macam-macam-warna-cat duco

Yuk Kenalan dengan Jenis Cat Duco Kayu yang ada Di Pasaran

Apa itu cat duco kayu? Banyak cat yang dijual di pasaran namun apakah Anda pernah memikirkan bahan dasar apa saja yang digunakan untuk pembuatan cat tersebut? Apa saja jenis cat duco yang dijual di pasaran?

Ketika Anda ingin mendapatkan hasil finishing kayu warna solid maka cat duco kayu adalah pilihan yang tepat. Cat duco sebenarnya merupakan istilah yang didapatkan dari cat berpigmen pertama kali. Duco merupakan cat warna solid merk internasional yang meliputi cat kayu, cat dinding hingga cat besi. 

Cat dengan pigmen tinggi yang digunakan pada kayu akan menutup warna kayu dan juga seratnya. Anda bisa menutup cacat warna dengan lebih mudah. Disamping itu banyak sekali pilihan warna dari cat duco. Di Indonesia cat duco ini biasanya dijual dengan berbagai macam pilihan opaque color. 

Warna yang tajam dihasilkan dari beberapa lapisan jenis cat lain. Setiap lapisan coating yang dibentuk memiliki fungsi masing-masing. Pada lapisan terakhir anda akan melihat beberapa tingkat kilap berbeda. 

Mari kita belajar apa saja cat duco kayu terbaik sesuai dengan bahan yang digunakan, tampilan yang dihasilkan. Selain itu juga apa saja lapisan coating yang akan membantu kayu menjadi lebih tahan lama dalam artikel ini. 

Macam-Macam Cat Duco Berdasarkan Bahannya

Cat bukan hanyalah sebuah cairan yang akan memberikan warna pada kayu saja. Didalam cat terkandung berbagai macam bahan yang disatukan untuk bisa memberikan warna, menciptakan lapisan keras sekaligus lentur, dan membentuk ikatan pada lapisan di bawahnya. 

warna-merah-kayu

Inilah hal dasar yang harus Anda pahami sebelum mengenali jenis-jenis cat. Masing-masing bahan diciptakan berbeda sesuai masanya, hingga kini ada berbagai bahan cat yang digunakan walaupun sudah diciptakan sejak dahulu kala. 

Apa saja jenis cat duco berdasarkan bahan dasarnya? Berikut ini pembahasannya. 

Cat berbasis minyak

Banyak orang mengatakan bahwa cat dengan bahan dasar minyak lebih kuat untuk membentuk lapisan coating. Cat minyak disebut juga sebagai cat solvent, sebagian besar berfungsi untuk menciptakan lapisan halus. Pada saat cat mengering Anda akan melihat tampilan glossy.

Kebanyakan cat duco solvent tidak membutuhkan top coat karena sudah memberikan tampilan glossy yang cukup tinggi. Hanya saja tanpa perlindungan top coat warna bisa lebih cepat pudar dan mudah tergores. Inilah pentingnya Anda harus mengenali setiap jenis lapisan coating yang harus diaplikasikan. 

Cat latex

Anda bisa mendapatkan cat latex lebih banyak beredar di pasaran karena cat inilah yang paling banyak digunakan pengrajin. Pada saat finishing furniture skala besar, cat latex lebih mudah diaplikasikan dibandingkan cat solvent based. 

Sayangnya, cat ini tidak tahan lama khususnya untuk furniture yang diletakan di luar ruangan. Anda harus berhati-hati memilih furniture yang hendak di finishing menggunakan cat ini. Hasil finishingnya yang gloss juga tidak membutuhkan lapisan top coat tambahan. 

Cat berbasis air

Kebanyakan cat yang laris dipasaran saat ini adalah cat berbahan dasar air. Cat ini terkenal karena lebih mudah diaplikasikan. Dilihat dari segi kecepatan keringnya, hasil finishing dan keamanannya cat ini lebih unggul dibandingkan dengan bahan lainnya. 

Zat pengawet atau aditif di dalamnya cukup baik sehingga mampu menghambat pertumbuhan jamur dan juga rayap. Pigmen yang diberikan lebih baik karena bahan dasar air yang biasanya tidak menimbulkan efek perubahan warna. 

Tidak hanya cat duco saja yang memiliki jenis berbasis air namun juga chalk paint, milk paint hingga wood stain. Para pemula di bidang perkayuan akan lebih mudah menemukan proses aplikasi dengan jenis cat ini. 

Lapisan Cat yang Dibutuhkan untuk Finishing Warna Solid

Jika Anda menginginkan hasil finishing warna solid tidak hanya cat duco saja yang berperan penting. Anda mungkin sudah mengetahui jenis cat duco dan memilih salah satu diantaranya. Namun ada produk pendukung lain yang dibutuhkan. 

Cat duco berbeda dengan cat enamel yang bisa langsung diaplikasikan di atas besi atau kayu. Cat enamel memiliki daya tutup tinggi sehingga mampu menyamarkan wana kayu dan seratnya. 

Sedangkan duco paint membutuhkan bantuan dempul, cat dasar kayu, dan juga top coat. Dengan begitu hasil warna solid pada kayu akan lebih kuat dan tahan lama. Berikut ini 

Penjelasan dari masing-masing lapisan coating yang dibutuhkan. 

Dempul

Pada bagian pertama ini penting diaplikasikan jika Anda menemukan banyak cacat pada kayu. Biasanya untuk jenis kayu bekas atau kayu lunak yang memiliki banyak lubangpaku. Dempul berfungsi untuk memperbaiki permukaan cacat tersebut seperti semula. 

Hasilnya adalah permukaan kayu yang merata dan halus. Jika banyak lubang pada kayu yang tidak tertutup maka penumpukan lapisan cat di atasnya akan mengganggu proses pengeringan. 

Anda harus menunggu lama untuk melanjutkan proses pengamplasan tanpa adanya lapisan dempul. Proses aplikasi dempul juga sangat mudah, cukup dengan mengisi lubang cacat hingga merata. Tunggu kering kemudian amplas hingga halus.

Base coat

Cat dasar kayu ini adalah cat primer, tentu Anda sudah pernah mendengar nama cat ini. Fungsi dari primer adalah untuk menutup warna dan serat kayu. Nantinya mempermudah warna kayu untuk bisa lebih tampil sempurna. 

Primer bisa langsung diaplikasikan di atas permukaan kayu setelah dicampurkan dengan bahan pelarutnya. Fungsi lainnya adalah untuk menutup pori kayu sehingga tidak menimbulkan hasil finishing yang halus. 

Lapisan dari primer bisa lebih dari satu coating jika warna dan serat kayu belum tertutup sempurna. Syaratnya adalah setiap lapisan coating harus diaplikasikan dengan tipis. Pastikan juga Anda mengaplikasikannya satu arah.

Cat duco kayu

Saatnya untuk mengaplikasikan warna pada kayu setelah Anda mengaplikasikan primer secara merata. Jenis cat yang dipilih antara primer cat cat duco harus sama. Misalnya Anda memilih untuk cat berbahan air maka semuanya harus sama. 

Proses aplikasi tidak jauh berbeda dengan primer coat. Anda bisa mengaplikasikannya dengan lapisan tipis dan mengulanginya hingga mendapat warna yang diinginkan. Pastikan setiap lapisan coating di amplas agar masing-masing lapisan dapat merekat dengan baik. 

Pengamplasan dilakukan secara ambang, manfaatkan amplas dengan grit 400. Bersihkan debu amplas setiap kali selesai mengamplas. 

Top coat

Lapisan terakhir ini lah yang akan membentuk film. Coating film akan mencegah semua ganguan seperti tekanan udara, perubahan cuaca panas hujan serat masalah kayu lainnya. Top coat akan membuat warna dari cat duco lebih tahan lama. 

Proses aplikasi top coat bisa dikuas atau disemprot menyesuaikan kemampuan yang dimiliki.  Jenis top coat yang digunakan harus sama dengan bahan dari cat duco dan primer coat. Bahan yang kompatibel akan meningkatkan daya rekat semakin baik. 

Inilah keempat lapisan yang akan mendukung warna cat duco kayu menjadi lebih tajam. Pastikan Anda telah mempersiapkan semua bahan ini sebelum mengecat kayu. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X