Politur Air Biovarnish untuk Tampilan Marmer Kayu Mengkilap

Politur Air Biovarnish untuk Tampilan Marmer Kayu Mengkilap

Apakah yang membuat marmer menarik? Kekuatan dan tampilan marmer sangat dibutuhkan untuk membangn sebuah furniture atau digunakan sebagai lantai. Namun bagaimana jika Anda ternyata bisa mengimitasi tampilan marmer pada furniture kayu?

Anda bisa mendapatkan tampilan marmer hanya dengan cat. Membentuk tampilan marmer pada kayu adalah hal yang sudah banyak dilakukan orang zaman dahulu. Menghias furniture dengan gambar akan meningkatkan nilai jual furniture.

Inilah yang membuat pedagang mendapatkan keuntungan dan banyak pengrajin yang mampu menghias furniture akan menaikan tarif mereka. Jika pada zaman dahulu, pewarna alami dari tumbuh-tumbuhan banyak digunakan, kini tidak lagi.

Cat dengan pigmen banyak digunakan untuk menggambar pada permukaan furniture. Cat yang digunakan tidak hanya untuk memberikan tampilan gambar namun juga sebagai pelindung.

Lapisan cat akan melindungi furniture dari panas dan juga kelembaban. Perubahan cuaca yang mempercepat kerusakan furniture akan dihalangi oleh lapisan cat. Kerusakan akan diterima oleh lapisan cat sehingga kayu akan tetap terlindungi dan bisa dilapisi cat ulang.

Apabila Anda menggunakan jenis kayu dengan harga ratusan jutaan rupiah maka menjadi wajib untuk memberikan lapisan cat yang tepat. Kembali pada tampilan furniture marmer.

Bagaimana bisa mewujudkan tampilan furniture seperti marmer? Anda membutuhkan teknik yang tepat dan perlu belajar. Para profesional pun tidak bisa langsung berhasil dalam mengimitasi tampilan marmer pada kayu.

Politur Air Biovarnish untuk Tampilan Marmer Kayu Mengkilap
Proses pembentukan motif marmer

Anda perlu belajar faktor penting apa yang perlu dilakukan dan bagaimana penerapannya pada furniture. Biasnya finishing marmer ini banyak diaplikasikan pada kayu dengan nilai jual rendah atau tidak memiliki penampilan menarik.

Kayu yang memiliki cacat warna juga dapat ditutup oleh finishing marmer. Pastikan juga Anda memilih bahan finishing yang dapat memberikan perlindungan pada kayu.

Faktor Penting dalam Finishing Marmer

Mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan pada saat finishing marmer akan meminimalisir kegagalan. Kapan waktu yang tepat untuk finishing, warna apa yang harus dipilih hingga produk apa yang sebaiknya digunakan.

Semua faktor penting tersebut terangkum dalam penjelasan berikut:

  • Apa saja lapisan yang dibutuhkan

sama seperti proses finishing warna natural atau duco, ada beberapa lapisan yang perlu diperhatikan pada saat finishing. Pertama adalah cat primer yang berfungsi untuk menutup warna kayu.

Primer yang digunakan adalah primer warna putih dan juga berfungsi menghaluskan permukaan kayu. Kedua adalah lapisan motif, Anda bisa menggunakan wood stain untuk memberikan motif marmer.

Warna wood stain yang dipilih disesuaikan dengan warna marmer yang ingin Anda tiru. Ada berbagai macam warna marmer yang bisa Anda dapatkan. Ketiga adalah lapisan clear coat. Lapisan akhir ini perlu dipilih secara cermat karena akan memberikan tampilan transparan dan perlindungan pertama.

  • Memilih warna wood stain

Pada lapisan kedua Anda memiliki banyak pilihan warna yang bisa saja membingungkan. Warna dari marmer yang terlihat seperti semu lalu apakah warna yang digunakan. Wood stain pada dasarnya memberikan warna natural transparan.

Ketika diaplikasikan pada marmer Anda akan dilihat warna yang berbeda dan dibutuhkan lebih dari satu warna. Anda bisa memilih dua atau tiga warna yang senada. Warna ini harus memiliki tingkatan. Misalnya Anda memilih warna coklat maka pilihlah warna coklat gelap, sedang dan coklat muda.

Politur Air Biovarnish untuk Tampilan Marmer Kayu Mengkilap
Contoh warna marmer


Cara paling mudah memilih warna adalah dengan berbagai macam contoh marmer. Marmer memiliki beragam warna memulai dari kemerahan, abu-abu, biru dll.

  • Permukaan substrat kayu

Persiapan sangat penting untuk menghasilkan finishing marmer yang benar-benar halus. Finishing marmer harus menghasilkan permukaan yang halus. Anda harus mempersiapkan permukaan yang halus dan rata.

Pengamplasan adalah tahapan pertama yang sangat penting. Amplaslah permukaan dengan kertas amplas alumunium oxide nomor 180 kemudian beralih ke angka 220. Proses amplas bisa memanfaatkan hand sander atau balok kayu untuk permukaan yang rata.

Apabila Anda menemukan lubang maka segera perbaiki dengan dempul kayu. Isi lubang dengan dempul hingga tidak muncul permukaan yang berlubang. Amplas kembali hingga merata.

  • Pemilihan clear coat atau plitur

Anda harus memilih clear coat atau plitur yang tepat. Clear coat akan membuat finishing tampak nyata. Cobalah untuk perhatikan batu marmer yang digunakan sebagai lantai atau dinding, apakah yang memukau?

Tampilan mengkilap menjadi bagian yang terpenting dan harus Anda dapatkan pada finishing marmer kayu. Caranya adalah menggunakan plitur atau clear coat gloss. pastikan clear coat memiliki tingkat glossy setidaknya 80% ke atas.

Tampilan mengkilap bisa diraih dengan permukaan yang datar jadi pastikan persiapan furniture sebelum dicat harus sempurna. Tampilan mengkilap dari clear coat biasanya akan menguning, inilah yang harus diperhatikan.

Clear coat yang transparan dan tahan lama akan Anda dapatkan jika menggunakan cat terbuat dari bahan air. Clear coat water based seperti produk Biovarnish akan menyempurnakan finishing marmer Anda.

Keuntungan Aplikasi Biovarnish Clear Coat

Alasan mengapa Anda harus memilih Biovarnish sebagai lapisan akhir dari finishing marmer adalah karena tingkat transparansi. Tampilan bening yang dihasilkan tidak akan berujung untuk efek menguning karena panas matahari.

Hal ini terjadi karena kandungan air lebih tinggi dibandingkan bahan organik yang bisa menimbulkan warna kuning ketika terkena panas matahari. Ada banyak keuntungan lainnya ketika Anda menggunakan Biovarnish clear coat.

Selain transparan Anda akan mengalami banyak keuntungan apabila mengaplikasikan Biovarnish yakni sebagai berikut ini:

  • Aman dan ramah lingkungan

Andalan menggunakan Biovarnish adalah Anda ikut andil dalam memperhatikan lingkungan. Sudah banyak lingkungan serta kesehatan manusia yang tercemar karena cat pada furniture.

Jika Anda menggunakan cat Biovarnish Anda mengurangi penguapan gas beracun yang dilepaskan oleh cat. Cat tidak menimbulkan gas berbahaya dalam udara yang akan mencemari lingkungan.

Hal ini terbukti dengan kandungan bahan organik yang rendah dan sesuai batasan-batasan regulasi yang ditetapkan. Anda tidak perlu lagi khawatir dengan kesehatan masa depan keluarga yang menggunakan furniture dengan finishing marmer.

  • Mudah diaplikasikan

Cat Biovarnish adalah clear coat yang mudah diaplikasikan dan memperlihatkan hasil sempurna. Anda hanya perlu menyiapkan kuas dan air untuk seluruh proses finishing. Kuas yang digunakan adalah kuas dengan bulu nilon.

Tidak perlu lagi bingung dengan brush mark dan sapuan kuas yang berat. Finishing bebas brush mark jika Anda berhasil mendapatkan larutan yang tepat. Tarikan kuas juga sangat ringan berbeda dengan jenis cat lainnya.

  • Kecepatan kering sempurna

Jika Anda menggunakan rangkaian produk finishing dari Biovarnish maka Anda akan merasakan bagaimana kecepatan keringnya. Kering sentuh yang akan diberikan adalah 60 menit. Anda juga bisa memulai pengamplasan dalam mempersiapkan lapisan selanjutkan.

Khusus untuk lapisan terakhir dari clear coat butuh waktu semalaman untuk mengering sempurna sebelum digunakan. Anda akan mendapatkan keuntungan lainnya yang bisa langsung dirasakan.

Selain menggunakan kuas, jika Anda ingin mengaplikasikannya dengan spray gun juga akan memberikan hasil yang lebih sempurna lagi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X