kayu tigerwood yang termasuk kayu termahal

5 Jenis Kayu Termahal Di Dunia, Ada yang Rp 25 juta!!

Kebutuhan kayu untuk konstruksi rumah atau furniture memang tidak ada matinya. Ternyata, ada juga loh kayu termahal yang harganya fantastis mencapai Rp 25 juta.

Kayu merupakan bahan yang mudah di jumpai di alam. Terdapat berbagai macam kayu berdasarkan jenis pohonnya. Di Indonesia, kayu sudah sangat umum terlebih digunakan untuk keperluan sehari-hari. Harga jual kayu pun beragam.

Harganya yang murah atau mahal tentu saja bukan dilihat sekadar tampilannya saja melainkan juga sebagain penghias ruangan. Untuk furniture biasanya sudah umum menggunakan kayu seperti kayu jati, mahoni, sonokeling dan masih banyak lagi. Penggunaan jenis kayu tersebut akan berpengaruh pada harga jual dari furniture tersebut.

5 Jenis Kayu Termahal Di Dunia

Kayu dikenal dalam industri kayu dan kerajinan sebagai material yang kokoh, unik dan memiliki tampilan yang estetik. Jika dilihat dari tampilannya, setiap kayu memiliki perbedaan. Hal ini yang membuat orang tertarik dengan penggunaan kayu. Furniture yang menggunakan kayu jati misalnya, biasanya lebih menggunakan cat kayu yang transparan karena fokus yang ditampilkan adalah serat dengan guratan yang halus, melingkar dan rapi.

Selain kayu jati yang dikenal sebagai primadonanya kayu, ternyata ada kayu termahal yang dikenal karena keunikan serta tampilannya yang indah. Berikut 5 kayu dengan harga yang fantastis.

1. Kayu Eboni

Kayu eboni adalah salah satu jenis kayu termahal di dunia karena warnanya yang eksotis

Kayu eboni adalah salah satu kayu yang dikenal mahal. Ternyata, kayu ini merupakan kayu asli Indonesia serta memiliki habitat asli di Sulawesi. Kayu eboni menjadi kesempatan ekspor yang menjanjikan karena pasarnya telah mencapai Jepang dan negara-negara di Eropa.

Kayu eboni banyak digunakan sebagai bahan baku alat musik dan bahkan pelapis furniture mewah. Di Jepang, kayu eboni digunakan untuk rumah-rumah tradisional. Penggunaan kayu eboni di Jepang melambangkan status yang tinggi.

Kayu eboni bisa mencapai tinggi 40 meter dengan diameter 100 cm. Apabila dirawat dengan baik, kayu eboni bisa hidup hingga 100 tahun. Untuk tampilannya, kayu eboni memiliki guratan hitam yang pekat dengan permukaan yang licin sehingga tanpa perlu polesan mesin.

2. Kayu Cendana (Sandalwood)

Kayu cendana yang masuk jajaran kayu dengan harga fantastis.

Kayu cendana ini merupakan salah satu jenis kayu termahal yang berasal dari India. Di Indonesia sendiri, kayu cendana sudah banyak dijumpai.

Manfaat dari kayu cendana ini pun beragam mulai dari obat herbal, wewangian hingga furniture. Sayangnya, pohon cendana biasanya membutuhkan inang agar dapat tumbuh optimal. Wajar saja harga kayu ini tergolong mahal karena pertumbuhannya yang berbeda dengan pohon lainnya.

Bagi Anda yang ingin memiliki kayu cendana, perlu menyiapkan dana sekitar Rp 400 ribu hingga 1 jutaan. Untuk kayu gubalnya saja bisa menelan harga hingga puluhan juta rupiah.

3. African Blackwood

African Blackwood, kayu yang mahalnya setara dengan kayu eboni dari Sulawesi

Bagi Anda yang menyukai kayu dengan guratan hitam seperti kayu eboni, perlu mengetahui kayu African Blackwood. African blackwood termasuk tanaman berbunga yang masih dalam keluarga Fabaceae. Pohon ini mampu tumbuh tinggu sekitar 7-15 meter dan masa tumbuh sekitar 60 tahun.

Permintaan kayu ini cukup tinggi walau harga jual kayu African Blackwood bisa mencapai jutaan rupiah.

4. Kayu Purple Heart

kayu purple heart yang masuk kategori kayu termahal karena warnanya ungu kecoklatan yang eksotis
Kayu Termahal Purple Heart

Kayu purple heart memiliki warna kecoklatan dan ketika sudah lama ditebang akan berubah sedikit merah muda dan cenderung keunguan. Di Eropa, kayu purple heart digunakan untuk furniture sehingga terkesan mewah dan kuno.

Meskipun demikian, minat terhadap kayu ini juga cukup tinggi. Harga jualnya saat ini mencapai Rp2,5 hingga Rp4 juta.

5. Tigerwood

kayu tigerwood yang eksotis dengan harga mencapai jutaan

Tigerwood merupakan kayu yang pertumbuhannya tidak bisa dibudidayakan karena sifatnya yang tumbuh alami. Hal inilah yang menyebabkan kayu tigerwood dihargai mahal. Dikarenakan harganya yang mahal, kayu tigerwood diproduksi dalam bentuk lembaran saja.

Ketika Anda membeli furnitur kayu jati namun terdapat lapisan tigerwood pada furniture tersebut maka harganya bisa menjadi 3x lebih mahal. Oleh karenanya, tigerwood termasuk pada jenis kayu termahal di dunia.

Finishing Kayu Termahal dengan Hasil Terbaik

Meskipun kayu termahal digunakan sebagai furniture, hiasan atau kebutuan lainnya, namun tetap membutuhkan polesan cat untuk menambah kesan ekslusif dari kayu tersebut. Fungsi cat kayu tersebut juga bukan semata-mata agar kayu jadi cantik saja, tapi juga sebagai pelindung dari goresan atau pun faktor lainnya agar tampilan eksotis kayu tetap terjaga.

Untuk menjaga kualitas kayu termahal tersebut, dibutuhkan cat yang aman dan berkualitas. Anda dapat menggunakan cat kayu Biovarnish yang merupakan cat ramah lingkungan.

Berikut cara mengaplikasikan cat Biovarnish yang benar untuk finishing pada kayu:

  1. Ampelas permukaan kayu agar lebih halus ketika diaplikasikan cat
  2. Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer. Karena digunakan untuk pelapis saja agar tampilan kayu tampak tajam maka tidak membutuhkan pigmen atau pewarnaan. Cukup cat sanding sealer.
  3. Nah, apabila sanding sealer ini sudah diaplikasikan, diamkan dalam suhu ruangan selama satu jam. Apabila sudah kering sentuh, ampelas ambang menggunakan kertas ampelas no. 400.
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat ke permukaan kayu yang sebelumnya sudah diaplikasikan sanding sealer. Kemudian diamkan selama semalaman hingga cat benar-benar kering.

Cat Biovarnish mudah diaplikasikan. Selain itu, cat Biovarnish tidak mengandung senyawa kimia yang berbahaya sehingga kondisi udara tetap aman dan tidak terkontaminasi bahan beracun.

Untuk mendapatkan cat Biovarnish Anda dapat langsung order dengan menghubungi kontak customer service yang tercantum pada website ini. Jika Anda ingin melakukan pemesanan cat Biovarnish melalui marketplace, silahkan melalukan pemesanan melalui akun marketplace di bawah ini.

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish_official

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X