dinding-dari-palet-kayu

5 Keunggulan Biovarnish Wood Stain yang Bisa Diandalkan

Dimana lagi Anda akan menemukan produk cat kayu yang lama dan juga ramah lingkungan? Biovarnish adalah cat kayu yang fungsinya menggantikan pernis atau plitur konvensional. Bagi Anda yang masih menggunakan jenis pernis dan plitur lama segeralah berganti menggunakan Biovarnish. 

Mengapa Biovarnish? Cat ini terbuat dari bahan yang aman dan ramah lingkungan yaitu air. Melalui teknologi terbaru yang mampu menyatukan pernis dan air. Kualitas dari hasil finishingnya pun tentu lebih tahan lama. 

Layaknya plitur dan pernis solvent, kekuatan perlindungan Biovarnish bisa digunakan untuk segala furniture indoor maupun outdoor. Cat ini secara umum akan memberikan pilihan warna lengkap dengan hasil yang tajam. Tingkat keamanan terjamin, dimana semua proses aplikasinya lebih mudah. 

Proses kering yang cepat akan membuat Anda bisa melakukan finishing dalam satu hari saja. Kini bukan hanya profesional saja yang dapat melakukan finishing. Jika Anda ibu rumah tangga jangan ragu untuk menggunakan Biovarnish dalam proses finishing semua perabotan rumah lama Anda.

Pilihan Warna yang Lengkap

Apabila menggunakan Biovarnish Anda bisa memilih hasil warna natural sesuai dengan kebutuhan. Cat akan memiliki warna kayu seperti jati, mahoni, oak, dan lainnya. Total warna yang tersedia adalah 20 pilihan warna. Produk yang memiliki warna ini adalah Biovarnish wood stain. 

Cat kayu Biovarnish wood stain berbeda dengan cat kayu lainnya karena memiliki efek warna tajam yang tahan lama. Tingkat transparansi terbaiknya akan membuat serat kayu tetap terlihat. Sedangkan untuk warna dasarnya Anda bisa menggunakan Biovarnish wood filler. 

Biovarnish wood filler terdiri dari 4 warna yaitu jati, ramin, sungkai dan juga mahoni. Keempat warna tersebut disediakan sesuai dengan warna kayu. Bahkan jika Anda ingin menyamakannya dengan warna wood stain, cukup campurkan wood filler dengan wood stain sebelum diaplikasikan. 

Baca Juga:  Grosir Zat Pemutih Kayu WA 250 di Indonesia

Hasilnya warna dari wood filler akan sama dengan wood stain, sehingga tampilan kayu akan lebih menyatu dan tidak berubah dari konsep awal Anda. Berikut ini 20 pilihan warna yang tersedia dalam produk Biovarnish wood stain.  

Keamanan yang Membuat Lebih Nyaman

Masalah keamanan selalu menjadi hambatan dari DIY hingga profesional. Cat pada dasarnya adalah bahan kimia logam berat yang berbahaya bagi lingkungan. Hanya saja jika Anda menggunakan Biovarnish bahan berbahaya tersebut dibatasi penggunaannya. Walaupun dibatasi namun hasil finishing tidak akan berkurang kualitasnya.  Bahan berbahaya yaitu volatile organic compound (voc) yang digunakan dibatasi sesuai regulasi keamanan dan kesehatan.

Regulasi yang diikuti adalah European Chemical Agency dan Environmental Protection Agency. Keduanya berasal dari Eropa dan Amerika dimana menerapkan jumlah bahan kimia berbahaya yaitu voc harus di bawah 350 gram per liternya. 

Produk Biovarnish hanya mengandung 100 gram per liternya untuk voc. Jumlah tersebut jauh sekali dari standar regulasi yang disarankan. Oleh karena itu jumlah voc dalam Biovarnish tidak berbahaya dan mencemari lingkungan.

Bukti bahwa kandungan voc rendah adalah tidak adanya aroma keras yang keluar dari cat. Khususnya pada saat proses pengeringan berlangsung. Cat tidak membuat para penggunanya menjadi pusing, batuk bahkan perih di mata pada saat aplikasinya. 

Proses Aplikasi Lebih Mudah

Produk Biovarnish memiliki cara aplikasi yang sangat mudah. Tiga produk diaplikasikan secara bergantian mulai dari Biovarnish wood filler, wood stain terakhir clear coat. Cat dapat diaplikasikan hanya dengan pelarut air dan juga kuas bulu nilon. Pastikan kuas yang digunakan berbulu sintetis karena tidak menyerap air berlebihan. 

Alat yang dibutuhkan selama proses aplikasi adalah scrape, amplas alumunium oxide 220, 240 dan 400. Siapkan juga wadah untuk mencampurkan masing-masing cat, pengaduk, kain bersih dan kering. Jika semua alat dan bahan telah dipersiapkan, ikuti langkah aplikasinya berikuti ini:

  1. Amplas permukaan kayu dengan amplas nomor 220 kemudian bersihkan debu amplas. 
  2. Aplikasikan Biovarnish wood filler dengan scrape kemudian tunggu kering. Anda bisa meratakan atau cukup mengisi kayu yang berlubang saja. Lanjutkan dengan proses pengamplasan dengan amplas grit 240. 
  3. Campurkan Biovarnish wood stain dengan air dalam wadah. Aduk merata jangan sampai ada yang mengendap. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu kemudian diamkan hingga kering. 
  4. Amplas permukaan kayu dengan amplas grit 400. Amplas saja secara ambang kemudian bersihkan debu amplas. 
  5. Campurkan Biovarnish clear coat dengan air dalam wadah terpisah. Aduk merata kemudian kuaskan ke seluruh permukaan searah serat. Tunggu lapisan kering selama semalaman.
Baca Juga:  Apa Itu Cat Kayu Water Based?

Kecepatan Aplikasi Tidak Membuang Banyak Waktu

Mengaplikasikan Biovarnish adalah cara yang paling singkat. Awalnya cat ini dirancang khusus untuk para pemula yang sama sekali tidak bisa mengaplikasikan cat. Oleh karena itu dibuatlah tiga produk yang diaplikasikan secara mudah dan cepat. Kecepatan proses aplikasinya dibantu dengan waktu kering.

Lapisan coating kering hanya dalam waktu 60 menit dimana cat sudah siap untuk di amplas. Sangat berbeda dengan cat solvent atau plitur konvensional lainnya yang membutuhkan waktu kering hingga 8 jam lebih bahkan semalam. 

produk-cat-Biovarnish

Tidak hanya itu saja waktu kering yang cepat tidak tergantung dengan panas matahari. Cat dapat kering selama ruangan memiliki ventilasi udara yang baik. Hanya dengan udara kering dan juga suhu udara yang tidak terlalu lembab cat dapat kering sempurna. 

Justru proses pengeringan tidak boleh dijemur. Cat tidak boleh dijemur, permukaan kayu justru akan menimbulkan efek yang buruk apabila Anda menjemurnya. Furniture yang hendak di packing sebaiknya didiamkan selama satu minggu. Cara ini untuk mengurangi efek blocking karena pengemasan.

Budget Tidak akan Membengkak karena Lebih Hemat

Mana lagi cat yang menawarkan harga sangat hemat? Coba saja Anda bandingkan dengan finishing shellac. Plitur tersebut memiliki harga yang cukup mahal belum lagi Anda harus menyiapkan spiritus sebagai bahan pelarutnya. Harga spirtus per liternya bisa mencapai 25 ribu rupiah. 

Bisa juga Anda bandingkan dengan cat pernis solvent. Banyak pengrajin yang menggunakannya karena harganya terlihat sangat murah. Namun coba Anda jumlahkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli thinner? Thinner merupakan bahan pelarut pernis solvent yang harga per liter nya mencapai 30 ribu rupiah. 

Sangat berbeda dengan produk Biovarnish, sekilas Anda melihatnya harga sangat mahal. Namun Anda tidak perlu lagi membeli bahan pelarut. Cukup dengan air yang harganya tidak mencapai puluhan ribu per liternya. Budget yang Anda gunakan tentu akan sangat lebih murah untuk proses finishing dibandingkan pernis jenis lainnya. 

Baca Juga:  Kegunaan Silica Gel Natural Pada Makanan Dan Obat-Obatan

Tidak hanya budget hemat, Anda masih bisa menyimpan cat selama kurang lebih beberapa bulan kedepan apabila terdapat sisa cat. Syaratnya adalah cat harus benar-benar disimpan dalam keadaan tertutup rapat dalam kaleng lama atau yang baru. Anda juga perlu memperhatikan kondisi suhu udara yang tetap kering. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X