pintu modern minimalis dengan cat Orchid

Desain Pintu Rumah Modern Minimalis dengan Cat Orchid yang Tampil Lebih Cantik

Ingin mendapatkan tampilan pintu rumah modern minimalis yang lebih cantik? Hati-hati pemilihan warna yang salah bisa mengakibatkan tampilan terlalu pucat. Cat yang berkualitas buruk juga lebih mudah pudar, tak sampai satu tahun warna bisa menjadi usang. Belum lagi kualitas rendah rentan cat yang mengelupas hanya karena sering terkena lembab. 

Pintu rumah pada sebuah hunian memiliki fungsi yang sangat penting. Menjaga ruangan tetap tertutup dari kotoran dan debu. Pintu juga menjadi dekorasi ruangan dengan pemilihan yang tepat. Rumah modern minimalis yang kini sangat banyak dipilih membuat pintu harus diberikan warna yang tepat. 

Baca Juga : 3 Macam Material Kusen Untuk Hunian Rumah Minimalis

Ada banyak produk cat dengan banyak pilihan warna, namun hanya cat Orchid yang akan memenuhi kebutuhan pintu rumah secara sempurna. Cat akan membuat pintu tampak menarik baik dari segi tampilan warnanya hingga perlindungannya. Bagi Anda yang masih pemula dalam hal mengecat juga tak perlu bingung. 

Cat Orchid merupakan cat enamel water based yang proses aplikasinya adalah menggunakan air. Jadi untuk tahapan aplikasi Anda tidak dipersulit harus mengoperasikan alat seperti spray gun dan kompresor. Dengan begitu kegiatan mengecat bisa lebih cepat tanpa mengurangi hasilnya. 

Baca Juga : 5 Jenis Kitchen Set Yang Cocok Untuk Dapur Minimalis

Mengapa Memilih Cat Orchid untuk Pengecatan Pintu?

Cat Orchid yang merupakan cat dengan pelarut air ini cukup berbeda dengan cat enamel berpelarut solvent. Pelarut air menjadikan cat ini lebih aman dan ramah lingkungan. Selama proses aplikasinya Anda tidak akan diganggu oleh bau menyengat yang seringkali muncul. Selain itu penguasan juga lebih ringan karena itulah membebaskan dari hasil brush mark. 

Ada beberapa kelebihan yang akan didapatkan oleh pintu di rumah jika menggunakan cat Orchid sebagai bahan finishingnya yaitu sebagai berikut ini:

  • Cat Memiliki Warna yang Tahan Lama

Warna yang tahan lama menjadi yang paling dibutuhkan. Anda tentunya tidak ingin bukan tampilan pintu menjadi pudar hanya karena sinar uv? Cat Orchid memberikan warna-warna yang bisa bertahan hingga kurang lebih lima tahun ke depan. Jadi Anda tidak perlu bermasalah dengan pintu utama di rumah karena sudah menggunakan cat yang tahan lama. 

  • Memiliki Daya Tutup yang Sempurna

Daya tutup adalah hal yang sangat penting karena cat akan diaplikasikan pada kayu yang memiliki warna dan tampilan serat. Tanpa daya tutup yang bagus, berapa kali pun Anda mengaplikasikan cat warna kayu dan seratnya masih saja tetap tampak. Cat Orchid akan menutup tampilan tersebut setelah Anda mengaplikasikan dua hingga tiga kali coating. 

  • Tampilan Semi Gloss yang Tahan Gores

Goresan seringkali menjadi masalah yang membuat cat mudah mengelupas. Hal ini dikarenakan tampilan dari pintu yang Anda pilih adalah warna matte , doff atau death matte. Orchid memberikan hasil semi gloss yang lebih tahan terhadap goresan. Jika Anda ingin melindungi pintu lebih baik lagi, bisa menambahkan Bioduco top coat gloss.

  • Perlindungan dari Jamur dan Rayap

Apabila Anda ingin mendapatkan pintu yang terjamin dari serangan rayap atau jamur maka gunakanlah cat Orchid. Cat ini juga sudah dilengkapi dengan bahan anti jamur, anti rayap bahkan anti karat. Jika pada bagian pintu terdapat ornamen besi, maka cat enamel ini akan melindunginya juga dari karat. Secara tidak langsung perlindungan dari kelembaban dan perubahan suhu ekstrim juga sangat baik. 

Tips Memilih Warna Pintu Modern Minimalis dan Cat Orchid

Cat Orchid menyediakan 24 pilihan warna solid baik yang keemasan atau tidak. Di antara 24 warna tersebut Anda harus memilih warna yang tepat sesuai dengan desain modern minimalis. Tidak semua warna bisa diaplikasikan untuk menguatkan gaya tersebut. Anda harus memilih warna yang sesuai dengan kebutuhan agar tampilannya lebih cantik. 

Supaya lebih mudah dalam memilih warna cat Orchid, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini. 

  • Pilih Warna Putih yang Cocok untuk Desain Minimalis

Jika Anda tidak ingin merasa kesulitan memilih, maka gunakanlah warna putih. Putih selalu menjadi warna pilihan utama pada desain minimalis karena memberikan kesan yang bersih. Namun jika Anda memilih warna putih pastikan sering membersihkan pintu. Perawatan akan menjadi kunci warna putih bisa lebih awet. 

  • Pilih Warna Hitam sebagai Focal Point

Jika Anda sudah menggunakan dinding warna putih dan tidak ingin ruangan tampak terlalu pucat, maka pilih warna hitam. Namun jika menggunakan warna ini selalu ingat bahwa jangan gunakan warna yang lain selain putih pada dinding. Hindari juga menggunakan dekorasi warna hitam pada dinding karena pintu dengan warna hitam akan menjadi focal point. 

  • Warna Coklat untuk Kesan Netral

Bisa juga anda memberikan warna coklat dari cat Orchid untuk memberikan kesan netral. Warna coklat juga cocok digunakan pada pintu di rumah modern minimalis. Jika memilih warna ini Anda tidak perlu bingung untuk memilih dekorasi dengan warna yang senada. Coklat juga bisa dijadikan warna seragam pada kusen jendela. 

Mengaplikasikan Cat Orchid pada Pintu Rumah

Saatnya mengaplikasikan cat, Anda bisa menggunakan alat kuas dan bahan pelarut air. Kuas yang dipilih harus berbulu nilon karena tidak mudah kaku. Jangan gunakan kuas dengan bulu alami karena mudah rontok jika digunakan pada cat water based. Setelah memilih warna, cat Orchid siapkan juga Bioduco primer coat warna putih sebagai base coat. 

Fungsinya agar warna Orchid lebih tajam dan pintu kayu tertutup pori-porinya. Jika pada beberapa bagian pintu terdapat kerusakan seperti retak dan lubang, gunakan Bioduco wood putty sebagai dempul. Nah untuk prosesnya adalah sebagai berikut. 

Persiapan dan Perbaikan Pintu

Kayu adalah material yang tidak terlepas dari cacat gores dan lubang. Sebagai persiapan Anda harus membuat pintu bebas debu dan kotoran serta menambal bagian yang rusak tersebut. Pertama-tama amplas seluruh bagian pintu dengan amplas 220. Kemudian tambal bagian berlubang atau cacat goresan dengan Bioduco wood putty. 

Diamkan supaya dempul mengering 20 menit kemudian amplas. Gunakan amplas 240 hingga permukaan kembali merata dan halus. Bersihkan debunya. 

Mengaplikasikan Primer Coat

Lapisan primer juga bisa diaplikasikan dengan kuas bulu nilon, tapi bedakan kuas yang akan digunakan nanti. Campurkan Bioduco primer dengan air perbandingan 2:1 air. Kuas ke seluruh permukaan pintu dan harus searah dengan serat kayu. Diamkan kering 60 menit kemudian amplas. 

Gunakan amplas 400 untuk mengamplasnya secara ambang saja. Bersihkan debu amplas kemudian. 

Mengaplikasikan Cat Orchid

Proses aplikasi Orchid tak jauh berbeda dengan primer coat. Cukup campurkan dengan air perbandingan 3:1 kemudian aduk merata. Kuaskan Orchid ke permukaan pintu harus searah sama seperti aplikasi primer. Diamkan Orchid mengering, dan pastikan Anda hanya mengaplikasikan tipis saja. 

Setelah kering amplas ambang, gunakan amplas 400 yang baru. Bersihkan debunya dan ulangi hingga menjadi 3 sampai 4 lapisan. Barulah warna dari kayu dan seratnya tidak terlihat. Pada lapisan terakhir Anda tak perlu mengamplasnya, cukup didiamkan selama semalaman saja. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X