furniture-kayu-jati-belanda

Tips dan Trik Mengecat Furniture Kayu Jati Belanda Mudah

Masih bingung dengan finishing kayu jati belanda? Anda bisa menymak tips dan trik mengecat kayu jati belanda dalam ulasan kali ini.

Apakah yang menjadi kebutuhan pokok manusia? Pasti Anda akan menyebutkan pangan, sandang dan juga papan. Salah satunya yang penting saat ini adalah benda-benda yang ada di dalam rumah seperti furniture. Material furniture yang paling digandrungi oleh masyaratkat dari zaman dahulu hingga saat ini adalah kayu jati, kayu albasia, kayu mahoni, kayu sonokeling, kayu trambesi, kayu jati belanda, dll. Jenis jenis kayu tersebut tentu saja memiliki kelebihan masing-masing. Kelebihan inilah yang dimanfaatkan manusia untuk memberi keindahan dalam ruangan. Misalnya saja Anda menggunakan jenis kayu trambesi. Kayu trambesi adalah jenis kayu yang keras walaupun belum sebaik kekuatan dan ketahannnya dibandingkan dengan kayu jati. Kayu trambesi yang yang paling menarik adalah memiliki serat kayunya yang terlihat sangat jelas. Baik kayu gubal dan juga kayu terasnya memiliki warna yang berbeda dan terlihat jelas. Berbeda dengan jenis kayu pinus yang memiliki sifat lebih lunak dan juga warna ebih terang dnegan serat halus.  Setiap jenis kayu bahkan setiap batang pohon pun akan memiliki serat, bentuk dan tekstur yang berbeda.

Jika Anda sedang mencari produk kayu yang murah dan juga banyak ditemukan di mana Anda bisa menggunakan kayu jati belanda.  Kayu jati belanda ini memiliki banyak keunggulan baik dari penampilan dan kemudahan pembuatannya. Dalam hal finishing kayu jati belanda Anda dapat menggunakan tips dan trik mengecat kayu jati belanda mudah yang akan diulas dalam artikel kali ini. Ada dua hal yang perlu Anda pahami pertama adalah untuk cara aplikasi yang mudah kemudian memilih jenis produk yang tepat dan berkualitas premium. Mengapa kualitas premium? karena jenis kayu jati belanda adalah jenis kayu lunak maka membutuhkan perlindungan lebih dan hanya dimiliki oleh produk finishing yang berkualitas premium tentunya.

Baca Juga:  Tips Ciptakan Ruangan dengan Nuansa Natural

Kenali Jenis Kayu Jati Belanda

Apakah Anda sudah familiar dengan jenis kayu yang akan Anda olah? Mungkin salah satu diantaranya adalah kayu jati belanda. Jenis kayu jati belanda ini bukanlah kayu yang berasal dari belanda melainkan jenis kayu pinus yang digunakan untuk peti kemas yang diekspor ke belanda kemudian Sisanya dijual di Asia. Jenis kayu pinus ada sebanyak 187 species dan salah satunya digunakan sebagai produk peti kemas ini. Bentuk yang dijual tentu saja kebanyakan adalah pallet dan memiliki harga yang sangat murah. Anda bisa membeli kayu jati belanda pallet berukuran 110 X 2 X 10 Anda bisa mendapatkan 20 buah dengan harga Rp. 180.000,-. Lalu mengapa kayu jati belanda ini sangat banyak di Indonesia? Pertumbuhan kayu pinus yang sangat subur di negara tropis seperti Indonesia inilah penyebabnya. Membuat kayu pinus sangat banyak stoknya di Indonesia. Istilah kayu jati Belanda berawal pada masa perluasan perdangan zaman dahulu masih menggunakan kapal dan terus berkembang hingga sekarang.

furniture-kayu-jati-belanda

Kayu pinus yang digunakan sebagai peti kemas ini ada dua jenis yaitu jenis kayu Tusam dan juga kayu Merkusii. Keduanya ini banyak tumbuh didataran Sumatra. Bentuk fisik dari kayu jati belanda sangat berbeda dengan kayu jati jawa walaupun sama-sama memiliki tekstur lunak atau dengan kayu lunak lainnya. Sifatnya yang lunak ini membuat kayu jati belanda hanya bisa digunakan pada furniture indoor saja. Jika Anda gunakan pada furniture outdoor tentu saja kayu akan cepat sekali rusak dan juga cepat lapuk. Disebabkan oleh panas matahari dan juga hujan yang terus menerus. Untuk jenis kayu yang sebaiknya Anda gunakan pada furniture outdoor adalah kayu jati.

Baca Juga:  Manufaktur Cat Kayu Terbaik Biovarnish

Selain penggunaan yang tepat kayu jati belanda juga harus di finishing dengan produk yang tepat. Cara aplikasi furniture kayu jati belanda tidak sesulit yang Anda bayangkan. Bahkan Anda bisa mengikuti tips dan trik mengecat funiture kayu jati belanda dalam artikel ini. Untuk masalah warna, Anda bisa memilihnya dengan mudah karena kayu jati belanda memiliki warna dasar putih atau kekuningan. Warna tersebut sangat memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil warna yang diinginkan karena misalnya Anda menginginkan hasil warna kayu jati atau mahoni, Anda bisa menggunakan cat dengan warna tersebut. Atau jika Anda menginginkan warna kayu jati belanda asli bisa langsung menggunakan top coat. Untuk lebih lanjut simak paragraf selanjutnya.

Tips dan Trik Mengacat Furniture Kayu Jati Belanda

Lalu apa saja yang diperlukan dan bagaiamna tips dan trik mengecat furniture kayu jati belanda? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Mempersiapkan media kayu jati belanda yang sudah siap untuk difinishing. Produk yang siap untuk difinishing memiliki kering level MC 12%, ini dibutuhkan agar tidak tumbuh jamur dan cat akan timbul bercak-bercak. Pastikan juga permukaan kayu dan rata Anda bisa mengamplas sebelumnya hingga halus, gunakan balok kayu agar hasil amplas bisa rata dan juga halus. Jangan lupa bersihkan juga sisa debu amplas dengan lap kering agar tidak mengganggu tampilan dan tekstur cat.
  2. Mempersiapkan dempul kayu warna ramin jika Anda menginginkan hasil warna natural atau sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Aplikasikan dempul dengan kain katun kering dan bersih. Sebelumnya Anda bisa mencampurkan dempul dengan sedikti air. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu sambil ditekan dengan rata. Jika sudah rata maka tunggu kering setelah itu baru diamplas ambang saja dengan kertas amplas alumunium oxide no. 240. Pastikan hasil amplas sudah halus dan lakukan perabaan serta serat kayu terlihat dengan jelas.
  3. Aplikaskaan wood stain, Anda bisa memilih warna wood stain sesuai dengan yang Anda inginkan. Campurkan wood stain dengan air atau solvent sesuai dengan jenis wood stain yang Anda gunakan. Lapisi permukaan media kayu dengan wood stain, Anda bisa memilih aplikasi menggunakanna kuas atau dengan spray gun. Aplikasikan hingga ke seleruh media kayu secara merata lalu tunggu hingga kering bisa dijemur atau tidak tergantung dengan wood stain yang Anda gunakan. Jika sudah kering maka Anda bisa melakukan pengamplasan ambang saja. Pastikan warna sudah sesuai dengan yang Anda inginkan jika belum Anda bisa melakukan aplikasi kembali.
  4. Jika warna kay jati belanda sudah sesuai Anda bisa memberikan lapisan terakhir yaitu top coat dengan clear coat. Pemberian lapisan ini akan membuat kayu lebih tahan panas, tahan kelembapan, tahan goresan dan juga memiliki tampilan menarik. Anda bisa memilih tingkat glossy yang sesuai. Cara aplikasinya sama dengan wood stain dan ditunggu kering sekitar satu malam.
Baca Juga:  Finishing cat kayu aman untuk kitchen appliances

Jika tips dan trik mengecat furniture kayu jati belanda di atas sudah sesuai dengan yang Anda inginkan maka Anda bisa memilih jenis cat yang sesuai. Jenis cat kayu yang tepat untuk digunakan adalah cat kayu water based karena cat water based tidak mengandung logam berat yang berbahaya. Salah satu jenis cat water based yang akan memberikan warna natural pada Anda adalah Biovarnish. Produk Biovarnish ini sangat aman karena dibuat sesuai dengan standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan US EPA (Enviromental Protection Agency).

Untuk pembelian produk Biovarnish Anda bisa datang langsung ke alamat Jalan Ki Sabalanang no. 23 Karangsari, Weru, Cirebon, Jawa Barat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi via telepon di nomor 0231-320759 atau email di [email protected]

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X