produk finishing untuk rak kayu

Rak Kayu Unik Bergaya Minimalis dengan Warna Natural

Rak sangat penting digunakan untuk di berbagai macam ruangan. Baik itu untuk menyimpan bumbu dapur, buku, atau hiasan rumah. Rak lebih ringkas dibandingkan lemari karena tidak membutuhkan pintu, namun jangan lupa untuk terus menerus membersihkannya dari kotoran. 

Tampilan rak bisa dibuat lebih cantik dan unik daripada hanya sepotong kayu biasa. Ada berbagai jenis cat dan teknik finishing yang bisa dilakukan untuk rak kayu di rumah. Warna natural adalah jenis warna yang paling mudah didapatkan. 

Anda hanya bisa memberikan pernis kayu dan memadukannya dengan wood stain. Warna rak bisa menjadi lebih beragam. Apalagi jika menggunakan Biovarnish, salah satu produk cat water based yang aman dan juga ramah lingkungan. 

Biovarnish memiliki berbagai warna dan macam-macam teknik aplikasi. Biasanya warna natural paling sering digunakan untuk rak bergaya minimalis. Warna natural bisa memberikan kesan netral dibandingkan dengan warna putih. Jadi seperti apakah warna dari Biovarnish yang harus Anda pilih?

Macam-Macam Warna Rak Kayu Minimalis Nuansa Natural

Baik itu Anda menggunakan rak kayu palet atau kayu buatan, Biovarnish bisa memberikan warna yang berbeda. Proses aplikasinya pun mudah, setelah diaplikasikan rak juga lebih mudah untuk dibersihkan. Jika Anda bingung memilih warna apa yang sebaiknya digunakan, berikut ini macam-macam pilihannya. 

  • Warna Red Ox

Anda bisa memberikan kayu warna oak, jika warna kayu dari rak cenderung putih seperti pinus. Warna kemerahan dari Biovarnish wood stain red ox akan menambangkan nuansa yang sangat bebreda. Kesan merah akan membuat ruangan lebih hangat, terutama jika rak dipasang di dinding berwarna putih. 

  • Warna Salak Brown

Rak kayu minimalis dengan warna yang sedikit gelap seperti kulit salak. Anda bisa menggunakan warna ini pada rak kayu dapur, sehingga warna gelap bisa menutupi bekas kotor karena penggunaan. Misalnya Anda menggunakan rak sebagai tempat bumbu dapur. 

  • Warna Walnut Brown

Kayu walnut adalah jenis kayu yang cukup jarang dan mahal di Indonesia. Bukan berarti Anda tidak bisa menduplikasi warnanya loh. Cobalah untuk menggunakan Biovarnish walnut brown yang sangat cocok untuk rak buku di rumah. Warna walnut brown sangat mirip dengan warna kayu walnut, dimana Anda bisa memilih tampilan gloss atau matte. 

  • Warna Candy Brown

Jika Anda ingin menggunakan rak dengan warna yang sedikit terang, sebaiknya pilih warna cnady brown. Biovarnish wood stain warna candy brown hampir terang dan cocok untuk diaplikasikan pada jenis kayu seperti sungkai dan juga ramin. Jika Anda ingin mengaplikasikannya pada kayu mahoni, sebaiknya dilakukan bleaching terlebih dahulu. 

Cara Finishing Rak Kayu Dinding dengan Gaya Minimalis

contoh rak kayu minimalis

Melakukan finishing rak lebih mudah dibandingkan furniture yang memiliki banyak ukiran. Jika rak berukuran kecil, Anda bisa memindahkan lebih mudah tanpa harus membongkar atau melepaskan perangkat keras yang menempel. Rak bisa dikatakan cara praktis pemula di bidang finishing. 

Jadi apakah Anda sudah siap melakukan finishing untuk pada rak? Sebaiknya pilih terlebih dahulu, Biovarnish wood stain manakah yang ingin digunakan. Kemudian siapkan bahan lain yaitu Biovarnish wood filler, clear coat dan bahan pelarut yaitu air. 

Terdapat tiga langkah singkat untuk melakukan finishing. Ikuti satu per satu langkahnya untuk mendapatkan warna yang sesuai. Bahkan Anda juga bisa loh mengecat pada rak kayu bekas. 

Menutup Pori Kayu pada Rak 

Proses pertama untuk mengecat rak kayu minimalis adalah menutup porinya. Fungsinya agar hasil finishing menjadi lebih halus dibandingkan biasanya. Pori kayu yang ditutup dengan wood filler juga akan mencegah kelembaban bisa meresap berlebihan. Caranya, kuaskan Biovarnish wood filler yang sudah dicampur sedikit air. 

Wood filler yang encer akan lebih mudah untuk dikuaskan ke seluruh permukaan rak kayu. Ratakan berlawanan dengan serat kayu, kemudian tunggu hingga menjadi lebih kering. Waktu kering biasanya 20 menit setelah itu lakukan pengamplasan. 

Proses pengamplasan dengan amplas kertas nomor 240. Ikuti arah serat kayu hingga permukaan menjadi rata halus dan wood filler masuk ke dalam pori kayu. Setelahnya bersihkan debu kayu dengan kain kering. 

Proses Pengecatan Rak dengan Wood Stain

Siapkan Biovarnish wood stain sesuai dengan warna yang diinginkan. Kemudian campurkan wood stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga merata sehingga tidak pada larutan yang mengendap. Kemudian kuaskan wood stain ke seluruh permukaan rak kayu. 

Cara menguaskan harus sesuai dengan arah serat kayu. Kuaskan cat secara ringan ke seluruh permukaan. Jangan terlalu ditekan agar tidak menimbulkan brush mark. Tunggu lapisan pertama mengering sekitar 60 menit kemudian amplas secara ambang. 

Gunakan amplas aluminium oxide nomor 400, dan ikuti serat. Setelah itu bersihkan debu kayu. Ulangi sekali lagi aplikasi wood stain, Anda juga bisa mengaplikasikannya beberapa kali hingga warna kayu berubah menjadi lebih tajam. Jangan lupa pada lapisan terakhir Anda perlu mengamplas lagi. 

Memberikan Lapisan Top Coat pada Rak

Lapisan top coat sangat penting untuk rak, fungsinya adalah melindungi warna wood stain dan serta efek panas, kelembaban yang muncul di sekitarnya. Top coat atau clear coat akan memberikan lapisan perlindungan dalam bentuk film yang kuat. Hasil warnanya transparan dengan beberapa sheen level yang berbeda. 

Anda bisa menggunakan Biovarnish clear coat gloss atau matte sesuai dengan kebutuhan. Cara aplikasinya, campurkan clear coat dengan air terlebih dahulu. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga merata.

Kuaskan clear coat ke seluruh permukaan kayu hingga berubah menjadi halus. Ikuti arah serat dan usahakan bebas brush mark. Terakhir diamkan rak semalam semalaman agar clear coat mengering dengan sendirinya. 

Perawatan Rak Kayu yang Selesai Di Finishing

Sama seperti furniture, rak kayu yang telah selesai di finishing perlu perawatan khusus. Anda bisa merawatnya dengan mudah yaitu membersihkan secara rutin. Selain itu juga bisa memberikan bahan poles dalam jangka waktu tertentu. Dua langkah ini akan membuat rak terlihat selalu baru sehingga lebih tahan lama. 

Jadi bagaimana cara perawatan rak kayu secara terperinci? Berikut ini beberapa caranya. 

  • Membersihkan rak kayu

Cara membersihkan rak kayu adalah ketika berdebu, Anda bisa menggunakan kemoceng. Hindari menggunakan bahan kimia seperti pembersih kaca karena akan merusak lapisan coating. Jika terdapat kotoran keras yang menempel, bersihkan dengan kain microfiber yang telah dibasahi. 

  • Memberikan poles kayu

Cara kedua untuk perawatan adalah memberikan bahan poles kayu seperti Biopolish Linseed Oil. Bahan poles ini akan membuat rak kayu memiliki penampilan yang lebih mengkilap sekaligus lebih tahan dari serangan jamur. 

Cara mengaplikasikannya adalah dengan menggunakan bahan poles ke seluruh permukaan rak tipis saja. Kemudian gosok permukaan dengan kain katun yang kering. Gosok hingga permukaan rak tidak terasa lengket. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X