Ciptakan Tampilan Menarik Sangkar Burung dengan Cat Orchid

Sangkar burung di rumah sudah mulai berkarat? Hati-hati karena karat bisa menimbulkan banyak penyakit bahkan luka pada burung yang dipelihara. Jika Anda adalah keloktero burung maka memperhatikan kadang mereka adalah suatu keharusan. 

Anda mungkin telah menjemur burung dan membersihkan sangkar dengan air. Faktor tersebut akan memicu munculnya karat pada sangkar. Apabila sangkar sudah digunakan dalam waktu yang lama tidak mengherankan jika karat telah muncul. 

Artinya lapisan coating pada besi sudah memudar, rusak akibat penggunaan. Belum lagi sifat burung yang suka mematuk. Tentu lapisan coating dari cat akan mudah mengelupas. Eits! Tapi jangan terburu-buru untuk langsung mengecat dengan cat baru. Apalagi jika Anda melapisinya dengan cat pylox. 

Tidak semua jenis cat dapat diaplikasikan untuk finishing sangkar. Anda bisa dengan mudah membeli cat untuk besi di toko cat, tapi amankah cat tersebut untuk kesehatan burung? Ingat kembali bahwa sangkar adalah tempat tinggal burung nantinya. Menjaga agar cat yang digunakan aman adalah prioritas. 

Macam-Macam Kebutuhan untuk Sangkar Burung Besi

Fungsi dari cat untuk sangkar burung bukan sekedar memberikannya warna. Cat memiliki fungsi lainnya yang berhubungan dengan keamanan dan kesehatan burung. Warna dari cat yang tersedia memang sangat menarik, namun apa saja kandungan yang ada di dalamnya?

Apakah Anda pernah membaca apa saja kandungan yang pada di dalam cat tersebut? Reaksi apa saja yang bisa ditimbulkan cat ketika burung mematuk sangkar dan tidak sengaja memakannya? Berikut ini jenis cat yang dibutuhkan oleh sangkar burung dari besi. 

  1. Mencegah timbulnya karat
  2. Tidak menimbulkan bau yang memabukkan burung
  3. Tidak berbahaya ketika burung tidak sengaja memakannya
  4. Warna yang tahan lama
  5. Tahan terhadap panas, hujan dan juga perubahannya

Inilah beberapa kebutuhan yang dibutuhkan sarang burung dan harus dipenuhi oleh cat. Jika cat yang tepat telah Anda dapatkan, maka tampilannya bisa bertahan lebih dari 5 tahun. Cat terbaik selalu memberikan hasil berkualitas tanpa menyakiti burung di dalam sangkar. 

Produk Cat Kayu Besi Orchid yang Cocok Digunakan

Menggunakan cat untuk sangkar sama seperti ketika ketika Anda sedang memilih cat untuk dinding rumah. Tentu Anda tidak ingin menggunakan cat yang mengeluarkan bau bahkan berbahaya bagi keluarga. Untuk itulah pemilihan cat untuk sangkar burung harus dilakukan secara hati-hati. 

Cat kayu besi Orchid adalah salah satu jenis cat yang banyak disarankan oleh para pemilik pembuat sangkar. Ada banyak sekali keuntungan yang diberikan oleh cat kayu besi Orchid. Cat ini bisa diaplikasikan pada sangkar burung besi dan juga kayu atau serat alam lainnya. 

Cat yang Aman dan Ramah Lingkungan 

Keunggulannya yang pertama adalah mampu menciptakan lingkungan aman dan ramah lingkungan. Tingkat keamanan ini disebabkan bahan dasar air dan pelarut yang digunakan. Anda tidak lagi menggunakan bahan cat seperti solvent yang termasuk kategori high volatile organic compound (voc). 

Air adalah bahan yang paling mudah ditemukan dan tidak membutuhkan harga mahal. Selain itu air bisa memberikan hasil warna pada sangkar lebih baik. Tingkat keamanan dan ramah lingkungan dari cat enamel Orchid ini hanya akan Anda temukan satu-satunya di Indonesia. 

Cat aman bagi burung dan juga manusia. Tidak ada gas yang berbahaya seperti  logam berat yang dikeluarkan pada saat cat mengering. Contohnya seperti formaldehyde, gas ini berasal dari formalin. Ketika menguap tidak berbau dan juga berwarna. Karena kandungan dari formalin telah dibatasi maka cat tidak membahayakan udara dalam ruangan. 

Cat Tidak Berbau dan Beracun

Anda pasti pernah mencium bau yang sangat menyengat ketika membuka kaleng cat baru. Bau tersebut merupakan amonia yang sangat berbahaya bagi tubuh bisa dikatakan termasuk bahan beracun. Cat Orchid tidak mengandung amonia dan tidak beracun. 

Hal ini disebabkan kandungan voc di dalamnya dibatasi sesuai dengan regulasi keamanan dan kesehatan luar negeri. Seperti European Chemical Agency (ECHA) dan juga US Environmental Protection Agency. Menurut kedua regulasi tersebut ketentuan penggunaan voc harus di bawah 350 gram per liternya. 

Sedangkan kandungan yang dimiliki oleh cat kayu besi Orchid di bawah 100 gram per liternya. Jadi tidak heran apabila cat ini termasuk dalam kategori low voc. Anda bisa bebas menggunakannya tidak hanya untuk sangkar burung saja.

Cat Tidak Menimbulkan Stress pada Burung

Keuntungan terakhir yang diberikan adalah tidak memberikan stress pada burung. Bau yang kuat tidak hanya memberikan efek pusing, mata perih dan batuk pada manusia. Burung yang mencium aroma menusuk dari cat bisa menimbulkan mereka stress. Bayangkan saja mereka harus tinggal 24 jam dekat dengan bau yang keras dari cat. 

Disinilah cat kayu besi Orchid sangat dibutuhkan. Cat tidak akan menimbulkan efek yang berbahaya bahkan stress terhadap burung. Ditambah lagi cat masih aman apabila burung mematuk sangkar dan tidak sengaja tertelan. Inilah sebabnya demi kesehatan burung Anda gunakan cat kayu besi Orchid. 

Proses Aplikasi Cat Orchid untuk Sangkar Burung

Apabila dilihat dari cara aplikasinya, Anda tidak membutuhkan banyak langkah. Cat enamel Orchid dirancang khusus untuk mudah diaplikasikan pada material besi dan kayu apapun. Khususnya dalam bentuk sangkar burung, tidak banyak cat yang akan Anda habiskan. Bahkan Anda bisa membeli cat Orchid dalam kemasan 500 gram. 

Bahan yang dibutuhkan hanyalah cat kayu besi Orchid dan juga air. Alat yang perlu dipersiapkan adalah wadah untuk melarutkan, pengaduk, kuas nilon, amplas dan juga kain lap. Anda bisa mengecat dengan menggantungkan sangkar lebih rendah. Pastikan bagian bawah telah dialasi agar cat tidak mengotori lantai. 

Berikut langkah-langkah aplikasi cat kayu besi Orchid. 

  1. Amplas seluruh permukaan sangkar burung. Bersihkan lapisan coating lama dan pastikan permukaan sangkar seperti belum pernah dilapisi cat. Bersihkan semua debu dan kotoran. 
  2. Campurkan cat kayu besi Orchid dengan air dalam wadah terpisah. Lanjutkan dengan mengaduknya hingga tidak ada yang mengendap. 
  3. Kuaskan cat ke seluruh permukaan sangkar hingga merata. Diamkan sangkar agar mengering tanpa dijemur. 
  4. Amplas permukaan sangkar yang telah kering kemudian bersihkan debu amplas. 
  5. Ulangi aplikasi dengan cara yang sama hingga membentuk 2 atau 3 lapisan. Diamkan lapisan terakhir selama 24 jam. 

Tips Merawat Sangkar Burung agar Awet

Sangkar yang sudah kering dan digunakan untuk sangkar burung harus tetap mendapatkan perawatan. Penting bagi Anda merawat sangkar agar memiliki tampilan yang awet dan layak menjadi hunian burung. Cara merawatnya sangat mudah, Anda bisa mengikuti cara berikut ini:

  • Segera bersihkan sarang dari kotoran burung menggunakan air
  • Segera keringkan sangkar burung yang terkena air untuk mencegah timbulnya jamur atau rayap
  • Jangan lupa pindahkan burung Anda selama Anda membersihkan sangkar
  • Pastikan Anda menggunakan sangkar sesuai dengan jenis burung yang dipelihara

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X