pagar-rumah-dari-besi

Bingung Memilih Warna Cat Pagar Besi? Serahkan pada Cat Orchid

Pagar besi di rumah seringkali tidak diperhatikan pemeliharaanya. Setelah dilapisi dengan cat besi sekali maka selanjutnya pemilik rumah terlupakan bagaimana cara untuk memeliharanya. Padahal sama seperti furniture, pagar besi membutuhkan pengecatan ulang. 

Proses mengecat ulang pagar besi hampir sama ketika Anda pertama kali hendak mengecat. Mulai dari memilih warna hingga memilih jenis cat besi yang memberikan perlindungan terbaik. Nah soal cat besi ini Anda bisa menyerahkannya pada merk cat Orchid. 

Mengapa Orchid? Pertama cat ini adalah cat enamel water based yang aman dan ramah lingkungan. Kedua cat ini memiliki 24 pilihan warna menarik sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan warna cat rumah. Ketiga adalah perlindungannya yang maksimal, pagar bisa bertahan lebih dari lima tahun. 

Jadi apalagi yang Anda tunggu untuk memperbaiki tampilan dari pagar rumah? Cat Orchid akan mengatasi semua masalah yang ada pada pagar Anda saat ini. Mulai dari karat hingga tampilan warna yang tahan lama. Proses aplikasinya pun mudah. 

Ide Warna Menarik Pagar yang Disuguhkan Cat Kayu Besi Orchid

produk-Cat-besi-Orchid

Melalui 24 pilihan warna yang tersedia dalam cat Orchid, Anda bisa menciptakan berbagai keindahan pagar besi di rumah. Memilih warna seringkali membingungkan, namun Anda perlu memilih salah satunya yang berpenampilan menarik. 

Dibutuhkan inspirasi atau beragam ide yang menarik jika Anda ingin memilikinya. Apa saja ide menarik yang bisa Anda dapatkan? Berikut ini macam-macamnya. 

  • Warna putih

Pagar warna putih cocok bagi Anda yang berani dan rajin merawat pagar. Warna putih memang lebih mudah kotor namun akan memberikan kesan bersih pada halaman rumah. Pagar dengan warna ini cocok digunakan pada berbagai macam desain karena bersifat netral. 

  • Warna hitam
Baca Juga:  Finishing Pagar Bambu agar Lebih Tahan Lama dan Berwarna Natural

Pagar dengan warna hitam sangat cocok bagi Anda yang jarang melakukan perawatan. Hitam dapat menyamarkan kerusakan seperti karat atau goresan jadi Anda bisa menggunakannya. 

  • Warna emas

Cat Orchid juga menyediakan varian warna metalik diantaranya yaitu gold. Warna emas pada pagar bisa menciptakan desain yang klasik. Khususnya pada pagar rumah yang memiliki banyak ornamen seperti sulur bunga atau tanaman. 

  • Warna coklat

Pilihan warna natural lainnya dari cat Orchid adalah coklat. Ada dua jenis warna coklat yang bisa dipilih, yaitu honeywood dan juga liver brown. Jika Anda ingin warna coklat yang lebih terang pilih honeywood, sedangkan lebih gelap bisa menggunakan liver brown. 

  • Warna Merah

Warna merah akan memberikan suasana yang berbeda pada rumah. Walaupun warna ini jarang dipilih namun Anda tetap bisa menggunakannya karena tersedia dalam cat kayu besi Orchid. Warna merah akan menunjukkan warna semangat dalam rumah. 

  • Warna Kuning

Salah satu warna yang juga jarang digunakan adalah kuning. Cat kayu Orchid menyediakan tiga jenis warna kuning, yaitu light yellow, lemon yellow dan golden yellow. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. 

  • Warna hijau

Hijau termasuk sering dipilih untuk finishing pagar besi. Hal ini disebabkan ada beberapa jenis warna hijau yang bisa dipilih. Cat Orchid menyediakan warna hijau beragam antara lain adalah green, emerald green dan juga pelita green. 

  • Warna cooper

Cocok juga diaplikasikan untuk pagar besi dengan gaya klasik. Cooper memberikan warna emas yang kecoklatan gelap. Sangat dibutuhkan untuk pagar dengan banyak ornamen. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan warna emas. 

Persiapan Pengecatan Ulang Pagar Besi

Kini setelah Anda memilih warna yang tepat, saatnya untuk mempersiapkan material pagar besi. Anda tidak bisa mengecat ulang pagar besi tanpa mempersiapkan permukaannya. Cat yang baru apapun kualitasnya tidak dapat melekat pada permukaan besi. 

Baca Juga:  Mudahnya Menggunakan Produk Dengan Merk Obat Pemutih Kayu WA 250

Nah untuk itu Anda harus membersihkan lapisan coating lama dan juga memperbaiki beberapa kerusakan misalnya saja karat. Untuk mempermudah, ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Bersihkan semua permukaan pagar besi dari kotoran atau kerak yang menempel. 
  • Amplas permukaannya dengan amplas besi hingga permukaan cat lama sedikit terkelupas. 
  • Gunakan bahan kimia khusus untuk menghilangkan cat pada besi. 
  • Bersihkan semua karat pada besi dengan mengamplasnya. 
  • Bersihkan semua bekas debu amplas dan pastikan pagar besi bersih dan memiliki permukaan bebas karat. 

Karat pada besi perlu dihilangkan agar tidak mengganggu proses pengecatan yang baru. Lapisan coating yang baru harus diaplikasikan pada permukaan bebas karat. Selain itu karat juga biasanya akan memperburuk tampilan nantinya dan membuat cat tidak bertahan lama. 

Proses Pengecatan Pagar Besi dengan Cat Kayu Besi Orchid

Apakah Anda sudah memilih warna cat yang akan digunakan? Selanjutnya kini Anda harus mempersiapkan proses pengecatan. Pastikan hari dimana Anda hendak mengecat memiliki cuaca cerah, jadi sebaiknya dilakukan pengecatan saat musim kemarau. Karena Anda akan mengecat di luar ruangan, jadi sangat penting bagi Anda untuk tetap menjaga hasil finishing bagus bebas dari ancaman hujan. 

Jika cuaca sudah dipastikan, siapkan air dan juga cat Orchid sesuai dengan warna. Pastikan jumlah cat yang digunakan dapat menutup permukaan pagar secara maksimal. Setelah itu siapkan beberapa alat seperti wadah untuk melarutkan cat, pengaduk dan juga kuas nilon. 

Siapkan juga amplas 400 dari bahan aluminium oxide untuk menghaluskan permukaan coating. Apabila semua sudah siap, ikuti langkah aplikasinya berikut ini:

  • Bersihkan permukaan pagar dengan kain bersih. Permukaan pagar tidak boleh basah dan bebas karat.
  • Campurkan cat kayu besi Orchid dengan air perbandingan 3 bahan : 1 air. Aduk merata hingga tidak ada cat yang mengendap. 
  • Lanjutkan dengan proses penguasan ke seluruh permukaan pagar. Sapuan kuas harus satu arah agar hasilnya rapi serta halus. 
  • Tunggu 60 menit agar lapisan cat pertama kering, jadi pastikan lapisan yang Anda buat tipis. 
  • Jika sudah kering, amplas ambang dan bersihkan debu amplas. Ulangi langkah yang sama hingga membentuk 2 atau 3 kali lapisan. 
Baca Juga:  Orchid Enamel untuk Refinishing Teralis Jendela Minimalis 2020

Hasil finishing yang didapatkan dari pagar akan sesuai warna dan juga mengkilap. Cat yang mengkilap akan menyamarkan semua kerusakan pagar khususnya goresan. Anda juga akan lebih mudah membersihkan permukaan pagar dengan kain apabila kotor. 

Perawatan Pagar Besi agar Bertahan Lama 

Besi adalah material yang paling banyak dipilih karena strukturnya yang kuat. Walaupun untuk membuat pagar besi tidaklah murah, banyak orang yang tetap memilihnya. Oleh karena itu perawatan pagar setelah dicat pun harus tetap dilakukan. Fungsinya untuk mempertahankan tampilan dan kekuatannya. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatannya yaitu sebagai berikut ini:

  • Segera hilangkan karat walaupun hanya sedikit. Anda bisa memanfaatkan cuka dapur untuk membersihkannya. 
  • Beri minyak pada bagian roda secara berkala. Minyak akan membuat roda pada pagar bisa berjalan dengan mudah dan tidak mengeluarkan suara mengganggu. 
  • Ulangi proses mengecat apabila cat lama sudah mulai mengelupas dan juga rusak. Apabila rusak karena bengkok atau masalah lainnya segera perbaiki. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X