cat duco

Ingin Berhasil Mengaplikasikan Cat Duco Kayu Warna Putih? Intip Disini

Warna putih selalu menjadi kegemaran banyak pemilik rumah, khususnya untuk rumah-rumah yang ukurannya sempit. Furniture hingga dinding dengan warna putih akan memberikan kesan bersih sekaligus ruangan tampak luas. Anda bahkan bisa mengecat furniture di rumah dengan cat duco yang berwarna putih sendiri. 

Apa itu cat duco? Cat duco adalah salah satu jenis cat yang memberikan hasil warna solid yakni menutup warna kayu atau warna asli material di bawahnya. Dulunya cat duco digunakan untuk otomotif saja, tetapi kini tidak lagi. Karena begitu banyak permintaan hasil finishing solid pada furniture, maka cat duco kayu pun diciptakan. 

Bagaimanakah cara mudah mengecat furniture sendiri dengan cat duco? Ada beberapa langkahnya mulai dari persiapan hingga triknya. Anda perlu mempersiapkan produk yang tepat karena ada begitu banyak pilihan warna dari beberapa merk cat duco. Kedua mengetahui bagaimana cara mengaplikasikannya dan terakhir trik mengaplikasikannya. 

Mengaplikasikan cat duco putih memang tidak semudah aplikasi cat duco warna lain seperti hitam, coklat, abu-abu atau sejenisnya. Karena warna putih membutuhkan ketelitian dimana kebersihan menjadi hal yang utama. Supaya hasilnya menjadi sempurna, ikuti semua langkah hingga triknya disini. 

Pemilihan Produk Cat Duco Putih

Ada begitu banyak produk cat duco kayu yang menawarkan banyak tingkatan warna putih. Mulai dari putih susu, putih terang hingga putih seperti mutiara yang sedikit memancarkan warna keemasan. Dari sini Anda bisa memilih, warna putih seperti apakah yang diinginkan. Jika dinding ruangan sudah berwarna putih, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan warna putih mutiara yang sedikit lebih keemasan. 

Apapun warna yang dipilih, perhatikan juga dengan produk yang digunakan. Hal ini sangat penting karena kualitas dari cat akan menjadi perhatian utamanya. Berikut ini ciri cat yang memiliki kualitas warna putih terbaik. 

Tidak memiliki efek berubah menguning 

Warna putih dari sebuat cat duco seiring dengan waktu dapat berubah karena faktor eksternal. Seperti misalnya furniture sering terkena panas matahari, hujan atau goresan. Apapun faktor eksternal yang merusak, warna dari cat duco berkualitas tak akan berubah menjadi kuning. 

Jika terjadi perubahan warna bahkan baru beberapa bulan penggunaan maka furniture akan berubah tampak kusam. Perubahan warna kuning ini disebabkan formulasi dari cat yang memiliki kandungan formalin terlalu tinggi. 

Menimbulkan bau yang menyengat

Formalin adalah faktor utama perubahan warna kuning terjadi pada cat duco. Bagaimana cara mengecek kadar formalin pada sebuah kaleng cat duco? Sangat mudah, Anda cukup mencium aroma cat yang keluar ketika pertama kali membuka kaleng. Jika baunya sangat menyengat dan menusuk hidung maka kandungan formalin sangat tinggi. 

Ciri khas dari formalin dari cat adalah mengeluarkan gas amonia yang baunya sangat menyengat. Jadi jika Anda menemukan produk seperti ini sebaiknya hindari dan pilih yang lainnya. 

Memiliki daya tutup yang sangat baik

Daya tutup menjadi faktor utama yang harus diperhatikan, karena sekali mengaplikasikan biasanya warna putih masih kalah dengan warna kayu dan sertanya. Akan lebih baik jika Anda mencoba membandingkan beberapa produk pada kayu lapis. Cobalah bandingkan dengan memberikan satu lapisan hingga tiga lapisan. 

Manakah cat yang sudah diaplikasikan hingga tiga kali lapisan mampu menutup warna kayu lapis? Jika ada salah satu darinya maka cat tersebut memiliki daya tutup yang baik. Daya tutup ini penting supaya Anda tak perlu menghabiskan terlalu banyak cat dan lebih hemat. 

Cara Mengaplikasikan Cat Duco Warna Putih

Di antara cat duco dengan pilihan warna putih, Bioduco adalah produk yang paling banyak dipilih. Bioduco solid color menyediakan warna putih susu yang bisa dilapisi dengan top coat gloss atau matte sesuai kebutuhan. Daya tutupnya yang tinggi dibantu dengan lapisan Bioduco primer sehingga Anda akan mendapatkan warna putih merata.

Proses aplikasinya menggunakan alat semprot sehingga bisa lebih cepat. Ditambah lagi pengeringan yang membutuhkan waktu selama 60 menit membuat Anda bisa menyelesaikan semua lapisan cat dalam beberapa jam saja. 

Berikut ini empat tahapan yang perlu dilakukan saat mengaplikasikan Bioduco series. 

Mempersiapkan Substrat Kayu

Mengamplas permukaan kayu selalu menjadi awalan yang harus diperhatikan. Amplas permukaannya searah serat dengan amplas nomor 180 atau 220. Manfaatkan amplas alumunium oxide tersebut secara bergantian hingga permukaan benar-benar halus. 

Bersihkan semua debu dan kotoran bekas pengamplasan dengan kain bersih. Jika terdapat lubang isi dengan Bioduco wood putty. Isi hingga penuh dan tunggu kering selama 20 menit. lanjutkan dengan amplas bagian yang ditambal dengan amplas nomor 240. 

Mengaplikasikan Primer

Primer berfungsi untuk mempersiapkan warna dasar dari kayu. Bioduco primer berwarna putih dan bisa diaplikasikan sebelum cat duco kayu warna apapun bukan hanya warna putih. Namun karena Anda akan mengaplikasikan warna putih maka akan membuatnya semakin merata.

Caranya, larutkan Bioduco primer coat dengan air dan aduk hingga merata sehingga tak ada yang mengendap. Kemudian semprotkan primer ke seluruh permukaan kayu hingga merta. Tunggu lapisan primer mengering hingga siap di amplas ambang. Amplas permukaan dengan amplas 400 dan bersihkan debunya. 

Mengaplikasikan Cat Duco Kayu

Langkah yang paling penting adalah mengaplikasikan cat duco. Kayu sudah siap dengan warna putih dari primer dan bebas lubang karena sudah ditambal dengan wood putty. Kini Anda bisa mencampurkan Bioduco solid color white dengan air. Aduk hingga merata dan tuang ke tabung alat semprot. 

Cara menyemprot adalah silang yaitu horizontal secara merata kemudian vertikal. Cara ini dilakukan sebelum cat mengering jadi pastikan Anda sudah mempelajari teknik menyemprot yang cepat. Diamkan cat mengering selama 60 menit tanpa dijemur cukup diangin-anginkan saja. 

Amplas permukaan cat duco putih yang sudah mengering, biasanya warna kayu masih terlihat. Selesai mengamplas Anda bisa mengulangi penyemprotan dengan cara yang sama. Pastikan pengulangan menghasilkan cat yang menutup warnanya. 

Mengaplikasikan Top Coat

Anda perlu memilih tampilan top coat matte atau gloss terlebih dahulu, kemudian baru melarutkannya dengan air. Larutkan cat hingga mendapatkan viksoistas 11-2 detik Nk2 baru semprotkan secara merata ke seluruh permukaan kayu. Karena sebagai lapisan terakhir maka hasilnya harus benar-benar merata.

Proses pengeringan berlangsung semalam, Anda bisa meninggalkannya dalam ruangan yang bersih. 

Trik Supaya Mendapatkan Hasil Warna Putih Bersih

Jika ingin hasil putih sempurna, selain langkah-langkah diatas ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti yakni sebagai berikut:

  1. Semua ruang kerja harus benar-benar bersih bebas debu karena kotoran sedikit saja bisa membuat tampilan kotor.
  2. Sumber cahaya juga harus diperhatikan dan ruangan harus terang. Jika perlu letakkan lebih dari satu lampu dalam ruangan. 
  3. Jangan lupa setiap selesai mengecat tabung dan alat semprot harus dicuci dengan bersih menggunakan air.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X