produk cat untuk lantai

Rahasia Mengembalikan Tampilan Decking Seperti Baru

Masih ingatkah Anda ketika memasang decking baru pertama kali? Aroma dari kayu yang baru saja dipotong sangat dirasakan. Kesan hangat dan bahkan warna dari palet decking sangat menarik ketika pancaran cahaya matahari. Bahkan tidak sulit untuk menemukan detail pada decking. 

Sekarang lima tahun telah berlalu sejak saat itu, tampilan decking sudah tidak baru lagi. Anda mungkin melihat banyak sekali bekas goresan dan jejak kaki, belum lagi warnanya yang memudar. 

Jangan bingung karena ada banyak solusi bagi decking menjadi baru dalam beberapa hari saja. Rahasianya membuat decking tampak baru akan dibahas lebih detail dalam artikel ini. Hanya menggunakan beberapa alat ringan dan kesabaran Anda bisa memulainya di akhir pekan. 

Memilih Bahan Stripper dan Pembersih

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menghilangkan lapisan coating lama. Anda harus membuatnya menjadi kayu baru lagi yang belum dilapisi cat. Karena decking menggunakan kayu solid maka mudah untuk menghilangkan lapisan coating dengan paint stripper. 

Ada banyak sekali alat stripper yang bisa Anda gunakan, salah satu yang mudah adalah pisau scraper. Anda bisa menggunakan alat ini untuk menghilangkan cat pada handrail sedangkan untuk decking Anda perlu menggunakan bahan kimia khusus dari pembersih cat. 

Setelah Anda menggunakan paint stripper penting untuk membersihkan permukaan kayu. Jenis bahan pembersih yang digunakan biasanya adalah pemutih kayu. Fungsinya adalah untuk menyamarkan warna kayu yang mulai keabu-abuan dan mengembalikan tampilan kayu baru. 

Hasil terbaik yang dihasilkan dari pemutih kayu adalah produk White Agent 250. Produk ini akan membuat tampilan dari decking lebih mudah dilapisi wood stain ulang dengan sempurna. Selain itu White Agent 250 adalah produk aman terbuat dari air, Anda tidak perlu khawatir pencemaran kepada lingkungan. 

Baca Juga:  Wood Filler Tahan Air Yang Cocok Untuk Kayu Jati

Memilih Bahan Finishing Baru untuk Decking

Anda mungkin sebelumnya menggunakan cat solvent, jika diingat-ingat kembali pada saat aplikasi pasti banyak kendala yang terjadi. Misalnya saja seperti bau yang keras selama aplikasi dan pengeringan serta warna dari lapisan coating yang mudah menguning. 

Hal tersebut berhubungan dengan kandungan volatile organic compound yang terlalu tinggi. Oleh karena itu saat ini Anda harus beralih menggunakan bahan finishing water based. Cat water based yang digunakan untuk kayu kini memiliki kemampuan perlindungan yang lebih tinggi. 

Jika ingin memberikan warna pada decking, Anda bisa menggunakan Biovarnish wood stain. Ada 20 pilihan warna natural yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bahkan proses aplikasinya mudah hanya menggunakan kuas dan air. Produk ini akan memberikan warna tahan lama dibandingkan produk water based lainnya. 

Pada lapisan terakhir Anda membutuhkan cat water based berbahan polyurethane karena kekuatan perlindungannya yang sangat baik. Produk yang banyak untuk digunakan adalah Biothane. Hasil finishing yang glossy akan membuat tampilan menjadi lebih mewah. 

Selain itu perlindungan yang diberikan jauh lebih kuat untuk menghalangi kerusakan dari panas, hujan dan perubahannya, tekanan udara, hingga goresan akibat jejak kaki. Keunggulannya dibandingkan cat solvent adalah tidak mudah menguning karena bahan dasar air yang bebas dari voc.  

Proses Persiapan Decking sebelum Pengecatan Ulang

Lakukan pembersihan secara menyeluruh pada decking dan handrail sebelum Anda mengelupas lapisan coating lama. Biasanya kotoran seperti sarang laba-laba atau serangga lainnya ada di bagian celah kayu. Bersihkan segera. 

Ratakan paint stripper ke permukaan kayu dan pastikan Anda menggunakan sarung tangan karena bahan ini sangat keras. Diamkan cairan berada di permukaan kayu maksimal 15 menit hingga coating lama mulai menggelembung dan mengelupas. 

Baca Juga:  Pintu dan Jendela Mulai Kusam Menjelang Lebaran? Perbaiki Sekarang Juga!


Saatnya untuk menggosok lapisan coating lama dengan pisau scraper. Hilangkan semuanya sampai tidak ada lapisan coating lagi yang terlihat. Lanjutkan dengan pengamplasan menggunakan orbital sander dan kertas amplas nomor 150. 

Haluskan permukaan kayu kemudian bersihkan debu amplas. Saatnya untuk memutihkan kayu dengan WA 25. Pertama campurkan WA 250 dengan air kemudian aduk merata dan kuaskan ke seluruh permukaan kayu. Diamkan hingga bereaksi dan warna berubah terang selama 4 hingga 6 jam. 

Setelah itu bilas decking dengan air yang sudah dicampur air gunanya untuk membersihkan sisa bahan yang menempel agar tidak bekerja setelah lapisan coating diaplikasikan. Diamkan decking seharian hingga kering, jadi sangat disarankan untuk melakukan pekerjaan ini pada saat cuaca cerah. 

Perbaikan Cacat Pada Decking dengan Wood Filler

Setelah digunakan selama beberapa tahun, decking kayu bisa saja retak atau muncul cacat lainnya seperti lubang karena serangga. Anda harus memperbaiki bagian tersebut menggunakan wood filler. 

Biovarnish wood filler adalah produk yang kompatibel dengan wood stain dan Biothane. Anda bisa mengisi seluruh bagian yang rusak dengan wood filler secara merata. Tunggu kering kemudian lanjutkan dengan pengamplasan. 

Apabila terdapat kerusakan yang cukup parah misalnya saja seperti kayu yang patah sebaiknya ganti bagian tersebut dengan yang baru. Wood filler hanya berfungsi untuk memperbaiki cacat berukuran kecil pada kayu jadi tidak disarankan untuk perbaikan kayu yang parah. 

Proses Pengecatan Decking Menjadi Baru

Saatnya melakukan pengecatan, Anda bisa menggunakan tiga produk secara berurutan. Pertama Biovarnish sanding sealer, kedua Biovarnish wood stain dan ketiga Biothane. Ketiga produk ini akan memberikan warna yang terbaik dan transparansi tahan lama. 

Ikuti proses aplikasinya dengan beberapa langkah berikut ini:

  1. Campurkan Biovarnish sanding sealer dengan air di wadah lain. Ikuti instruksi pencampuran pada kemasan, kemudian aduk merata dan aplikasikan ke atas permukaan deck. Anda bisa menggunakan roll atau kuas sesuai kemampuan dan tunggu kering. 
  2. Amplas permukaan sanding sealer yang kering dengan amplas halus nomor 400. Lanjutkan dengan proses pelarutan Biovarnish wood stain dengan air. Ikuti petunjuk pelarutan pada kemasan dan aduk merata hingga tidak ada pigmen yang mengendap. 
  3. Aplikasikan wood stain merata sesuai arah serta menggunakan alat yang sudah dicuci bersih. Tunggu lapisan kering kemudian amplas dengan kertas amplas nomor 400 yang baru. Jika warna belum sesuai Anda bisa mengaplikasikan wood stain kembali. 
  4.  Lapisan terakhir adalah Biothane. Anda bisa mencampurkan terlebih dahulu dengan air kemudian aplikasikan dengan alat baru yang bersih. Aplikasikan sekali dan tunggu kering selama 24 jam. 
Baca Juga:  Efektif dan Efisien, Inilah Proses Aplikasi Biovarnish Wood Filler

Setelah lapisan coating kering maka Anda harus merawat decking agar tetap terlihat selalu baru. Cara merawat yang utama adalah membersihkannya setiap hari tapi ingat jangan menggunakan bahan kimia pembersih lantai. Larutan tersebut akan membuat lapisan coating mudah mengelupas. 

Selain itu jika Anda ingin meletakan pot tanaman di atasnya pastikan untuk menggunakan alas. Jangan biarkan tanah turun ke bawah pot dan terjebak di antara permukaan kayu. Tingkat lembab akan naik dan menimbulkan jamur di atas permukaan decking. 

Apabila terjadi kerusakan di beberapa bagian kecil sebaiknya segera perbaiki. Kerusakan yang didiamkan saja bisa bertambah besar dan sulit diperbaiki nantinya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X