kabinet warna putih

Tampil Bersih dengan Cat Kayu Warna Putih dari Bioduco

Apakah rahasia para profesional bisa mengecat furniture hingga berwarna putih cerah? Sebenarnya tidak ada rahasia khusus yang dilakukan para profesional. Mereka para pengrajin kayu selalu bekerja dengan berbagai macam bahan finishing. Mengenal karakteristik cat dan juga cara aplikasinya latihan yang sangat rapat. 

Jadi jika Anda ingin memberikan lapisan cat pada furniture berwarna putih yang tepat maka latihan akan membuat semuanya menjadi lebih mudah. Tidak semua cat bisa memberikan warna putih yang tepat sesuai kebutuhan. Baik dari segi kualitas warna dan juga kualitas tampilannya. 

Hanya saja ketika Anda menemukan cat kayu warna putih yang bagus sebaiknya jangan ganti dengan yang lainya. Tidak mudah menemukan cat dengan kualitas terbaik. Jika Anda ingin mendapatkan cat ini sebaiknya gunakan Bioduco chalk paint. Ada dua tampilan warna putih yang bisa digunakan. 

Selain warna putih yang berbeda, semua proses aplikasi Bioduco chalk paint tergolong mudah. Apa saja keuntungan menggunakan cat ini dan apa saja pilihan warnanya. Bagaimana cara aplikasi chalk paint sehingga pemula tidak kesusahan?

Keuntungan Bioduco Chalk Paint Warna Putih

Chalk paint adalah primer coat dimana semua proses aplikasinya lebih mudah. Tidak perlu lagi menggunakan cat hingga beberapa lapisan dan waktu kering yang lama. Menggunakan Bioduco chalk paint artinya Anda akan dapat menghemat waktu mengecat. Hasilnya pun akan sangat memuaskan. 

Apa saja keuntungan menggunakan Bioduco chalk paint? Anda bisa merasakannya sendiri saat mengaplikasikan. 

  • Menutup warna kayu dengan maksimal. Warna putih yang baru tidak akan terganggu lagi dengan serat atau warna kayu asli.
  • Daya sebar yang luas membuat Anda akan lebih hemat dalam proses aplikasi. Tidak perlu mengaplikasikan tebal cukup tipis saja. 
  • Waktu kering yang sangat cepat akan membuat Anda menghemat waktu dua kali lipat. Satu lapisan coating yang perlu waktu kering 60 menit. 
  • Proses aplikasi hanya menggunakan bahan pelarut air dan juga kuas berbulu nilon. Anda hanya membutuhkan kedua bahan dan alat tersebut. 
Baca Juga:  Harga Pemutih Kayu Aman WA 250 Yang Mengurangi Budget Produksi

Ada dua pilihan warna putih dari Bioduco chalk paint. Warna pertama adalah white yang memberikan tampilan putih bersih. Satu lagi adalah warna broken white yaitu cat kayu warna putih tulang. Manakah warna putih yang akan Anda pilih, akan menyesuaikan selera. 

kamar tidur nuansa putih

Cara Mengecat Furniture dengan Warna Putih 

Proses mengecat furniture dengan warna putih tidak jauh berbeda dengan proses pengecatan warna lainnya. Hanya saja disini proses aplikasinya harus benar-benar bersih bebas dari debu. Jadi bagaimana Anda bisa mengecat furniture warna putih?

Bioduco chalk paint akan membantu seluruh proses aplikasinya. Salah satu cara agar bisa mengecat adalah mempersiapkan material, ruangan, alat dan bahan. Karena cat Bioduco aman maka cukup menggunakan masker saja sudah aman untuk kesehatan. 

Persiapan Material Kayu sebelum Finishing

Apa saja persiapan material kayu yang penting adalah pengamplasan. Anda mungkin saja menggunakan jenis kayu yang kasar namun tetap membutuhkan pengamplasan. Jika terlalu kasar gunakan amplas nomor 180 jika sudah halus pilih nomor 220. Pengamplasan harus searah dengan serat kayu. 

Manfaatkan balok kayu atau mesin amplas sehingga hasilnya benar-benar rapi. Jangan lupa untuk mengganti kertas amplas yang sudah berubah halus. Ganti ke nomor yang lebih besar jika pengamplasan dirasa sudah tidak berfungsi lagi. Bersihkan debu amplas dengan kain atau vakum. 

Mempersiapkan Alat dan Bahan Finishing

Persiapan selanjutnya adalah alat serta bahan. Alat yang dimaksudkan disini adalah kuas, pilih kuas berbulu nilon yang halus dengan ujung meruncing. Hasil finishing dengan kuas tersebut akan lebih halus dibandingkan dengan kuas bulu alami. 

Alat lain yang dibutuhkan adalah tempat untuk mencampurkan cat, pengaduk, kertas amplas nomor 400 dan kain bersih. Sedangkan bahan yang dibutuhkan adalah Bioduco chalk paint warna putih, air dan juga Bioduco top coat.  Siapkan semua alat dalam keadaan bersih dan juga baru, terutama kuas serat kain. 

Baca Juga:  Distributor Cat Dasar Kayu Aman BioColours Termurah

Mempersiapkan Ruangan untuk Mengecat

Ketika material furniture kayu sudah selesai di amplas, maka harus segera dipindahkan ke dalam ruangan mengecat. Furniture yang di amplas sebaiknya pisahkan dengan ruang mengecat. Ruangan untuk mengecat harus memiliki ventilasi udara yang bagus sehingga cat cepat kering. 

Terakhir adalah ruangan harus diberikan alas agar cat tidak mengotori lantai. Furniture harus dilepaskan satu per satu sehingga lebih mudah untuk menjangkau bagian dalamnya. Ruangan juga harus kering dan bebas debu. 

Proses Pengecatan dengan Bioduco Chalk Paint

Disinilah warna putih akan dihasilkan. Anda harus menggunakan kuas yang baru dan bulunya tidak mudah terlepas. Hasil harus rapi sehingga Anda bisa mengaplikasikan beberapa kali lapisan cat. Perlu diingat setiap lapisan cat harus tipis saja dan tidak terlalu tebal. 

Pertama campurkan Bioduco chalk paint dengan air sedikit saja. Kemudian aduk hingga agak encer kemudian kuaskan ke seluruh permukaan furniture. Tidak perlu takut warna kayu masih terlihat, karena nanti bisa diaplikasikan kembali. Tunggu lapisan pertama kering selama 60 menit. 

Ulangi aplikasi sekali lagi, tipis saja jika warna kayu masih kentara artinya Anda harus mengecat satu lapisan lagi. Pada lapisan yang terakhir gunakan teknik mengecat halus dengan kuas. Caranya angkat sedikit dan tarik satu per satu ke satu arah. Kuas harus sangat ringan. 

Proses Aplikasi Top Coat sebagai Pelindung

Terakhir adalah membentuk lapisan perlindungan pada furniture. Anda bisa menggunakan  cat kayu warna putih doff dengan tambahan top coat ini. Bioduco top coat mampu memberikan dua jenis tampilan yaitu matte dan juga glossy. 

Caranya adalah campurkan Bioduco top coat dengan air sehingga lebih encer. Kuaskan cat ke seluruh permukaan kayu searah dengan serat. Selanjutnya diamkan selama 60 menit. Jika dirasa masih kurang rata ulangi aplikasi sekali lagi. Namun sebelumnya cat harus di amplas secara ambang. Terakhir tunggu lapisan coating mengering selama 24 jam. 

Baca Juga:  Proses Persiapan Kayu agar Tahan Rayap hingga Finishingnya

Trik Menjaga Warna Putih Furniture Tahan Lama

Warna putih pada furniture mungkin sudah Anda dapatkan, namun apakah cat bisa mempertahankan warna tersebut? Karena Anda telah menggunakan Bioduco top coat yang terbuat dari water based maka hasilnya tidak akan berubah. Warna transparan dari top coat akan membuat furniture menjadi lebih tahan lama. 

Nah selain itu ada satu trik yang harus diikuti agar warna tampak putih terus menerus. Anda bisa mengaplikasikan bahan poles kayu setiap tiga minggu sekali. Bahan poles ini adalah Biopolish Linseed Oil. Bahan ini mampu mempertahankan penampilan furniture berwarna putih. 

Caranya, kuaskan tipis saja Linseed Oil ke seluruh permukaan furniture kayu yang sudah kering benar. Setelah itu gunakan kain katun bersih untuk menggosok ke seluruh permukaan kayu. Gosok hingga tidak lagi lengket. Furniture kayu akan memiliki warna yang putih tahan lama. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X