rayap-kayu-yang-banyak-jumlahnya

Pernis dan Obat untuk Kayu yang Ampuh Mengatasi Rayap

Kayu merupakan salah satu material serat alam yang memiliki masalah besar dengan rayap. Siapa yang tidak mengenal rayap? Serangga ini datang untuk merusak kayu karena beberapa alasan. Sayangnya keberadaan rayap ini lah yang harus dihindari sejak awal. 

Jika Anda adalah pecinta furniture kayu maka rayap adalah serangga yang harus dibasmi. Ketika rayap sudah masuk ke dalam substrat kayu akan sangat sulit untuk menghilangkannya. Para pemilik pabrik kayu biasanya melakukan treatment sebelum kayu didistribusikan. 

Tindakan treatment tersebut adalah pencegahan awal yang cukup efektif dilakukan walaupun tidak sepenuhnya. Rayap tetap bisa datang jika penyimpanan kayu kurang baik dan jenis kayunya yang sangat lunak sehingga sangat mudah untuk ditinggali. 

Penting sekali untuk melakukan treatment kedua sebelum mengaplikasikan cat. Obat anti rayap akan meresap ke dalam kayu dan melindungi dari dalam. Kemudian baru Anda mengaplikasikan pernis yang juga mengandung bahan anti rayap. 

Mengapa Rayap Datang Merusak Kayu?

Apakah alasan rayap suka dengan kayu? Pada dasarnya ada dua jenis rayap yaitu rayap tanah dan rayap kayu. Rayap tanah adalah rayap yang tinggal dan hidup di tanah sedangkan rayap kayu yang harus Anda waspadai dan kenali. Rayap kayu datang ke dalam kayu ketika kelembaban terjadi. 

Jamur akan mengundang rayap sehingga tinggal dan berkoloni di dalamnya. Rayap ini akan hidup dengan baik di dalam kayu berongga atau kayu struktural seperti konstruksi rumah. Mereka akan menumbuhkan koloni dan jarang bergerak untuk mencari makan.

Struktur kayu yang mereka tinggali memiliki fungsi sebagai tempat berlindung sekaligus sumber makanan. Apabila tingkat kelembaban pada kayu meningkat maka pertumbuhan koloni mereka juga akan sangat cepat. 

Baca Juga:  5 Langkah Memperbaiki Warna Lantai Kayu dan Parket

Cara untuk mengetahui bahwa rayap berkoloni di dalam kayu adalah dilihat kotoran atau fasaad di dekat furniture di atas lantai. Kotoran tersebut berbentuk palet kecil dan memiliki warna kayu. Jika masih tahap awal sangat sulit mendeteksi keberadaan rayap sehingga penting bagi Anda untuk selalu merawat furniture di awal. 

Produk Obat Anti Rayap yang Ampuh Digunakan

Dilihat dari perkembangan rayap yang sangat cepat pada kayu lembab maka Anda harus segera mengatasinya. Rayap yang sudah menyerang kayu bisa dihitung dalam hitungan minggu untuk akhirnya kayu berubah menjadi lapuk. Bagian dalam kayu akan kosong dan kemungkinan furniture roboh sangat tinggi. 

produk-obat-anti rayap

Saat rayap menyerang sebaiknya Anda menggunakan BioCide Insecticide. Obat anti rayap ini sangat ampuh untuk menyingkirkan rayap yang sudah berkembang biak di dalam kayu. Seringkali para pabrik kayu menggunakan produk ini sebelum menjual kayu di pasaran. 

Selain rayap kering, produk ini efektif untuk membunuh rayap tanah, kecoa atau serangga tanah lainnya dan juga kumbang bubuk. Anda bisa mengaplikasikannya pada serat alam lainnya seperti bambu dan juga rotan. 

Produk yang ampuh ini bisa digunakan untuk mencegah maupun mengatasi rayap. Anda bisa mengaplikasikan dengan berbagai cara seperti sistem kuas atau rendam. Hanya saja kayu harus tidak memiliki lapisan coating agar bahan dapat meresap lebih mudah melalui pori. 

Pernis Kayu yang Digunakan untuk Mencegah Rayap

Pernis juga menjadi bagian bahan pendukung untuk mencegah kayu ditinggali oleh rayap. Cat pernis berfungsi untuk menutup pori kayu sehingga rayap tidak mampu masuk melalui pori. Selain itu pernis juga telah dilengkapi bahan anti rayap sehingga rayap apapun tidak suka dengan aroma kayu yang lembab sekalipun. 

Baca Juga:  Cat Solid Water Based Mahal? Tidak, Jika Anda Tahu Harga Cat Orchid Ini

Produk pernis yang disarankan adalah Biovarnish. Cat ini merupakan cat dengan bahan dasar air yang memiliki kandungan obat anti rayap ampuh. Lapisan film dari Biovarnish clear coat akan melindungi kayu dengan kuat dari serangan rayap.

Sedangkan bahan lain seperti Biovarnish wood filler, liquid stain dan juga sanding sealer akan menutup pori kayu secara sempurna. Empat lapisan cat sudah sangat baik untuk membuat tampilan kayu berubah lebih cantik namun juga terlindungi dari serangan rayap. 

Lebih mudahnya lagi, proses aplikasi Biovarnish hanya menggunakan air dan juga kuas. Jadi siapa saja bisa mengaplikasikan cat dengan mudah tanpa harus bingung dengan alat sulit lain seperti spray gun atau roller. 

Proses Aplikasi Obat BioCide Insecticide

Aplikasi dari obat anti rayap sendiri dilakukan saat sebelum Anda mengaplikasikan cat. Sebaiknya Anda mengaplikasikannya sehari sebelum proses pengecatan berlangsung. Kayu juga harus benar-benar kering setelah proses treatment ini dilakukan. Pastikan Anda menggunakan masker dan sarung tangan untuk menghindari kontak langsung dengan obat. 

Alat yang perlu disiapkan adalah amplas, kain, wadah untuk melarutkan, pengaduk dan juga kuas. Bahan yang perlu dipersiapkan adalah BioCide Insecticide dan air. Berikut ini petunjuk aplikasinya pada kayu. 

  1. Amplas permukaan kayu pastikan tidak ada lapisan coating atau kotoran tertinggal. 
  2. Campurkan BioCide Insecticide dengan air dalam wadah terpisah. Gunakan perbandingan seperti yang tertera dalam kemasan. Aduk merata.
  3. Kuaskan obat anti rayap yang sudah dilarutkan. Jangan lupa bagian sudut dan bawah furniture. 
  4. Keringkan dengan cara dijemur namun jangan langsung terkena panas matahari. Obat akan masuk dan kayu menjadi lebih kering. 

Keempat proses aplikasi di atas bisa juga diganti dengan sistem perendaman. Hanya saja Anda harus menyiapkan wadah yang lebih besar dan merendam kayu selama 30 menit hingga satu jam. Baru masuk proses pengeringan. 

Baca Juga:  Bagaimana Menghilangkan Jamur Perusak Furniture dengan Cat?

Proses Aplikasi Biovarnish untuk Mencegah Rayap

Langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan pernis kayu Biovarnish. Ada lima langkah mudah untuk mengaplikasikan empat produk secara berurutan. Bahan yang diperlukan adalah air, Biovarnish wood filler, liquid stain, sanding sealer dan juga clear coat. 

produk-cat-kayu-anti-rayap

Alat yang dibutuhkan adalah amplas alumunium oxide grit 220, 240 dan 400. Kemudian kain lap kering, pengaduk, wadah untuk melarutkan cat dan kuas nilon. Jangan lupa pisau palet untuk aplikasi wood filler. 

Berikut ini lima langkah mencegah rayap dengan Biovarnish. 

  • Amplas permukaan kayu dengan grit 220. Dilakukan searah serat kayu kemudian bersihkan debu amplas. 
  • Aplkasikan Biovarnish wood filler dneganpisau palet. Tunggu kering 20 menit kemudian amplas dengan grit 240. Amplas hingga warna dan serat kayu terlihat baru bersihkan debu amplas dengan kain lap. 
  • Campurkan Biovarnish liquid stain dengan air dalam wadah dan aduk jangan sampai ada yang mengendap. Aplikasikan dengan kuas nilon searah serat kayu. Tunggu kering 60 menit baru amplas ambang dengan grit 400. 
  • Campurkan Biovarnish sanding sealer dengan air dalam wadah. Aduk dan kuaskan searah serat kayu dengan kuas nilon. Tunggu kering baru amplas dengan grit 400. Jangan lupa bersihkan debu amplas. 
  • Terakhir, campurkan Biovarnish clear coat dengan air ke dalam wadah. Aduk hingga merata baru kuaskan ke seluruh permukaan kayu searah serat. Tunggu kering cat selama semalaman atau 24 jam tanpa dijemur. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X