interior desain

12 Tips Memilih Cat untuk Interior Rumah

Bingung memilih jenis cat yang digunakan untuk interior rumah? Bagaimana dengan warna yang tepat serta harga yang harus dipertimbangkan. Jangan-jangan Anda melakukan kesalahan yang sering dilakukan pemilik rumah. Jika Anda salah dalam memilih cat sejak awal maka budget hingga gaya yang ingin diciptakan bisa saja gagal. 

Memilih warna cat sangat penting, tidak ada yang bisa menyangkalnya. Pemilih cat pada dinding adalah dasar dari desain interior. Warna adalah elemen penting dalam estetika yang diterapkan. 

Banyak yang mengatakan bahwa memilih warna yang ideal tidak mudah. Terlalu banyak pilihan dari setiap warna dan sedikit perbedaan dapat merubah banyak gaya. Bisa dikatakan sangat sulit menentukan awal pemilihan tersebut. 

Pada artikel ini akan dijelaskan 12 tips untuk memilih warna cat untuk desain sebuah ruangan di dalam rumah. Perhatikan masing-masing dan cobalah untuk diterapkan secara langsung. 

Tips 1. Jangan Menganggap Sulit Memilih Cat

Cara awal untuk memilih warna cat yang tepat adalah dengan menggunakan warna yang Anda sukai. Anda tidak terikat untuk wajib menggunakan cat dengan warna tradisional, netral atau natural. Tidak wajib juga untuk memilih warna menyesuaikan dekorasi ruangan yang telah dibeli. 

Menggunakan warna favorit Anda sebagai dasar akan memudahkan untuk menciptakan suasana dalam ruangan. Menambahkan warna lain sebagai aksen juga tidak sulit. Warna favorit juga bisa menjadi inspirasi terbesar yang bisa dikembangkan. 

Tips 2. Menemukan Warna yang Menginspirasi

Majalah dan juga katalog warna selalu menjadi panduan yang bermanfaat dalam menentukan dekorasi ruangan. Anda sangat beruntung karena ratusan warna tersedia di setiap halaman majalah hingga internet. Banyak sekali toko cat yang menyediakan contoh warna untuk bisa dipilih. 

Sosial media juga sangat membantu ketika Anda membutuhkan inspirasi bentuk nyata sebuah ruangan. Berbagai contoh foto ruangan asli bisa Anda aplikasikan pada ruangan yang hendak di cat. Pastikan Anda menemukan banyak ide untuk dipadu padankan. 

Tips 3. Menggunakan Teori Warna

Anda tidak harus mempelajari secara rinci bagaimana teori warna untuk mendapatkan ide terbaik. Cukup dengan lingkaran warna sederhana Anda bisa menemukan warna yang tepat. Cakram warna bukanlah alat yang mahal dan sulit didapatkan, namun mempermudah tujuan Anda. 

Apabila Anda tidak akan mengecat dengan warna sama seperti dalam cakram warna, Anda bisa memilih warna yang mirip sesuai ketersediaan cat di toko. Anda bisa membawa contoh warna dari cakram warna untuk menyamakan warna dengan cat yang tersedia. 

Tips 4. Lebih Kreatif dengan Warna Natural

Anda mungkin tidak akan memilih warna natural namun bukan berarti Anda tidak membutuhkannya. Warna cat natural bisa menjadi lebih kreatif ketika digunakan. Misalnya saja sebuah garis di dinding yang menggunakan warna natural seperti pastel akan memberikan efek yang berbeda. 

Efek tersebut akan membuat ruangan menjadi lebih rileks. Anda bisa menerapkan konsep tersebut di seluruh ruangan khususnya untuk ruangan istirahat seperti kamar. Warna natural tidak akan menghilangkan suasana yang telah dibangun sebelumnya. 

Tips 5. Sesuaikan Warna dengan Bahan Kain

Salah satu cara paling mudah untuk memilih warna cat adalah menyesuaikan warna dan motif kain. Misalnya Anda bisa menyesuaikan dengan warna pada bed cover atau sarung bantal. Sesuaikan juga dengan warna, bentuk dan motif kain pada sofa. 

Jika Anda ingin memberikan kesan berani dalam ruangan dengan adanya warna kain yang terang seperti orange sebaiknya pilih warna lembut pada dinding seperti putih. Cara ini akan membuat ruangan terlihat lebih luas. 

Tips 6. Menambahkan Warna Luar Ruangan

Memberikan warna dari luar ruangan seperti warna hijau dedaunan di taman sangat cocok untuk menambahkan inspirasi. Terutama jika ruangan memiliki kaca yang besar sehingga memperlihatkan kondisi luar ruangan. Anda bisa menambahkan warna hijau atau biru langit.

Pastikan untuk mencocokan warna tersebut untuk kondisi malam dan juga siang hari. Bukalah jendela dan pintu untuk menyelaraskan warna yang realistik. Dengan begitu lebih banyak pilihan akan Anda dapatkan. 

Tips 7. Temukan Warna Melalui Lukisan atau Dekorasi

Seorang desain interior memiliki rahasia dengan memilih warna melalui lukisan atau dekorasi. Anda bisa memilih warna melalui lukisan atau patung yang akan diletakan di dalam ruangan. Selaraskan warna dengan lukisan pemandangan, pilih salah satu warna yang sesuai. 

Anda juga bisa memilih warna komplemen sebagai penyelarasan. Banyak sekali lukisan dan juga patung yang bisa Anda pilih. Dari semua itu selaraskan juga dengan gaya yang dipilih. 

Tips 8. Pilih Warna untuk Kesan Historik

Anda mungkin memilih untuk menggunakan sebuah furniture karena hasilnya yang klasik. Namun bukan berarti Anda harus melakukan dekorasi sesuai dengan furniture yang telah dibeli tersebut. Pilihlah warna yang tidak jauh berbeda dengan furniture untuk mendapatkan kesan historik. 

Beberapa jenis furniture klasik banyak dipilih karena memiliki kesan yang sangat berbeda bahkan mewah. Warna-warna seperti hitam, emas, dan juga perpaduan kuning bisa membuat kesan historik yang kuat. 

Tips 9. Cobalah untuk memberikan kesan atau gelap

Sewaktu-waktu Anda membutuhkan sedikit penyesuaian. Pilih warna terang untuk interior ruangan yang tepat. Sebelum Anda mengganti cat yang lama terburu-buru cobalah untuk mempertimbangkan warna gelap dan terang. 

Banyak sekali pilihan warna yang akan memberikan efek tersebut. Anda juga bisa menanyakan toko dan pabrik pembuatan cat manakah jenis cat dengan kesan gelap dan terang dalam bentuk persentase. 

Tips 10. Memanfaatkan Warna Undertones 

Anda bisa sangat terkejut jika menggabungkan warna-warna undertones. Bahkan Anda bisa memadukannya dengan warna favorit yang sebelumnya telah dipilih. Warna beige terkesan tidak mudah untuk digabungkan dengan warna lain. Namun ternyata Anda justru bisa memadukannya dengan hijau yang terang. 

Cara untuk mendapatkan warna sama yang undertones adalah memasangkannya dengan furniture, dekorasi yang memiliki warna sama. Kemudian pilih satu warna undertones untuk dinding yang sama dengan perabotan dalam ruangan. 

Tips 11. Kumpulkan Semua Warna dalam Ruangan

Memilih warna untuk interior ruangan bisa dimulai dengan mengumpulkan semua warna dari perabotan hingga kain. Cobalah untuk dilihat berapa persentase dari masing-masing warna yang digunakan. Kemudian cobalah mencari katalog warna di toko cat. 

Langkah ini akan mempermudah Anda untuk tidak membandingkan warna yang tersedia di toko. Awalnya mungkin Anda memiliki banyak pilihan warna namun setelah dicocokan maka pilihan warna akan semakin sedikit. 

Tips 12. Cobalah Warna Cat di Rumah

Ketika sudah memiliki empat atau lima pilihan warna maka cobalah langsung pada bagian dinding. Selalu coba manakah jenis cat yang tepat dengan mencoba masing-masing cat. Anda akan mampu melihat warna manakah yang ternyata tepat. 

Diamkan warna yang telah dicoba selama seharian karena warna tersebut bisa berubah di saat malam dan siang hari. Tanyakan juga pada anggota keluarga yang lainnya manakah warna yang cocok digunakan di dalam ruangan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X