Cara Mengecat Kayu dengan Kompresor Agar Halus dan Rata

Mengecat dengan Roller dan Penyemprot, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Alat untuk mengecat memegang peranan penting dalam menentukan kualitas hasil akhir pengecatan. Mengecat dengan roller dan penyemprot memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Roller umum digunakan profesional dan orang awam.
Roller umum digunakan profesional dan orang awam.

Cat bisa diaplikasikan dengan banyak cara. Dua alat yang umum digunakan untuk mengecat adalah roller dan penyemprot atau sprayer. Roller umumnya lebih banyak digunakan dibanding penyemprot. Alat ini bahkan  bukan hanya sering dimanfaatkan oleh para profesional namun juga sering digunakan oleh orang awam. Sebaliknya, penggunaan penyemprot lebih banyak didapati pada mereka yang lebih profesional.

Mengecat dengan Roller

Mengecat dengan roller memiliki keunggulan karena bisa meningkatkan daya adhesi cat, memberikan daya penutupan yang lebih bagus, dan bisa dikontrol dengan lebih mudah. Namun, cara ini membutuhkan waktu yang lebih lama, meninggalkan bekas pola diroller, dan lebih sulit diaplikasikan untuk permukaan kayu dengan banyak detil yang tidak rata.

Mengecat dengan Penyemprot

Sistem semprot sangat baik digunakan untuk jumlah pengecatan besar yang membutuhkan waktu singkat.
Sistem semprot sangat baik digunakan untuk jumlah pengecatan besar yang membutuhkan waktu singkat.

Mengecat dengan sistem semprot/sprayer menawarkan beragam keunggulan yang tidak dimiliki oleh pengecatan dengan roller. Cara ini jauh lebih cepat, bisa menghasilkan permukaan yang lebih halus tanpa ada tanda-tanda bekas roller atau kuas, dan bisa melingkupi area-area yang sulit dijangkau. Namun, penyemprotan juga memiliki kekurangan berupa:

  1. Berpotensi menghasilkan lapisan cat terlalu tebal
  2. Daya adhesi kurang
  3. Tidak bisa dilakukan saat kondisi berangin.

Kombinasi Mengecat dengan Roller dan Penyemprot untuk Hasil Lebih Baik

Kedua cara mengecat dengan roller dan penyemprot tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Sikap paling bijak adalah menggunakan setiap cara dengan tepat. Gunakan penyemprot saat Anda tidak memiliki waktu lama atau butuh mengecat pada permukaan yang tidak rata dan gunakan roller bila Anda masih memiliki waktu yang banyak serta menginginkan daya adhesi yang bagus.

Baca Juga:  Cat Kayu Terbaik Untuk Kayu Ulin

Sayangnya, tidak semua produk cat bisa diroll serta disemprot. Biasanya, cat hanya bisa diroller saja. Partikel-partikel cat merek tertentu memiliki ukuran terlalu besar dan berat untuk diaplikasikan dengan cara disemprot. Untuk itu, pilihlah produk cat yang memiliki fitur bisa disemprot serta diroller. Jadi, Anda bisa mengkombinasikan cara mengecat dengan roller dan penyemprot untuk hasil akhir pengecatan yang lebih baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X