersihkannya. Cat dengan warna putih sangat mudah dibersihkan dari kotoran atau debu yang menempel pada pintu. Cukup dengan kain yang dibasahi untuk kotoran lengket dan keringkan langsung dengan kain untuk menghindari jamur.

Baca juga : Trik Menggunakan Cat Kayu Warna Putih untuk Pintu Rumah

Ketiga alasan ini cukup kuat untuk membuat Anda memilih cat kayu warna putih untuk pintu kayu jati belanda di rumah. Selain itu untuk mendapatkan hasil warna ini cukup mudah tidaklah sulit. 

Jenis dan Cara Menggunakan Cat Lemari Kayu Warna Putih

Tips Memilih Cat dengan Warna Putih Solid untuk Kayu Jati Belanda

Tidak semua produk cat kayu berwarna putih mampu menutup permukaan pintu kayu jati belanda dengan sempurna. Ada juga yang proses aplikasinya harus menggunakan spray gun sehingga termasuk sulit. Jika Anda ingin mendapatkan cat dengan kualitas sempurna, maka ikuti pemilihannya melalui beberapa tips berikut ini. 

  1. Memiliki komponen primer 

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bukan hanya cat solid saja tetapi juga terdapat primer coat dengan bahan sama. Anda mungkin akan menggunakan cat solid enamel atau cat duco tetapi dalam satu seri apakah terdapat primer? Jika iya maka produk tersebut bisa dipertimbangkan. 

Primer adalah komponen penting yang diaplikasikan sebelum cat solid, berfungsi sebagai base coat. Supaya warna putih dari cat solid nantinya bisa merata, menutup dengan sempurna dan terakhir bertahan lama. Untuk mengetahuinya Anda bisa menanyakannya langsung pada pegawai toko atau produsen secara langsung. 

Baca Juga:  Daftar Harga Cat Kayu 2016 Terbaru

Menggunakan air sebagai bahan pelarutnya

Air kini telah digunakan sebagai bahan pelarut cat, bukan hanya solvent atau thinner saja. Jika dahulu Anda hanya mengenal cat dengan pelarut tiner kini tidak lagi. Sebaiknya pilih cat kayu dengan pelarut air karena tidak menimbulkan bau yang mengganggu. Cat berpelarut air sangat aman tidak menimbulkan polusi di udara. 

Selain itu air adalah pelarut yang sangat mudah untuk ditemukan dan murah. Anda tidak perlu lagi membeli bahan pelarut. Jika ingin mengecat pintu kayu dalam jumlah banyak tentunya bisa lebih menghemat biaya bukan?

Memiliki kandungan zat organik yang rendah

Zat organik adalah bahan utama yang digunakan untuk membentuk zat solid. Supaya harganya murah biasanya zat organik digunakan dalam jumlah berlebih. Tapi sayangnya cat dengan zat organik berlebih memberikan masalah di lingkungan. Seperti menimbulkan polusi udara karena zat akan menguap ketika cat mengering. 

Sebaiknya pilih cat water based yang memiliki kandungan zat organik sangat rendah. Supaya efeknya baik untuk lingkungan. Selain itu supaya tampilan pintu bisa bertahan lama, karena biasanya zat organik bisa menimbulkan warna menguning jika sudah lama digunakan. 

Anjuran aplikasinya adalah dengan kuas

Jangan lupa juga hanya memilih cat solid warna putih yang aplikasinya dengan kuas. Apalagi jika Anda baru saja mulai belajar mengecat. Cat yang diaplikasikan dengan kuas memang tidak sehalus dibandingkan dengan aplikasi spray. Namun setidaknya kuas lebih mudah didapatkan dan harganya murah. Anda memiliki waktu yang panjang untuk berlatih menggunakannya. 

Saat menggunakan cat dengan kuas, perhatikan jenis kuas yang dipilih. Tidak semua kuas cocok, misalnya saja cat water based yang bisa menggunakan kuas dengan bulu nilon. Karena bulu nilon tidak akan membuat cat mengeras dan membuat bulu menjadi kaku. 

Baca Juga:  Harga Plitur Kayu Biovarnish Paling Murah Kualitas No. 1

Memiliki daya tutup sempurna pada satu lapisannya

Daya tutup sempurna harus dimiliki oleh lapisan coating. Jika tidak serat pintu kayu jati belanda akan mudah terlihat apalagi bekas jamur blue stain. Oleh karena itu Anda perlu mencoba apakah daya tutupnya baik. Caranya adalah dengan menguaskan cat ke permukaan pintu, dan perhatikan apakah cat sudah dapat menutup warna dan serat kayu. 

Memiliki kandungan pengawet anti rayap dan jamur

Selain itu cat juga harus memiliki kandungan pengawet yaitu anti rayap dan juga jamur. Pintu kayu jati belanda adalah jenis kayu lunak yang sangat mudah lembab dan berjamur. Oleh karena itu dengan lapisan coating luar yang kuat dan mengandung pengawet akan menghindari pertumbuhan jamur nantinya. 

Memberikan perlindungan maksimal dari perubahan cuaca

Jika Anda hendak mengecat pintu yang menghadap ke arah luar, maka perlindungan dari perubahan cuaca dibutuhkan. Bagian tersebut akan lebih sering terkena perubahan cuaca dimana suhunya bisa lembab bisa terlalu kering. Cat yang memiliki perlindungan ini tentunya membentuk lapisan yang fleksibel serat keras. 

Ketika pintu berubah bentuk karan perubahan cuaca tersebut, cat bisa mengikutinya. Sehingga cat tidak mengelupas atau berubah warna karena efek perubahan cuaca yang ekstrim. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X