cat duco

Tips Memilih Warna Cat Duco Kayu untuk Furniture Anak

Pekerjaan untuk memilih warna bisa menjadi sangat menyenangkan dan mudah. Tidak membutuhkan banyak waktu karena pemilihannya bisa disesuaikan dengan kondisi emosi. Cobalah untuk mengenali cakram warna dan dari sanalah Anda bisa dengan mudah memilih warna. 

Pemilihan warna cat duco furniture untuk anak bisa menjadi langkah pertama. Warna yang diterapkan pada furniture anak tidak akan terbatas karena tidak seperti orang dewasa yang memiliki keinginan tertentu. Pastikan pemilihan warna pada cat duco pintu disesuaikan pada warna dinding. 

Sama halnya dengan furniture, cat duco lemari juga harus disesuaikan dengan warna dinding bahkan lantai. Secara umum kebanyakan orang tua akan memilih warna terang atau dingin dalam jumlah yang banyak. 

Warna sedang akan dipilih selanjutnya dan warna gelap seminim mungkin. Ini adalah dasar yang bisa Anda gunakan ketika memilih varian warna pada cakram warna. Cobalah untuk menghindari kesalahan dengan menggunakan warna dasar yang sama baik dua atau tiga pilihan. 

Ingatlah dalam ruangan anak, banyak sekali mainan atau pajangan yang memiliki varian warna sangat banyak. Inilah yang membuat ruangan akan semakin colorfull. 

Memilih Cat Sesuai Kandungan Bahan yang Aman


Sebelum memilih warna, sebenarnya ada satu hal yang penting untuk diingat yaitu masalah keamanan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa cat terbuat dari bahan kimia dan membahayakan kesehatan. 

Standar dari cat yang aman adalah kandungan bahan tersebut. Bahan-bahan seperti formaldehyde, hydrochloric , acid, benzene, dan toluene  memberikan fungsi penting dalam standar kebutuhan pembuatan cat. Padahal bahan-bahan tersebutlah yang berbahaya. 

Efek buruk kesehatan yang bisa langsung dirasakan adalah pusing, sulit untuk bernafas dan paling buruk menyerang sistem saraf. Anak dan keluarga Anda sangat penting bagi kehidupan. Anda tentu ingin menciptakan lingkungan rumah yang aman dan nyaman bebas dari bahan-bahan tersebut. 

Caranya adalah dengan memilih cat duco kayu yang aman digunakan pada furniture. Pilih cat duco dari bahan water based. Produk cat berbasis air selalu mengandung volatile organic compound (voc) tingkat rendah. 

Voc sendiri adalah kumpulan bahan kimia berbahaya pembentuk cat. Zero VOC artinya memiliki kandungan setidaknya 5 gram per liter. Low VOC adalah kandungan sebanyak 50 gram per liter. Beberapa regulasi di Eropa dan Amerika tentang kesehatan membuat jumlah voc minimal adalah 350 gram per liternya. 

Aturan dari masing-masing regulasi selalu direvisi setiap tahunnya sehingga kandungan voc akan selalu dikurangi agar tetap aman digunakan. Disinilah peran cat water based harus Anda manfaatkan semaksimal mungkin untuk furniture anak di rumah. 

Produk Cat Duco Kayu Water Based Teraman

Memilih produk cat water based di pasaran bisa jadi menyulitkan siapa saja. Banyaknya merek yang beredar akan membuat Anda bingung manakah yang sebaiknya digunakan. Untuk memudahkan Anda, sebaiknya pilih produk Bioduco yang merupakan cat water based teraman. 

Cat ini berbasis air dengan pilihan warna lengkap dan proses aplikasi mudah. Selain itu hasil finishingnya akan menciptakan proteksi terbaik untuk furniture. Jika Anda ingin menggunakannya pada furniture anak cat tidak akan menimbulkan polusi udara dalam ruangan. 

Ada beberapa kelebihan dari Bioduco lainnya yang akan Anda temukan sebagai berikut ini:

  1. Cepat kering, proses aplikasi tidak membutuhkan waktu lama karena Bioduco akan mengering selama satu jam tanpa harus dijemur. 
  2. Warna tajam, setelah Anda menggunakan primer coat warna dari Bioduco akan lebih tajam dari yang lainnya. Anda bisa mengaplikasikan cat dua hingga tiga lapis sesuai selera. 
  3. Tahan lama, warna cat lebih tahan lama apalagi jika ditambah dengan proteksi top coat berbasis air seperti Bioduco. 
  4. Daya tutup baik, menutup warna asli kayu dan serat kayu tidak lagi menjadi masalah. Anda akan mendapatkan furniture yang tertutup dengan warna solid rapi. 
  5. Daya sebar tinggi, dengan adanya daya sebar tinggi Anda bisa lebih berhemat mengaplikasikan cat . 

Berbagai kelebihan dari Bioduco akan menjadi keuntungan bagi furniture dan juga Anda. Tidak perlu bingung lagi harus melakukan recoating dalam jangka waktu yang singkat. Ketahanan warna dan perlindungan akan membuat furniture tampak seperti baru terus menerus. 

Pemilihan Warna Cat Duco Kayu

Saatnya untuk memilih warna, Bioduco menyediakan 24 pilihan warna metalik dan solid. Di antara banyaknya pilihan warna cat duco kayu bagaimana Anda akan menggunakannya? Pemilihan warna ini bisa dijadikan beberapa bagian yaitu primer, sekunder dan juga tersier. 

Berikut ini pemilihan warna yang berdasarkan fungsi dan dipadukan dengan komponen lain dalam ruangan anak. 

Memilih warna primer

Merah, biru dan kuning adalah tiga warna primer karena warna tersebut tidak dapat dihasilkan dengan mencampurkan warna lainnya. Anda bisa memanfaatkan tiga warna ini saja atau dua warna. 

Warna hitam, putih dan natural dari kayu termasuk dalam warna netral dan tidak akan mempengaruhi warna primer yang telah dipilih. Anda bisa mendapatkan kesan klasik dengan warna merah putih dan biru. 

Kesan refresh juga bisa Anda dapatkan dengan warna biru, kuning serat putih. Untuk bisa meningkatkan kesan terang pada warna primer tambahkan warna pink, baby blue, atau lemon pucat. 

Menggunakan warna sekunder

Jika Anda tidak berhasil dengan warna primer maka bekerjalah dengan warna sekunder. Bahkan Anda juga bisa memadukan keduanya. Diantara tiga warna primer terdapat tiga warna sekunder dari hasil mencampurkan warna primer tersebut. 

Inilah yang akan memperluas pilihan warna Ana. Ada beberapa kombinasi warna yang bisa Anda dapatkan dengan efeknya sebagai berikut ini:

  1. Hijau dan kuning : akan memberikan suasana terang seperti pagi hari. Tambahkan aksen warna orange pada sudut ruangan. 
  2. Merah, kuning dan hijau : akan memberikan kesan ramai seperti sirkus dan taman bunga tulips. Mencerahkan ruangan dengan merah atau pink untuk taman bunga yang mencengangkan. 
  3. Orange dan biru : pilihan ini adalah favorit anak laki-laki. Tambahkan putih agar warna orange bisa lebih lembut. 

Pemilihan warna tersier

Jenis warna ketiga yaitu tersier juga bisa menjadi pilihan yang baik. Warna ini didapatkan dengan mencampurkan antara warna sekunder atau primer. Pada jenis ini ada enam warna yang bisa dapatkan dan memberikan pilihan warna sangat beragam.

Beberapa kombinasi menarik dari warna tersier yang bisa Anda manfaatkan adalah sebagai berikut ini:

  1. Kuning dan hijau yang disebut sebagai warna lime, ungu atau lilac, dan hitam. 
  2. Biru dan hijau yang menghasilkan warna aqua atau turquoise, dan juga pilih warna kuning-orange ditambah putih atau hitam. 
  3. Merah, biru-violet, dan abu-abu.
  4. Biru-violet, merah -violet, kuning-hijau. 
  5. Orange biru-violet, dan hitam atau putih. 

Memilih berdasarkan kesenangan anak

Jangan lupakan untuk menanyakan pendapat anak Anda. Mungkin Anda telah mempersiapkan beberapa pilihan warna jadi jangan lewatkan pendapat mereka. Anda tidak harus menentukan sendiri, karena pengguna ruangan adalah anak. 

Anak kecil sangat menyukai warna terang seperti merah dan orange. Warna ini selalu dipilih oleh anak perempuan, ditambah lagi dengan warna pink atau ungu terang. Tambahkan warna putih atau beige agar ruangan lebih netral. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X